fbpx

Cara Mengatasi HTTP Error 500 dan Penyebabnya

Apakah Anda mencari cara untuk memperbaiki kesalahan 500? Error 500 adalah pesan yang menunjukkan bahwa mengalami masalah. Pasti anda pernah menjumpai pesan selain 500 error yaitu 503, 404 dan masih banyak lagi.

Namun, kesalahan HTTP error 500 ini adalah pesan yang sangat umum dan sering ditemui oleh pengguna. Pengelola situs web perlu memeriksa situs web secara teratur untuk menghindari melihat jenis pesan kesalahan ini.

Sebelum membahas cara memperbaiki HTTP error 500, mari kita pahami dulu apa itu kode status HTTP. Kode status HTTP merupakan respon berupa kode numerik yang dikirimkan oleh server ke aplikasi untuk menunjukkan apakah respon yang diminta dapat dipenuhi atau tidak.
Pesan kesalahan HTTP ini biasanya muncul di area header browser untuk menginformasikan hasil permintaan yang diminta oleh browser. Jika permintaan dijalankan dengan benar, mengembalikan kode 200.

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya banyak terjadi error saat browser mencoba melakukan request ke server. Ada lima kategori kode status HTTP, masing-masing dengan artinya sendiri.

Status HTTP 100: Kode HTTP yang dimulai dengan 1 hanya memberikan pesan informasi, mis. 100-Lanjutkan, 101-Switching Protocol, 103-Petunjuk Awal.

Status HTTP 200

Jika Anda melihat pesan dengan kode 2xx, itu berarti semua permintaan dapat diterima dan dijawab oleh server dan berjalan dengan baik, contoh 200-Semuanya OK, 201-Dibuat, 202-Diterima, 203- Tidak mengikat informasi, 204- Tidak Ada Konten dan sebagainya.

Status HTTP 300

Status HTTP dengan kode 3xx adalah kode pengalihan; H. halaman yang diminta telah dipindahkan. Ini juga menunjukkan bahwa klien (browser) perlu melakukan tindakan tambahan agar permintaan selesai. Contohnya adalah 300-Pilihan Ganda, 301-Sumber yang Anda minta telah dipindahkan secara permanen, 303-Lihat lainnya, dan seterusnya.

Baca Juga :  Jangan Bingung, Seperti Ini Cara Mengatasi Page 404 Yang Benar

Status HTTP 400

Pesan yang dimulai dengan angka 4xx menunjukkan bahwa telah terjadi kesalahan pada browser, baik pada browser itu sendiri maupun pada permintaan yang dibuat oleh browser. Contohnya 400-Bad Request, 401-Unauthorized, 402, Payment Required, dan seterusnya.

HTTP Status 500

Tidak seperti 4xx, status 5xx berarti ada kesalahan di sisi server, dan bisa dikatakan bahwa ini adalah kesalahan yang lebih kompleks daripada kesalahan 4xx. Contohnya adalah 500 – Server internal error, 501 – Tidak diterapkan, 502 – Gerbang buruk, 503 – Layanan tidak tersedia dan seterusnya.
Sekarang setelah Anda mengetahui daftar status HTTP, mari kita bahas kesalahan HTTP 500.

HTTP Error 500 adalah pesan error yang muncul saat terjadi error pada internal server yang menyebabkan server tidak dapat merespon permintaan browser (client). Sebagai pengelola situs web, Anda harus memahami semua kode status HTTP agar tidak panik jika ini terjadi pada situs web Anda.
Sebelumnya ada yang sedikit membahas tentang Internal Server Error yang menandakan telah terjadi error. Error disini adalah masalah pada halaman, keterbatasan memori PHP, pemrograman website, , tema yang digunakan oleh website.

Selain itu, struktur dalam file .htaccess salah atau izin pada file utama tidak diatur dengan benar. Untuk WordPress atau CMS lainnya, bisa juga disebabkan oleh pemasangan ekstensi pihak ketiga. Hati-hati saat memasang ekstensi pihak ketiga.

Jika situs web Anda mengalami masalah HTTP error 500 artinya Anda tidak tahu harus mulai dari mana, berikut beberapa cara untuk memperbaiki HTTP error 500:

Muat ulang halaman web

Muat ulang halaman dengan mengklik ikon lingkaran putus-putus dan ikon dengan panah sudut (di sebelah bidang ). Atau juga dengan menekan F5 atau CTRL+R, selain itu anda juga bisa menulis ulang URL alamat website tersebut. Tidak perlu panik meskipun itu adalah kesalahan pada server karena kesalahan ini bersifat sementara dan penyegaran halaman dapat memperbaikinya.

Baca Juga :  Fungsi dan Keunggulan SSD Hosting Pada Website

Bersihkan cache browser

Bersihkan seluruh dari browser yang digunakan. Jika ada versi cache dari halaman yang Anda lihat, ini akan menyebabkan kesalahan HTTP 500. Masalah caching sebenarnya bukan penyebab pasti kesalahan HTTP 500, tetapi beberapa masalah teratasi setelah membersihkan cache browser. Itulah cara mengatasi http 500 dan penyebabnya.