fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Apa Itu Redis : Keunggulan dan Fungsinya Sebagai Pengelola Caching

Yanti puspita

Tahukah kamu apa itu redis? Atau pernahkah kamu mendengar istilah redis ini? Istilah ini sebenarnya merupakan singkatan dari bahasa Inggris, yaitu remote dictionary server. Kalau kamu masih merasa asing dengan redis ini, yuk simak pembahasan lengkapnya pada artikel berikut ini! Disini kamu akan di bawa untuk mengenal apa itu redis, keunggulan serta fungsi dan kegunaan dari redis. Jadi, pastikan kamu menyimak sampai akhir ya!

Mengenal Apa itu Redis?

Apa itu redis? Redis adalah singkatan dari Remote Dictionary Server, yang merupakan sistem penyimpanan data dalam memori yang di gunakan sebagai database, cache, dan massage broker.

Pada dasarnya redis adalah salah satu database NoSQL Open Source terpopuler (lisensi BSD) dan di rancang untuk memberikan kinerja yang tinggi. Redis di dasarkan pada key-value store dengan struktur data seperti string, set, hash, daftar, dan set terurut.

Sistem penyimpanan ini juga bisa merespons kueri dalam hitungan milidetik. Sehingga ini akan memungkinkan jutaan permintaan per detik untuk berbagai aplikasi real-time.

Keunggulan Menggunakan Redis

Setelah kamu mengetahui apa itu redis, kamu juga harus tahu apa saja keunggulan yang di bawa oleh sistem penyimpanan ini. Berikut adalah beberapa keunggulan redis yang harus kamu ketahui.

Sederhana dan Mudah Di Gunakan

Redis memungkinkan kamu menulis kode tradisional yang kompleks dengan baris yang lebih ringkas dan sederhana. Dengan mengenal apa itu redis, kamu bisa bisa langsung menggunakannya untuk menulis lebih sedikit baris kode untuk menyimpan, mengakses, dan menggunakan data dalam aplikasi.

Perbedaannya adalah developer aplikasi yang menggunakan Redis dapat menggunakan struktur perintah yang lebih sederhana di bandingkan bahasa kueri database tradisional. Misalnya saja kamu bisa menggunakan Redis untuk memindahkan data ke penyimpanan hanya dengan satu baris kode.

Replikasi dan Persistensi

Redis menggunakan arsitektur replika utama dan mendukung replikasi asinkron di mana data bisa di replikasi di beberapa server. Sistem penyimpanan ini juga memberikan performa baca yang lebih baik (karena permintaan dapat di bagikan antar server).

Pemulihan ketika server utama mengalami crash juga bisa di lakukan dengan lebih cepat dengan redis ini. Menariknya lagi, redis juga mendukung pencadangan point-in-time (menyalin kumpulan data Redis ke disk).

Ketersediaan dan Skalabilitas yang Sangat Baik

Redis menawarkan arsitektur replika utama dalam satu node master atau topologi cluster. Hal ini memungkinkan kamu memperluas solusi yang ada, memberikan kinerja dan keandalan yang konsisten. Jika kamu ingin menyesuaikan ukuran cluster, berbagai opsi masuk atau keluar juga tersedia di sistem penyimpanan ini. Hal ini akan memungkinkan klaster kamu berkembang sesuai permintaan dan keinginanmu.

Sumber Terbuka

Redis adalah proyek sumber terbuka yang di dukung oleh komunitas di namis, termasuk AWS. Tidak ada penguncian vendor atau teknologi karena Redis di dasarkan pada standar terbuka, mendukung format data terbuka, dan menampilkan banyak klien.

Fungsi dan Kegunaan Redis

Karena kecepatan nya yang sangat tinggi, Redis banyak di gunakan untuk kebutuhan cache data pada aplikasi web. Selain itu, redis juga sering digunakan untuk mendukung kinerja RDBMS pada penyimpanan data kunci khusus. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi redis yang perlu kamu ketahui.

Skema Caching Cerdas

Redis biasanya di gunakan sebagai sistem cache untuk menyimpan data yang sering di akses di memori. Tujuannya agar aplikasi lebih responsif terhadap pengguna.

Redis juga bisa mengaktifkan serangkaian pola caching cerdas yang akan mengontrol berapa lama kamu ingin data di simpan dan data mana yang ingin kamu buang terlebih dahulu. Smart caching Redis mempunyai dampak yang sangat positif terhadap pengalaman pengguna situs web.

Dimana pada akhirnya ini juga akan berdampak besar pada konversi penjualan situs web bisnis kamu. Sangat menguntungkan bukan?

Optimasi Obrolan

Redis di dukung oleh pub/sub dengan pola yang cocok dan berbagai struktur data seperti sorted set, list, dan hash. Sistem penyimpanan ini sangat ideal untuk mendukung aplikasi kinerja dalam bentuk ruang obrolan, media sosial, aliran komentar real-time, dan komunikasi server-ke-server.

Oleh karena struktur data yang di miliki redis merupakan yang terbaik, ini akan memudahkan implementasi antrian. List memberikan operasi atomik dan kemampuan pemblokiran, menjadikan nya lebih cocok untuk aplikasi yang memerlukan perantara pesan atau sirkuler yang lebih andal.

Leaderboard Permainan

Selain untuk optimasi obrolan, redis juga bisa menjadi leaderboard game. Oleh karena itu, redis sangat cocok bagi kamu yang ingin bekerja sebagai developer dan ingin membuat papan peringkat secara real-time. Kamu hanya perlu menggunakan struktur data yang diurutkan redis untuk menyediakan elemen unik. Tentunya juga sambil mempertahankan daftar yang di urutkan berdasarkan skor pengguna.

Kamu juga bisa dengan mudah membuat daftar peringkat secara real-time. Lalu memperbarui skor pengguna seiring perubahan yang terjadi saat mereka memainkan game kamu.

Penyimpanan Sesi

Redis bisa menyimpan data dalam memori yang dapat di ambil dengan cepat, sehingga bisa mendukung streaming atau live events. Sistem ini bisa memberikan skala sub-milidetik, latensi, dan ketahanan untuk memproses data sesi seperti kredensial, profil pengguna, status sesi, dan personalisasi spesifik pengguna.

Geospasial

Fungsi dan kegunaan dari redis selanjutnya adalah dapat di gunakan sebagai operator untuk mengelola data geospasial. Fungsi ini biasanya di pilih karena bisa menampilkan struktur data dalam memori yang di buat secara real time.

Redis bisa menjalankan perintah seperti geodist, dan georadius by member untuk mengolah, menyimpan dan menganalisis data geospasial secara real time. Kamu juga bisa memanfaatkan redis untuk menambahkan fitur berbasis lokasi seperti fitur jarak tempuh.  Lalu fitur waktu berkendara, tempat tujuan hingga pengelolaan aplikasi juga bisa kamu tambahkan.

Machine Learning

Aplikasi machine learning memerlukan teknologi seperti redis yang bisa mengolah data dengan cepat. Selain itu kemampuan redis dalam mengolah data dalam jumlah besar, berbagai jenis data hingga mengotomatisasi pengambilan keputusan juga menjadi alasan mengapa aplikasi machine learning banyak yang menggunakan redis di dalamnya.

Microservice atau Message Broker

Selain beragam fungsi dan kegunaan yang telah di jelaskan di atas, Redis juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai microservice atau perantara pesan. Redis ini juga di gunakan untuk mempercepat loading gambar, file atau halaman website.

Bukan hanya itu, namun pengoptimalkan aplikasi yang memerlukan komunikasi antar server, streaming komentar atau chatting secara real time. Bahkan redis juga banyak digunakan untuk menyimpan meta data tentang riwayat informasi, tampilan, token, dan otentikasi pengguna.

Penutup

Kesimpulannya, Redis adalah teknologi penyimpanan struktur data dalam memori sumber terbuka. Fungsi utama dari redis ini adalah untuk mengatur dan juga menganalisis data secara real time. Kamu bisa menggunakan redis untuk banyak hal.

Jadi, dengan mempelajari apa itu redis bisa menjadi salah satu pelajaran yang berguna nantinya ketika kamu membangun sebuah startup atau perusahaan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca Juga