fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

News

Bakal Cair Sebelum Idul Adha! Begini Cara Cek BLT Dana Desa

Rianda

Bantuan sosial hingga kini masih terus dicairkan kepada masyarakat Indonesia. Salah satu yang akan cair pada bulan Juli 2022 ini adalah BLT Dana Desa atau BLT DD. Menteri Keuangan Sri Mulyani bahkan telah menambahkan anggaran untuk bantuan sosial di tahun ini sebesar Rp18,6 triliun.

Yang terbaru, pemerintah akan mencairkan BLT DD sebesar Rp 312,9 miliar kepada masyarakat Indonesia. Masing-masing dari Keluarga Penerima Manfaat atau KPM akan diberikan dana bantuan senilai Rp 300.000.

Kapan Bantuan Dana Desa Cair?

Pasalnya BLT DD ini akan segera cair sebelum Hari Raya Idul Adha 1443 H. Sebelumnya pemerintah sudah mencairkan bantuan pada bulan Maret sebesar Rp 900.000 yang merupakan hasil rapel dari bulan Januari. 

Sementara pada bulan April, BLT Dana Desa juga sudah dicairkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 H.Yang paling terbaru adalah pencairan bantuan dana desa pada bulan Mei dan Juni. Bantuan sebesar Rp 300.000 ini disalurkan kepada penerima manfaat yang namanya telah terdaftar menjadi KPM. 

Siapa Sasaran Bantuan Dana Desa?

Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat desa yang masuk ke dalam kategori kurang mampu. Sementara itu, ada beberapa kriteria yang tidak dapat memperoleh bantuan dana desa 2022.

Yaitu bagi masyarakat yang telah terdaftar di DTKS Kemensos serta memperoleh bansos PKH dan BPNT. Perlu diketahui, BLT DD yang akan cair pada bulan Juli 2022 ini merupakan tahap ke-7. Sementara itu, bantuan ini juga ditujukan bagi warga yang tinggal di Desa serta memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan.

Syarat Memperoleh BLT DD Bantuan Dana Desa

BLT Dana Desa yaitu bentuk bantuan sosial dari pemerintah yang disalurkan kepada masyarakat. Sebagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan terkait dampak pandemi Covid-19. Terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi sebagai penerima bantuan bantuan dana desa sebesar Rp 300.000, sebagai berikut:

  • Memiliki NIK KTP sesuai dengan domisili saat ini.
  • Merupakan warga miskin atau miskin ekstrim berdasarkan kriteria yang ditetapkan Kemensos.
  • Tinggal di desa.
  • Bukan merupakan penerima bansos seperti PKH, BPNT dan lainnya yang terdapat di DTKS Kemensos.
  • Warga yang kehilangan pekerjaan disebabkan adanya pandemi Covid-19.
  • Bukan merupakan peserta dari Kartu Pra Kerja maupun penerima bantuan dari pemerintah lainnya.
  • Ada anggota keluarga yang tengah sakit kronis maupun rentan sakit menahun.

Cara Mengecek Penerima BLT DD

Bagi masyarakat yang hendak mengetahui apakah namanya terdaftar menjadi penerima manfaat dari BLT DD sebesar Rp 300.000 atau tidak. Maka dapat segera mengeceknya melalui website dari Kemendesa sekarang juga. Berikut caranya:

  • Klik web di sid.kemendesa.go.id.
  • Berikutnya ketuk menu pencarian data desa.
  • Pada kolom yang tersedia, tuliskan nama desa.
  • Selanjutnya akan muncul nama desa yang tengah dicari.
  • Pilih BLT Dana Desa, dan muncul daftar nama yang menerima bantuan dari pemerintah ini.
  • Lakukan pengecekan ini secara berkala mengingat bantuan akan segera cair di bulan Juli 2022 ini.

Aturan Pemerintah Terkait Bantuan Dana Desa

Bantuan dana desa ini memang sangat dinantikan oleh para penerima manfaat. Bukan tanpa sebab, hal itu dapat sangat membantu perekonomian warga desa khususnya yang masuk ke dalam kategori kurang mampu.

Hal tersebut tertuang dalam Permendes 6/2020 terkait Perbaikan Prioritas Penggunaan Dana Desa 2020. Kemudian diikuti oleh Permendes 13/2021 untuk tahun 2021 dan Permendes 7/2021 untuk tahun 2022.

Perlu diingat, pemerintah mengusahakan untuk mencairkan bantuan dana desa ini setiap bulan sesuai dengan program serta aturan yang ada. Meskipun begitu, bisa jadi ada perbedaan waktu pencairan hingga menimbulkan kemunduran.

Hal ini tergantung dari masing-masing wilayah desa dalam proses atau penentuan tanggal pencairan bantuan dana desa. Segera cek nama penerima manfaat BLT Dana Desa sebesar Rp 300.000 untuk Juli 2022!

Baca Juga