fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Website

Begini Cara Membuat Website Dinamis dengan Codeigniter

Wiliam

Mungkin untuk beberapa kalangan masyarakat pernah menggunakan fitur live chat atau forum yang ada di dalam sebuah website. Untuk kedua fitur tersebut merupakan salah satu teknologi hasil pemrograman yang bisa memberikan pengaruh terhadap bisnis.

Di dalam dunia bisnis, website merupakan salah satu identitas atau kredibilitas. Tidak hanya itu saja, untuk website sendiri juga mempunyai peran yang penting untuk membentuk brand awareness.

Menggunakan interaksi yang lebih dekat dengan para pelanggan, maka untuk image bisnis tersebut semakin positif. Ketika sudah seperti itu, bukan menjadi tidak mungkin untuk membuat pelanggan tertarik untuk menggunakan produk atau jasa layanan yang telah ditawarkan.

Ketika sebuah website memberikan banyak ruang untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan, maka potensi terjadinya transaksi juga akan semakin besar. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara membuat website dinamis dengan codeigniter.

Pengertian Website Dinamis

Sebelum membahas mengenai cara membuat website dinamis dengan codeigniter, maka dimulai memahami pengertian dari website dinamis terlebih dahulu. Website dinamis merupakan jenis alat yang digunakan untuk melakukan interaksi kepada pengguna dan server.

Hal yang satu ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan berbagai teknologi, seperti Codeigniter, PHP, Ruby dan masih banyak lainnya lagi. Pada jenis website yang satu ini sekarang semakin populer dan banyak digunakan karena efektif.

Bahkan, banyak dari pemilik bisnis yang merasa diuntungkan apabila menggunakan website dinamis. Pada saat paham dengan cara membuat website dinamis dengan codeigniter, maka bisa memberikan konten yang selalu berubah dan sesuai input maupun pengaturan telah ditentukan oleh pengguna.

Tampilan website dinamis ini bisa berupa beberapa halaman yang ditentukan oleh user atau data yang diperbarui secara otomatis oleh pihak database. Contoh dari tampilan website dinamis merupakan sebuah website e-commerce yang menampilkan banyak produk berdasarkan kategori dipilih oleh pengguna.

Cara Membuat Website Dinamis dengan Codeigniter

Setelah memahami pengertian dari pengertian website dinamis, maka dilanjutkan untuk membahas cara membuat website dinamis dengan codeigniter. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh bizzie sebagai berikut :

1. Persiapan

Cara membuat website dinamis dengan codeigniter pertama yang harus dilakukan adalah persiapan. Bizzie perlu melakukan install web server, misalnya Apache atau Database Server (Codeigniter) di perangkat yang digunakan.

2. Desain dan Struktur Website

Cara membuat website dinamis dengan codeigniter selanjutnya, yaitu bizzie harus membuat desain dan struktur website. Di dalam cara yang satu ini mempunyai tujuan agar mempermudah proses perancangan website. Bahkan, dengan menggunakan cara kali ini bisa menciptakan bayangan seperti apa halaman website yang akan dikembangkan.

3. Membuat Koneksi ke Database

Bizzie harus membuat koneksi ke database menggunakan Codeigniter. Selain itu, bizzie juga bisa menggunakan fitur yang dimiliki oleh Codeigniter, contohnya PDO yang digunakan untuk menghubungkan ke database.

4. Membuat Halaman Dinamis

Berikutnya, bizzie membuat halaman website dinamis menggunakan Codeigniter. Di dalam cara membuat website dinamis dengan codeigniter kali ini, bizzie bisa menggunakan beberapa fungsi untuk mengambil data dari database dan menampilkan di halaman.

5. Validasi Input

Lakukan validasi input di saat bizzie melakukan perancangan website dinamis. Untuk cara membuat website dinamis dengan codeigniter kali ini, input yang diterima oleh pengguna mempunyai fungsi mencegah serangan injeksi dari SQL dan masalah keamanan lainnya.

6. Pemeliharaan

Selanjutnya, bizzie harus memutuskan untuk melakukan pemeliharaan secara rutin pada website dinamis. Di dalam proses pemeliharaan ini, bizzie juga harus melakukan pembaharuan kode dan memberikan keamanan kepada website dinamis dari segala serangan.

7. Deployment

Cara membuat website dinamis dengan codeigniter yang paling akhir adalah melakukan deployment. Bizzie harus melakukan deployment website ke server hosting yang sesuai dan pastikan menggunakan konfigurasi server sesuai kebutuhan.

Fungsi Menggunakan Website Dinamis

Tanpa disadari, ketika bizzie menggunakan cara membuat website dinamis dengan codeigniter akan diberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Bisa Melakukan Interaksi Pengguna

Fungsi pertama dari website dinamis merupakan menciptakan ruang interaksi dengan pengguna atau pelanggan lainnya. Selain itu, website dinamis ini bisa memberikan kemungkinan kepada pengguna untuk melakukan interaksi dengan website secara langsung.

Ada beberapa contoh yang bisa dilakukan, ketika menggunakan website dinamis yaitu mengisi formulir, melakukan pemesanan dan masih banyak yang lainnya. Hasil dari semua interaksi ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal, contohnya evaluasi.

2. Personalisasi Konten

Selanjutnya, untuk fungsi dari website dinamis yaitu mengoptimalkan proses personalisasi konten. Di dalam hal ini dikarenakan website dinamis bisa digunakan untuk menyesuaikan konten dan tampilan sesuai preferensi pengguna.

3. Akses Data

Website dinamis bisa mengakses dan menampilkan data yang sudah tersimpan di dalam database. Misalnya, produk, artikel dan masih banyak lainnya. Dengan adanya fungsi yang satu ini, bizzie bisa lebih mudah untuk melakukan sortir di saat proses sortir berlangsung.

4. Autentikasi Pengguna

Fungsi website dinamis berikutnya adalah sebagai alat autentikasi pengguna. Salah satu jenis website ini akan melakukan autentikasi pengguna dengan memberikan akses yang sesuai dengan hak akses masing-masing pengguna.

5. Integrasi dengan Sistem Lainnya

Pada website dinamis bisa langsung terintegrasi dengan sistem lainnya. Contohnya, sistem pembayaran atau yang sering disebut dengan sistem CRM. Membuat website yang multi acces ini tidak lagi menjadi satu hal yang sulit. Untuk para pengguna bisa mendapatkan kemudahan, dan membuat pelaku bisnis mendapatkan banyak keuntungan.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai pengertian, cara membuat website dinamis dengan codeigniter dan fungsinya. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang akan membuat website dengan tampilan dinamis.

Baca Juga