fbpx

Lelang Domain - Temukan Domain Bagus Disini!

Technology

Beda Opera Mobile Dan Opera Mini, Mulai Dari Kecepatan Dan Fitur

Yanti puspita

Beda Opera Mobile dan Opera Mini – Browser adalah aplikasi yang di rancang untuk mencari berbagai data dan hal lainnya dengan mengandalkan koneksi internet. Banyak jenis browser telah di buat untuk memenuhi kebutuhan browsing yang terus berkembang setiap saatnya.

Salah satu browser yang sudah lama di rilis adalah Opera mobile yang kemudian di susul oleh kehadiran Opera mini. Walau sepintas nampak mirip, namun kedua browser ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Beda Opera Mobile Dan Opera Mini Dari Kecepatan Hingga Fiturnya

Menilik sejarahnya, Opera sudah ada sejak di rilis pada 10 April 1995 oleh Telenor, sebuah perusahaan telekomunikasi di Norwegia. Mengikuti perkembangan zaman, Opera semakin berkembang dan memperkenalkan versi Lite atau yang sering di sebut Opera Mini oleh kebanyakan pengguna.

Walaupun nampak sama, namun kedua browser ini pasti memiliki perbedaan di setiap komponennya. Untuk membahas lebih detail mengenai beda dari kedua perangkat lunak ini, berikut rangkuman nnya untuk Anda.

Penggunaan Data

Hal yang menjadi beda dari kedua perangkat lunak ini yang pertama adalah penggunaan data. Penggunaan data di aplikasi Opera mobile sama seperti di browser lainnya. Perlu lebih banyak kuota internet untuk berjalan lancar.

Sedangkan Opera Mini cenderung membutuhkan lebih sedikit kuota internet agar bisa berjalan lancar. Bagi Anda yang ingin menghemat kuota atau memiliki kualitas internet yang tidak terlalu kencang, Anda tetap bisa menikmati akses internet yang lancar menggunakan Opera Mini.

Penyimpanan

Beda dari kedua perangkat lunak selanjutnya adalah tentang penyimpanan. Browser Opera mobile cenderung membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan daripada Opera Mini. Browser Opera mobile dapat menguras hingga 100 MB penyimpanan dan terus bertambah, sedangkan Opera Mini hanya membutuhkan hingga 50 MB penyimpanan.

Tentunya perbedaan ini bukan tanpa alasan bukan hanya perbedaan fitur, Opera Mini juga lebih banyak menggunakan kuota internet. Dimana hal ini juga akan mempengaruhi kapasitas penyimpanan aplikasi Opera.

Antarmuka Pengguna

Browser Opera mobile memiliki user interface yang lebih lengkap dengan berbagai fitur yang di sediakan. Sedangkan Opera Mini memiliki user interface atau tampilan yang lebih sederhana dengan fitur yang lebih sedikit. Namun dari segi penggunaan, Opera mobile dan Opera Mini bekerja dengan lancar untuk mendukung aktivitas browsing Anda.

Kecepatan

Aplikasi Opera mobile lebih populer di negara-negara dengan ketersediaan data yang tinggi, seperti Amerika Serikat dan Jepang, sedangkan browser Opera Mini banyak di gunakan di tempat-tempat dengan infrastruktur jaringan yang buruk seperti India. Bagaimana halaman web di kompresi adalah hal yang menjadi perbedaan besar di kedua aplikasi ini.

Sebagai browser berbasis cloud, Opera Mini membutuhkan penyimpanan minimal di perangkat karena semua hasil telusur yang masuk kembali ke server . Beginilah cara Opera Mini mengatasi dengan baik di area jaringan yang mengalami akses internet terputus-putus, kemacetan, dan kecepatan data seluler yang tinggi.

Kompresi Opera Mini membuat browser ini lebih ringan dari browser Opera mobile. Kompresi browser Opera mobile di dasarkan pada kinerja jaringan yang dapat di akses oleh perangkat dan tidak mengompresi halaman web secara default, sedangkan Opera Mini mengirim permintaan ke server yang mengunduh dan mengompres halaman web sebelum mengirimkannya kembali ke browser perangkat.

Fitur

Meskipun kedua aplikasi browser ini serupa karena menyediakan bidang alamat dan pencarian dalam opsi satu sentuhan, namun tetap saja ada perbedaan di antara keduanya. Di Opera Mini, menu aplikasi muncul secara vertikal dan dalam beberapa kasus dapat memblokir tampilan halaman penuh. Sedangkan Opera mobile memiliki menu horizontal untuk masuk ke akun Opera.

Selain itu kontrol navigasi di buat menjadi lebih baik dan di rancang agar tidak terlalu berantakan. Menu aplikasi Opera Mini memiliki fitur yang sangat berguna yang di aktifkan secara default. Bagi Anda yang penasaran dengan penghematan data, indikator Opera Mini juga dapat menunjukkan berapa banyak data yang di simpan melalui kompresi browser tersebut.

Mengklik opsi ini membuka halaman baru dengan grafik, pengaturan, dan detail tentang iklan yang di blokir dan data yang di simpan, sedangkan di aplikasi Opera mobile, fitur ini harus terlebih dahulu di aktifkan secara manual melalui menu pengaturan aplikasi.

Jumlah Halaman

Beda dari kedua perangkat ini selanjutnya ada pada jumlah halaman yang dapat di buka pengguna. Saat Anda menggunakan Opera mobile, jumlah tab atau halaman yang dapat Anda buka secara bersamaan lebih banyak daripada saat Anda menggunakan Opera Mini. Bagi Anda yang membutuhkan informasi dengan cepat di banyak tab, browser Opera mungkin lebih cocok untuk Anda.

Dompet Kripto

Cryptocurrency khususnya Bitcoin, adalah salah satu mata uang digital paling populer saat ini. Fitur Crypto Wallet tersedia di aplikasi Opera mobile yang bisa di akses di bagian pengaturan. Mungkin fitur ini cocok untuk Anda gunakan jika Anda seorang trader atau memiliki minat di bidang tersebut.

Keamanan

Beda dari dua perangkat lunak ini berikutnya ada pada keamanan. Browser Opera mobile memiliki keunggulan di bandingkan Opera Mini dalam hal keamanan nya. Opera mobile mengganti mesinnya dengan Chromium – mesin yang sama yang digunakan oleh Chrome, dan dengan melakukan ini, browser Opera membuat lompatan maju dalam keamanannya.

Sedangkan Opera Mini merasakan risiko keamanan karena layanan kompresi mendekripsi halaman web dari jarak jauh. Meskipun koneksi ke Server Opera dienkripsi, teknologi kompresi ini masih harus mengakses versi halaman web yang tidak terenkripsi sehingga tidak ada enkripsi end-to-end yang ketat antara pengguna dan server jarak jauh.

Opera Mobile Lebih Ramah Pengguna

Opera Mobile memfasilitasi navigasi web dengan antarmuka standar untuk browser desktop seperti tombol untuk kembali satu situs atau melanjutkan satu situs dan tombol segarkan, meskipun tombol segarkan belum di gantikan oleh tombol favorit.

Favorit diakses melalui menu tindakan, yang juga memungkinkan Anda menandai halaman, membuka beranda, dan membuka bagian atas halaman saat ini. Selain itu, Opera Mobile juga menjadikan Anda membuka banyak tab, sehingga Anda dapat beralih antar halaman saat melakukan pencarian.

Saat melihat halaman, Anda dapat menggunakan menu untuk memperbesar halaman hingga 200% atau memperkecil halaman hingga 25% dari ukuran aslinya. Sementara browser Opera Mobile memiliki opsi untuk diperluas, Opera Mini memiliki antarmuka yang lebih sederhana. Hanya ada dua fase—reguler dan di perbesar.

Meskipun kedua browser tersebut stabil dan populer, beda Opera Mobile dan Opera Mini masih terlihat cukup signifikan. Opera mobile paling baik digunakan dengan konektivitas internet yang baik sedangakn Opera Mini lebih cocok jika Anda bepergian atau tinggal di area dengan konektivitas terbatas, kecepatan data seluler tinggi, atau jika Anda menggunakan perangkat dengan server yang kuat.

Baca Juga