fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

WebsiteWordpress

Mengenal Backlink Comment Blog dan Cara Mendapatkannya

Yanti puspita

Tidak bisa dipungkiri, backlink berperan penting dalam strategi SEO (Search Engine Optimization). Terlepas dari pro dan kontranya, diantara sekian banyak jenis backlink yang ada, backlink comment blog merupakan salah satu jenis link yang paling populer atau bahkan paling sering digunakan.

Pada artikel kali ini, akan di jelaskan beberapa tips yang dapat membantu mengubah perspektif Anda tentang peran backlink comment blog dalam SEO modern. Penasaran seperti apa pembahasannya, yuk langsung simak artikel lengkapnya.

Mengenal Ciri- Ciri Backlink Comment Blog Untuk Seo

Bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia SEO, pasti sudah tidak asing lagi dengan backlink comment blog ini. Kegiatan mencari backlink dari website lain ini bahkan dikemas dalam sebuah gerakan yang disebut blogwalking.

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri backlink comment blog. Ciri ini juga yang menjadi dasar mengapa di era SEO modern seperti sekarang ini, backlink jenis ini mulai ditinggalkan.

Biasanya Bersifat Nofollow

Pertama, sebagian besar jenis backlink comment blog adalah nofollow, sehingga tidak memiliki kekuatan yang signifikan di mata algoritma Google. Jenis backlink yang baik dan tinggi adalah jenis dofollow, yang bisa didapatkan dari artikel content placement, sponsored post, advertorial, atau blogroll.

Namun backlink nofollow ini juga dibutuhkan agar website lebih natural dan terhindar dari pinalti google. Tetapi ada cara lain untuk mendapatkan tautan nofollow yang lebih efektif, efisien, dan bernilai tinggi bagi merek dan pengguna dalam jangka panjang.

Faktor nofollow bisa menjadi salah satu alasan terbesar mengapa backlink comment blog ini mulai ditinggalkan. Meskipun beberapa situs web masih menyediakan tautan nofollow di profil komentar situs web mereka.

Posisi Link Sulit Terlihat

Dibandingkan backlink kontekstual pada artikel atau blogroll yang terletak di sidebar, posisi backlink comment blog berada di bawah postingan sehingga relatif sulit dilihat. Di tambah lagi ada ribuan komentar, dan pemilik website menggunakan pagination hanya untuk menampilkan komentar yang baru saja di berikan pengunjung.

Kondisi tersebut tentunya tidak optimal untuk branding atau mencari pengunjung potensial. Pasalnya, brand yang di sematkan mungkin tidak di lihat oleh banyak orang.

Bisa Didapatkan oleh Semua Orang

Backlink yang baik dan bernilai tinggi adalah backlink yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Hal ini yang menjadi alasan kenapa brand atau perusahaan besar memilih mengajak para blogger untuk bekerja sama.

Pada tahun-tahun yang lalu, para praktisi SEO dari berbagai merek besar ini masih harus menghubungi blogger satu per satu untuk mengajak bekerja sama. Tentu saja itu merupakan pekerjaan yang memakan banyak waktu dan tenaga. Namun kini sudah banyak tools dan layanan yang memudahkan semua pekerjaan ini.

Cara Mendapatkan Backlink Comment Blog

Walaupun sudah mulai di tinggalkan, namun masih ada sebagian orang yang mengunakan backlink jenis ini. Untuk mendapatkan backlink comment blog, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Di bawah ini adalah berbagai cara mendapatkan backlink comment blog yang dapat meningkatkan otoritas situs Anda.

Temukan Situs yang Relevan

Mulailah dengan mencari blog atau situs yang sesuai dengan niche situs Anda. Situs dengan topik serupa akan lebih relevan bagi pembaca dan mesin pencari. Anda dapat menggunakan mesin pencari untuk menemukan blog yang menerima komentar.

Pemeriksaan Kualitas Situs

Usai menemukan situs yang ingin Anda dapatkan backlink-nya, pastikan situs tersebut berkualitas dan tidak memiliki reputasi dan sejarah yang buruk. Situs berkualitas tinggi biasanya berperingkat baik di mesin telusur dan akan berdampak lebih besar pada SEO Anda.

Baca dan Pahami Isinya

Sebelum meninggalkan komentar, pastikan Anda membaca dan memahami isinya. Komentar yang relevan dan berwawasan akan lebih diterima oleh pemilik situs dan mempertahankan backlink Anda.

Buat Komentar Relevan dan Tambah Nilai

Saat meninggalkan komentar, jangan hanya menyertakan tautan Anda. Tulis komentar yang menambah nilai diskusi dan pertanyaan atau saran yang membangun. Ini akan menunjukkan bahwa Anda menghargai konten dan bukan spammer.

Sisipkan Tautan dengan Bijak         

Sertakan tautan situs Anda di komentar secara alami. Hindari penggunaan kata-kata promosi yang berlebihan dan pastikan backlink Anda relevan dengan topik pembahasan.

Gunakan Layanan Backlink

Cara termudah dan tercepat adalah dengan menggunakan layanan backlink comment blog. Dengan menggunakan layanan ini, Anda tinggal duduk manis dan mendapatkan backlink berkualitas langsung ke situs Anda.

Membangun Hubungan

Bangun hubungan Anda dengan pemilik situs dengan blog walking. Apa itu blogwalking? Blog walking atau di sebut juga dengan blog hopping atau blog commenting adalah kegiatan mengunjungi berbagai blog dan meninggalkan komentar guna berinteraksi dengan pemilik blog atau website.

Tips Sukses Memasang Backlink Comment Blog

Jika Anda masih menggunakan teknik ini, ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan agar tetap SEO friendly. Sebenarnya, backlink ini tidak sepenuhnya mati, mereka hanyalah opsi yang lebih lemah di mata algoritma mesin pencari.

Gunakan Nama Profil yang Jelas

Hal utama yang harus di hindari oleh pencari backlink tipe ini adalah penggunaan nama yang tidak umum di gunakan. Biasanya menggunakan kata kunci atau kata-kata CTA yang bertujuan untuk menarik pengunjung. Dulu trik ini mungkin masih bisa, tapi sekarang netizen sudah pintar, begitu juga dengan algoritma Google.

Beri Komentar Sesuai Dengan Isi Artikel

Jangan menulis komentar yang tidak relevan atau bahkan umum. Ini juga mengurangi kemungkinan komentar Anda di setujui oleh admin, dan tidak memberikan nilai unik bagi pengunjung situs web yang melihat komentar Anda.

Hanya Mengomentari Situs Web Otoritas Tinggi

Menghentikan kebiasaan memasang backlink di komentar bisa jadi sulit bagi sebagian orang. Salah satu solusinya adalah mengurangi atau memfilter kualitas situs web yang di targetkan. Alih-alih mengomentari situs web biasa-biasa saja, Anda dapat menargetkan situs web besar dan terkenal.

Jangan Spam

Jika Anda memiliki target website menambah 100 backlink, jangan hanya melakukannya dalam satu atau dua hari. Namun sebaiknya di lakukan secara acak dan bertahap agar Google tidak mendeteksi peningkatan link yang signifikan.

Kesimpulan

Demikanlah ulasan tentang karakteristik backlink comment blog, cara mendapatkan backlink comment blog dan informasi lainnya terkait membangun tautan dengan teknik ini. Lantas, apakah backlink comment blog ini masih efektif untuk SEO?

Jawabannya tentu saja tergantung dari strategi dan tujuan optimasi SEO masing-masing website. Pertama-tama, jika Anda di percaya untuk mengoptimasi website sebuah perusahaan dengan nama domain yang sudah menjadi merek dagang, butuh branding, dan mengutamakan lead, Anda harus menggunakan backlink kontekstual dari blogger yang bisa di dapatkan melalui banyak teknik lainnya bukan backlink comment blog.

Tetapi jika Anda seorang blogger yang tidak memiliki beban moral untuk mengindeks situs web Anda, Anda tidak memerlukan merek, dan Anda dapat mengubah domain kapan saja. Maka backlink comment blog masih bisa di gunakan untuk berteman dengan sesama blogger dan memperkenalkan blog Anda kepada orang lain!

Baca Juga