fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

Apa Itu Green Screen? Berikut Tips, Cara Kerja Serta Fungsinya

Yanti puspita

Pernahkah kamu mendengar tentang apa itu green screen? Definisi green screen yaitu menciptakan efek dan background yang memukau penonton dan membuat visual film menjadi maksimal. Penerapan green screen bertujuan untuk mendukung penggunaan teknik komputer grafis atau efek visual.

Di bawah ini akan kita jelaskan kepada kamu secara detail terkait sesuatu yang berhubungan dengan green screen. Apa saja itu? Mari simak ulasannya!

Apa itu Green Screen? Berikut Tips Menggunakan Green Screen

Apa itu green screen? Green screen yaitu latar belakang besar atau latar belakang hijau yang di letakkan di atas latar belakang atau objek gambar. Bisa di bilang background yang nantinya akan di modifikasi dengan menggunakan teknologi CGI atau komputer grafis. Di bawah ini beberapa tips untuk membantu kamu memaksimalkan green screen dalam produksi suatu film yaitu:

·         Pilih Warna Kontras Untuk Green Screen

Apa itu green screen adalah pertanyaan yang sering di utarakan oleh orang awam yang belum berpengalaman karena belum mengetahuinya. Terlepas dari hal itu, mari kita ke tips pertama menggunakan green screen, yaitu pilih warna kontras.

Warna kontras mengacu pada warna yang terlihat sangat berbeda dari warna green screen. Pemilihan warna kontras di maksudkan agar proses chroma-lock dapat berfungsi secara optimal. Chroma-lock akan menghapus semua objek atau elemen yang memiliki warna hijau.

Ini mencegah kamu menggunakan hijau sebagai properti atau apa pun. Jika kamu terpaksa menggunakan warna hijau sebagai properti, maka kamu dapat mengganti latar belakang dengan warna biru.

·         Pastikan Memiliki Cukup Cahaya

Tips kedua yang bisa kamu lakukan ialah memberikan cahaya yang cukup untuk objek dan background video atau foto. Jika kamu hanya fokus pada satu objek, maka gambar yang di hasilkan akan kurang optimal.

Oleh karena itu, cahaya sangat penting, karena warna hijau yang di perlihatkan dalam video harus terang agar perangkat lunak pengedit dapat dengan mudah membedakan antara bagian objek dan latar belakang. Pastikan juga bahwa cahaya ini menerangi objek latar depan secara menyeluruh sehingga tidak ada keseimbangan antara warna objek dan latar belakang.

·         Gunakan Aperture yang Rendah

Aperture atau bukaan lensa kamera juga menjadi aspek penting lainnya agar konten atau video yang di buat bisa maksimal. Jika sebelumnya kamu sudah tidak asing lagi dengan kamera, maka kamu sudah mengenal istilah SLR atau DSLR.

Semakin rendah aperture kamera, semakin baik kualitas gambar yang di hasilkan. Kualitas ini tentunya juga berkaitan langsung dengan jarak antara objek dan background. Perpaduan pemfokusan objek utama dengan aperture rendah membuat latar belakang terlihat lebih halus saat di tambahkan efek.

·         Gunakan Tripod Yang Stabil

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih tripod yang stabil untuk membuat konten video dengan green screen. Pasalnya, fokus pada objek bergerak akibat kamera yang tidak stabil membuat proses chrome key menjadi lebih sulit.

·         Sesuaikan ISO Kamera

Sebelum melakukan proses perekaman video, pastikan juga kamu mengatur ISO kamera dengan pengaturan yang benar dan optimal. Pasalnya, jika kamera memiliki ISO tinggi akan menghasilkan grainy yang membuat kualitas video kamu terlihat seperti bintik pasir sehingga proses tombol chrome tidak maksimal.

Menggunakan green screen adalah alternatif terbaik untuk membuat konten film atau foto seperti yang di inginkan. Selain potensi penghematan biaya dari segi produksi, kualitas hasil yang di tampilkan juga tidak kalah dengan latar aslinya.

·         Sesuaikan Posisi Objek Dari Background

Jika kamu pernah melihat video di balik layar yang menggunakan green screen, posisi objek tidak di tempelkan ke background. Tips ini di lakukan agar tidak ada bayangan yang terbentuk akibat objek di background.

Posisikan juga cahaya dengan objek untuk menghasilkan cahaya yang merata di seluruh tampilan video. Jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan tiga area atau titik cahaya agar objek tidak menimbulkan bayangan.

Cara Kerja Green Screen

Secara umum, cara kerja green screen terlihat sangat sederhana. Pembuat film akan merekam objek video dengan backgroud yang sebelumnya memiliki green screen. Selanjutnya akan di lakukan proses penggabungan atau penempaan objek dengan background menggunakan tools atau software dari video editing.

Dalam proses menggabungkan gambar, latar belakang akan di tambahkan dengan efek CGI jika di perlukan. Dan pastikan bahwa objek dan backgroud harus mendapatkan cahaya yang cukup agar hasil gambar tidak menunjukkan bayangan.

Selanjutnya, kamu dapat mengubah tampilan background video dan menambahkan efek visual lainnya jika di perlukan. Walaupun terlihat sangat mudah, tapi dalam pengerjaannya di butuhkan skill yang mumpuni supaya proses chroma keying bisa menghasilkan video yang berkualitas tinggi.

Fungsi Green Screen dalam Pembuatan Film

Selain efektif dalam penggunaannya, green screen juga memegang peranan penting untuk menunjang keberhasilan dalam mengedit film atau video. Fungsi green screen saat membuat film atau video, antara lain:

·         Pengganti Background

Membuat background yang bagus selalu membutuhkan biaya yang mahal dan tidak selalu ada alam atau tempat yang memiliki background yang sesuai dengan konsep cerita dan pemikiran pembuatnya. Maka dari itu, di sini kamu bisa merasakan fungsi green screen yang merupakan pengganti background yang tidak bisa kamu miliki.

Nantinya background hijau dari green screen tersebut akan di ubah. Dengan mengganti atau menggabungkan menggunakan background lain berupa gambar atau warna lain sesuai alur cerita.

·         Menciptakan Tampilan Visual Yang Menakjubkan

Setelah mengedit background green screen dengan gambar tertentu, maka akan menghasilkan tampilan yang menakjubkan. Visual yang di inginkan dan di sesuaikan dengan naskah cerita bisa di dapatkan tanpa harus mengambil background secara langsung seiring dengan permainan karakter dan lebih hidup.

·         Memudahkan Proses Pengeditan

Menggunakan green screen sebagai background akan memudahkan proses editing bagi editor. Hijau akan lebih mudah berubah di bandingkan warna lainnya.

Editor akan memudahkan memisahkan objek utama dari background dan hasil edit juga lebih bersih. Ini akan memudahkan editor untuk memblokir background dan menonjolkan peran utama dalam film tersebut.

·         Meminimalisir Biaya Produksi

Penggunaan properti yang minimal akan menyelamatkan kamu dari menghabiskan banyak biaya produksi untuk filmmu. Penghematan properti ini dapat di capai dengan menggunakan green screen sebagai gantinya.

Mengapa Green Screen Harus Hijau Dan Bukan Warna Lain?

Mungkin inilah pertanyaan yang ada di benak setiap orang awam yang tidak mengerti konsep green screen. Warna hijau di gunakan karena warna ini tidak mirip dengan warna kulit sehingga memudahkan editor untuk mengubah latar belakang video atau karakter imajiner lain yang ingin di tambahkan.

Alasan lain mengapa warna hijau di pilih adalah karena warna hijau dapat menghemat cahaya. Warna hijau lebih mudah dalam hal pencahayaan menggunakan cahaya buatan, sehingga tidak membutuhkan cahaya sebanyak warna lainnya, hal ini dapat menghemat biaya produksi film yang di buat.

Kesimpulan

Dengan memahami pengertian tentang apa itu green screen dan memahaminya dengan benar akan memudahkan penggunaan terutama perannya dalam dunia perfilman. Green screen memiliki fungsi sebagai pengganti background dan sangat membantu dalam menghasilkan film yang berkualitas.

Demikian penjelasan lengkap mengenai apa itu green screen,tips dan cara kerja green screen yang bisa kita sampaikan. Kita harap kedepannya kamu bisa mempraktekkan pembuatan suatu film atau foto menggunakan green screen tersebut.

Baca Juga