fbpx

Cara Membuat Live Chat di Website dengan Mudah

Saat ini fitur bisa dikatakan sudah menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan pada . Di tambah lagi untuk website yang bergerak dibidang jasa atau , live chat ini sudah menjadi sarana paling penting untuk membangun komunikasi. Lalu seperti apa cara membuat live chat di website?

Mudah, Inilah Cara Membuat Live Chat di Website Anda

Apabila saat ini Anda mencari cara membuat live chat di website Anda, kini Anda akan menemukan jawabannya. Ada banyak pilihan  live chat yang berbayar di luar sana, namun ada juga perangkat lunak live chat gratis yang bisa dipasang ke web Anda. 

Inilah cara membuat live chat di website Anda yang bisa langsung di praktekkan, diantaranya:

  1. Untuk membuat fitur live chat dengan pihak ke – 3 maka saat ini bisa menggunakan layanan yang di berikan oleh https://www.tawk.to/
  1. Pertama silahkan kunjungi website di atas dan lakukan pendaftaran jiak misalnya belum memiliki akun di tawk.
  2. Kemudian silahkan lengkapi kolom pendaftaran sesuai identitas asli Anda seperti nama lengkap, dan kata sandi. Jika nanti semua kolom sudah terisi kemudian silahkan klik Sign Up for Free.
  3. Jika Anda sudah melakukan pendaftaran maka langkah berikutnya yaitu buka email yang di buat untuk mendaftaran dan kemudian lakukan konfirmasi terhadap akun anda. Perlu diketahui, pada saat email dari https://www.tawk.to/ belum masuk jangan pernah mengulangi pendaftaran ulang namun tunggu saja sampai pesan masuk di email.
  4. Jika nanti pesan sudah masuk di email, maka silahkan lakukan konfirmasi dan Anda akan di bawa di halaman pengaturan awal, dimana ada 4 konfigurasi yaitu pemilihan bahasa, informasi website, pengelola member dan pemasangan widget.
  5. Jika nanti sudah memilih bahasa yang ingin digunakan maka Anda akan di bawa mengenai detail website, dan silahkan isikan nama situs Anda beserta alamat URL.
Baca Juga :  Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting
  1. Selanjutnya silahkan klik next dan kemudian isikan member yang ingin mengelolanya dan install widget.
  2. Jika nanti widget berhasil di install maka langkah berikutnya yaitu Anda akan di arahkan ke halaman utama twak akun Anda.
  3. Untuk bisa mengambil kode yang sudah diberikan yaitu dengan cara memilih menu pengaturan atau tombol gear di bagian sidebar yang ada di sebelah kiri. Silahkan buka fitur pengaturan.
  1. Kemudian di halaman pengaturan, nanti ada beberapa konfigurasi yang bertujuan untuk mengatur live chat Anda, salah satunya pengaturan mengenai tampilan baik warna maupun jenis chatting. Disini silahkan copy kode yang di berikan oleh https://www.tawk.to/ akun Anda.

Baca Juga Berikut : Cara Agar Website Tampil di Halaman Teratas Google

  1. Dengan memasang live chat di blogger, maka untuk pengguna blogspot silahkan buka halaman layout di halaman admin lalu kemudian tambahkan widget berupa HTML lalu setelahnya paste kan kode yang tadi di sana. 
  2. Selanjutnta silahkan klik Save dan klik save arrangement.
  3. Terakhir, silahkan membuka situs blog Anda dan lihatlah seperti apa hasilnya. Jika misalnya Anda mengikuti langkah di atas maka pasti akan berhasil.

Cara Membuat Live Chat di Website dengan Menggunakan WP-Live Chat by 3CX

Website yang bagus merupakan sebuah website yang bisa memberikan pelayanan optimal kepada para pengunjung dan pelanggannya. Dengan melihat pentingnya live chat di dalam sebuah website, maka banyak web developer saat in yang menciptakan Live Chat di dalam , yang mana tentu jumlahnya sudah tidak terhitung. 

Dari 5 Plugin live chat yang ada di WordPress ada satu diantaranya yang cukup layak untuk direkomendasikan untuk Anda, yakni WP Live Chat Support atau WP Live Chat by 3CX.

Mengapa disebut salah satu yang terbaik? Karena plugin ini memang sangat mudah digunakan dan juga diketahui mempunyai fitur yang cukup lengkap. Lalu bagaimana cara membuat live chat di website menggunakan WP Live Chat by 3CX?

  1. Pertama silahakan masuk ke dashboard wordpress lalu klik menu Plugins – New Plugin
  2. Kemudian ketikkan kata kunci WP Live Chat pada kolom pencarian
Baca Juga :  Strategi Terbaik Cara Memilih Domain Untuk Bisnis Anda
  1. Selanjutnya klik install dan activate
  2. Jika nanti sudah berhasil menginstall maka akan muncul menu baru yaitu Live Chat
  3. Klik menu Live Chat – Settings. Selanjutnya, Anda pun akan langsung diarahkan ke tab General Settings. Di menu ini sendiri Anda akan dapat mengatur, 
  1. Chat enabled, yaitu untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur live chat
  2. Required Chat Box Fields, yaitu user wajib memasukkan nama dan atau nama email
  3. Input Field Replacement Text, yaitu merupakan teks yang muncul pada saat pengguna mengklik icon chat
  4. Enable On Mobile Devices yaitu untuk mengaktifkan live chat pada perangkat mobile
  5. Play a sound when a new message is received, yaitu untuk mengaktifkan notifikasi suara ketika ada pesan masuk
  6. Play a sound when there is a new visitor, yaitu untuk mengaktifkan notifikasi suara ketika ada pengunjung baru di website
  1. Selanjutnya klik menu Chat Box
  2. Lalu yaitu mengatur tampilan dari live chat. 
  3. Klik menu Styling, lalu pilihlah tema warna yang Anda inginkan
  4. Terakhir klik Save Settings

Dalam sebuah yang baik penggunaan fitur live chatting tentu saja akan menambah kedekatan antara pengujung dengan pengelola situs website, dimana kita tahu jika biasanya hanya bisa berkomunikasi dengan memberikan komentar disalah satu postingan blog. 

Namun kini dengan mengikuti cara membuat live chat di website di atas, fitur ini pasti akan semakin memudahkan Anda.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Mudah Migrasi Website ke VPS Hosting