fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

UmumWebsite

Blogspot: Definisi, Fungsi, dan Perbandingan Dengan WordPress

Yanti puspita

Kami rasa banyak dari Anda sudah tahu bahwa blogspot adalah salah satu web host gratis paling populer di kalangan penulis. Sejak awal, ini di rancang sebagai tempat bagi mereka yang ingin berbagi segala hal secara online dengan bebas.

Selain Blogspot, Anda mungkin pernah mendengar tentang beberapa layanan blog gratis lainnya seperti WordPress. Lalu apa saja manfaat blogspot? Daripada Anda penasaran dengan hal itu, marilah kita simak penjelasan secara lengkap di bawah ini: 

Definisi Blogspot

Blogspot ialah kependekan dari “web log”, sumber daya online untuk mengunggah konten berupa teks, gambar, video, dan lainnya untuk mendukung kebutuhan Anda di segala bidang tertentu.

Anda dapat membuat berbagai unggahan yang menarik untuk diposting di blogspot Anda, baik itu fashion, gaya hidup, teknologi, atau bahkan penjualan. Blog merupakan sebuah solusi yang tepat untuk meningkatkan brand awareness terhadap produk yang Anda jual nantinya. 

sebagai informasi tambahan bagi Anda, Google telah memperoleh blogspot untuk informasi lebih lanjut bagi Anda. Jadi jika Anda ingin membuat Blogspot, akun yang Anda gunakan untuk login ke Blogspot ialah Akun Google yang sudah ada.

Dalam kemitraannya dengan Google, blog tersebut sekarang memiliki Google Adsense, yang menyediakan fitur bayar per klik Google, yang berarti Google membayar Anda ketika seseorang mengklik blog Anda. 

Fungsi Blogspot

Tentunya setelah membahas tentang definisinya, Anda masih bertanya-tanya tentang blogspot ini bukan? Jadi mari kita belajar lebih banyak tentang apa itu fungsi blogspot. Berikut penjelasaanya untuk Anda! 

·         Sebagai Sarana Branding

Fungsi pertama dari blogspot ialah sebagai alat brand. Dalam meningkatkan pengenalan merek dengan bantuan blog bisa dibilang sangat efektif. Utamanya bagi Anda para pebisnis dan pekerja lepas. Pada dasarnya, semakin sering Anda mengunjungi blog Anda, maka calon pelanggan akan semakin memperhatikan dan mempercayai produk atau karya Anda.

Misalnya, semakin sering Anda mengunggah artikel menarik ke seorang profesional, Anda akan semakin dikenal sebagai pakar di bidang yang Anda minati tentunya. Hasilnya, pembaca tidak akan ragu untuk mencari layanan Anda.

Blogspot juga merupakan alat yang tepat untuk pemasar. Jika Anda mengunggah konten yang menarik ke blog Anda, calon pembeli akan lebih mengenali produk Anda. Dan ketika Anda tahu cara memperlakukan mereka dengan benar, mereka akan menjadi pelanggan tetap perusahaan Anda. 

·         Portofolio Online

Sebagaimana yang telah di jelaskan sebelumnya, mengunggah berbagai konten yang terkait dengan keahlian Anda akan meningkatkan kesadaran merek terhadap layanan Anda. Artinya, blogspot hadir untuk Anda jadikan sebagai tempat portofolio online layanan Anda sebagai seorang yang profesional.

Dalam portofolio online ini bisa menjadi tempat di mana Anda bisa “brosur” berbagai karya serta proyek yang pernah Anda kerjakan di masa lalu agar calon klien tertarik untuk menggunakan jasa Anda nantinya. 

·         Media Promosi Produk Dan Jasa

Berkisar 70% pembeli melihat produk melalui artikel daripada melaui iklannya. Karena itulah bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda jika Anda bisa menulis berbagai artikel dan tutorial tentang produk serta jasa yang Anda tawarkan di sana. 

·         Sarana Publikasi

Keistimewaan blogspot lainnya ialah bisa menjadi sarana untuk mempublikasikan berbagai tulisan atau karya Anda, membuat Anda semakin terlihat ahli di bidangnya.

Selain daripada itu bagi anda yang ingin menggunakan situs untuk bisnis anda juga bisa menunjukkan eksistensi bisnis anda sehingga tidak perlu mengiklankannya dengan media yang mahal tentunya

Keunggulan Blogspot

Setelah Anda mempelajari tentang fungsi Blogspot, kini kami juga akan membahasa tentang keunggulannya. Di karenakan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh belahan dunia, blogspot jelas memiliki keunggulan yang patut Anda pakai sebagai pertimbangan. Inilah penjelasannya.

·         Gratis Dan Mudah Digunakan

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak menyukai hal-hal yang free atau gratis tentunya. Blogspot adalah cara memposting hal-hal yang berkaitan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan tanpa takut rugi di karenakan adanya sebuah biaya.

Jangan khawatir, bagi anda yang lebih serius ingin masuk ke blogspot, anda juga bisa mendapatkan akses berbayar ke fitur yang lebih menarik dan domain khusus untuk blog anda.

Bicara soal domain, Jagoaan Hosting juga bisa membantu Anda mendapatkan domain khusus untuk situs blog Anda. Mulai dari 20.000/tahun Anda bisa mendapatkan domain bagus seperti .my.id, .com, .id dan banyak lagi yang lainnya.

·         Di Back-Up Langsung Oleh Google

Kelebihan situs ini yang selanjutnya adalah di amankan oleh Google, sehingga keamanannya dapat terjamin serta sangat tidak mungkin di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Juga kemungkinan terjadinya tabrakan sangat kecil sobat. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mendaftar Blogspot tentunya.

·         Terintegrasi Dengan Google

Blogspot merupakan resource yang terintegrasi dengan Google dalam artian semua layanan Google akan Anda dapatkan saat Anda mendaftar di sini nantinya. Ada beberapa fitur yang bisa Anda nikmati di antaranya Google Analytics, Google Adsense dan Google Adwords. 

·         Memiliki Domain

Tentu saja, jika Anda sudah memiliki nama yang terkenal, Anda ingin membuat blog Anda lebih keren lagi dengan menghapus domain blogspot.com dan menggantinya dengan domain Anda sendiri nantinya. 

·         Dapat Menghasilkan Uang

Suatu konten menarik yang Anda buat di blog Anda akan menarik pembaca untuk mengklik ke blog Anda. Selain itu, template yang menarik secara alami meningkatkan lalu lintas blog Anda. Fitur Pay per Click afiliasi memungkinkan Anda memperoleh penghasilan pasif ketika seseorang mengklik blog Anda. 

Blogspot dan WordPress, Manakah yang Lebih Baik ?

Jika Anda membutuhkan blog yang aman yang tidak membutuhkan banyak pengembangan dan tidak memakai banyak plugin untuk menjalankannya, maka blogspot merupakan salah satu pilihan yang tepat karena mengingat penggunaannya juga cukuplah gampang dan praktis.

Sementara itu, jika Anda membutuhkan tampilan yang lebih profesional dengan plugin yang berbeda serta komunitas yang berbeda untuk membantu Anda, lebih baik Anda menggunakan WordPress karena jelas lebih mudah untuk mencapai tujuan Anda, meskipun akan lebih rumit untuk digunakan nantinya.

Nah itulah, penjelasan tentang apa itu Blogspot hingga keunggulannya serta juga perbandingannya dengan WordPress.

Jika Anda merasa tertarik untuk menggunakannya? Manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Jangan hanya menulis, tapi optimalkan juga akun blog Anda dengan teknik tertentu nantinya. 

Baca Juga