fbpx

Beberapa Cara Mengatasi Troubleshooting Jaringan

Pastinya bizzie pernah mengalami jaringan bermasalah. Tentu saja ketika terjadi jaringan internet yang bermasalah ini membuat para pemilik merasa cemas dan bingung. 

Saat ini sudah ada bantuan troubleshooting yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada jaringan. Bahkan dengan menggunakan cara mengatasi troubleshooting jaringan ini dapat diselesaikan secara mudah dan cepat. 

Apalagi untuk mencari penyebabnya pun juga bisa diatasi tanpa membutuhkan banyak waktu. Troubleshooting ini sering terjadi pada bidang komputer, administrasi dan elektronika. 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara mengatasi troubleshooting jaringan. Untuk bizzie yang penasaran dengan beberapa cara tersebut bisa langsung saja simak lebih lengkapnya di bawah ini. 

Macam-Macam Cara Mengatasi Troubleshooting Jaringan 

Ketika ingin melakukan troubleshooting pada jaringan ada beberapa cara atau langkah yang dapat bizzie lakukan secara teliti. Tentu saja dengan ketelitian tersebut berguna supaya dapat teratasi dengan baik dan cepat. Cara mengatasi troubleshooting jaringan yang dapat dilakukan adalah:

1. Memastikan Bahwa Terdapat Tanda Seru 

Cara mengatasi troubleshooting jaringan yang pertama bizzie harus memastikan bahwa terdapat tanda seru. Tanda seru ini kan muncul pada bagian sistem systray atau berada di bagian pojok kanan bawah komputer. 

Ciri-ciri dari troubleshooting jaringan ini biasanya ada tanda seru yang disertai dengan warna kuning. Apabila bizzie mengalami permasalahan tersebut, maka komputer yang digunakan tidak dapat mengakses jaringan internet.  Langkah atau cara yang dapat dilakukan oleh bizzie adalah:

  • Langkah pertama langsung saja masuk pada menu “”. Setelah berada di menu tersebut bisa langsung memilih “jaringan atau network”. 
  • Selanjutnya bisa langsung saja memilih menu pada bagian “change adapter settings”. 
  • Ketika sudah bisa langsung memilih klik kanan yang bertuliskan “wireless network ” dan “properties”. 
  • Berikan klik dua kali pada bagian menu “internet protocol version 4”. 
  • Pada saat sudah melakukan cara tersebut, bizzie langsung bisa melihat windows yang sedang digunakan.. Selain itu, di halaman tersebut juga memberikan penjelasan secara detail dari IP address komputer. 
  • Lakukan pengosongan pada semua kolom IP address. 
  • Semua kolom sudah kosong bisa langsung memilih menu “ok” dan tunggu sampai dengan IP Address muncul  dari Hotspot. 
  • Terakhir bisa langsung memperhatikan kembali icon wireless connection pada systray yang sudah mengalami perubahan. Pada semua langkah atau cara sudah dilakukan secara baik maka komputer sudah bisa digunakan secara biasa. 
Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Laptop Hang Tidak Bergerak dengan Cepat

2. Adanya Permasalahan Pada Bagian Wifi Card Laptop 

Apabila cara mengatasi troubleshooting jaringan pertama tidak berhasil atau gagal, maka bisa menggunakan yang kedua. Besar kemungkinan komputer yang bizzie gunakan sedang ada masalah pada bagian card komputer. 

Untuk permasalahan kali ini sudah biasa terjadi dibagian driver hardware komputer yang bermasalah. Cara mengatasi troubleshooting jaringan kali ini bisa langsung masuk pada menu “device manager”. 

Ada beberapa cara mengatasi troubleshooting jaringan yang harus dilakukan oleh bizzie. Untuk beberapa cara yang dapat dilakukan oleh bizzie adalah:

  • Langkah yang paling utama bisa melakukan klik kanan dan di bagian menu “my computer”. Setelah itu bisa langsung memilih juga menu “manager”. 
  • Setelah berada di menu tersebut juga memilih menu “device manager”. 
  • Sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya lebih baik perhatikan terlebih dahulu pada “network adapter”. Berikan klik lagi pada bagian kanan menu dari “hardware wi-fi”. Setelah itu bisa langsung memilih menu “uninstall”. 
  • Pada saat sudah terdeteksi system driver, maka akan secara otomatis bisa melakukan install kembali. 
  • Cara  selanjutnya bizzie bisa memberikan klik kanan lagi pada menu “scan for hardware”. Dengan memberikan klik pada menu tersebut dapat mempermudah bizzie untuk mendeteksi dan melakukan install ulang. 
  • Ketika device manager sudah berhasil ditutup, maka pada hotspot wifi ini akan berjalan seperti semula dan otomatis. Selain itu, untuk jaringan internet sudah bisa dilakukan secara normal. 

3. Terjadi Gangguan Serangan Pengguna Netcut 

Netcut merupakan salah satu yang digunakan sebagai pemotong pada jaringan internet. Ada satu contoh mudah pada pengguna netcut yaitu jaringan hotspot. 

Jaringan hotspot bisa saja sewaktu-waktu mengalami pemutusan ketika netcut dipergunakan oleh orang lain. Maka dari itu ada cara mengatasi troubleshooting jaringan yaitu dengan mengganti alamat IP. 

Baca Juga :  Cara Menaikkan Wordpress Memory Limit yang Harus Diketahui

Pada saat pergantian alamat IP usahakan menggunakan software pelindung supaya lebih aman. Ada satu contoh software yang dapat digunakan yaitu anti netcut ARP. Dengan melakukan cara mengatasi troubleshooting jaringan kali ini akan membuat wifi komputer bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga : Beberapa Cara Mengatasi Error 504 Service Unavailable

4. Melakukan Restart Modem 

Cara mengatasi troubleshooting jaringan keempat bisa dengan melakukan restart modem. Terkadang terjadinya troubleshooting ini disebabkan karena ada masalah dengan modem yang

Terjadinya error pada modem ini juga bisa disebabkan oleh sistem maupun hardware. Maka dari itu, dengan melakukan restart ini menjadi solusi terbaik supaya sistem kembali fresh seperti semula. 

Ada dua cara juga yang dapat dilakukan ketika akan melakukan restart modem. Untuk dua cara restart yang bisa dipilih adalah melalui tombol fisik di bagian router maupun via aplikasi. 

Masih banyak cara mengatasi troubleshooting jaringan yang dapat digunakan oleh bizzie. Akan tetapi, tidak semua cara mengatasi troubleshooting jaringan itu memberikan kemudahan ketika diterapkan secara langsung. 

Nah, sekian penjelasan mengenai cara mengatasi troubleshooting jaringan. Besar harapan dengan penjelasan di atas dapat membantu bizzie yang sedang mengalami troubleshooting jaringan.

Baca Juga : Cara Mengatasi HTTP Error 500 dan Penyebabnya