fbpx

Apa itu Ecommerce?Pengertian,Fungsi dan Manfaatnya

Apa itu ? Electronic commerce atau E-commerce adalah semua kegiatan jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun televisi dan telepon merupakan bagian dari peralatan, e-commerce sekarang lebih sering dilakukan melalui .

Karena pemahaman tentang e-commerce ini, terkadang terjadi kesalahpahaman tentang e-commerce dan marketplace. Marketplace sendiri merupakan salah satu model e-commerce yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di pasar hanya melayani pembelian. Semua aktivitas lain seperti manajemen situs web telah ditangani oleh platform.

Ada 4 fungsi E-commerce yang ditawarkan kepada pemilik bisnis sebagai berikut :

1. Sangat mudah dan efisien

Memilih e-niaga untuk wirausahawan pemula dapat membantu mereka mempelajari cara menjual produk melalui situs web. Terakhir, perusahaan e-commerce menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam hal manajemen , , dan desain untuk konten situs web yang menarik.

2. Memiliki berbagai fitur lengkap

Faktanya, definisi e-commerce berbeda dengan pasar yang memiliki lebih banyak penjual produk yang berbeda. E-niaga menawarkan banyak produk hanya dari satu penjual. Namun, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur lengkap.

3. Menawarkan keamanan maksimum

Platform e-commerce ini memiliki keamanan yang dijamin oleh perusahaan pengelola, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan risiko disusupi oleh data pelanggan. Paling tidak, Anda bisa menjamin keamanan data pelanggan saat melakukan transaksi e-commerce menggunakan kartu kredit atau sistem pembayaran lainnya.

Baca Juga :  5 Manfaat Internet Dalam Kehidupan¬†

4. Tawarkan bantuan dan dukungan

Selama mengelola toko , Anda tetap dapat merasa aman dan nyaman dalam kondisi apapun seperti yang didefinisikan oleh e-commerce yang memudahkan transaksi dengan . Fungsi dari e-commerce sendiri adalah untuk memudahkan pengguna dalam menyediakan tempat untuk memasarkan dan menjual produk atau jasa apapun yang dapat dikelola melalui internet.

Baca Juga Berikut : Cara Membuat Toko Online Di WordPress Termudah untuk Seller Pemula

Manfaat E-commerce

1. Dapat menghemat waktu

Karena Anda tidak perlu memelihara toko fisik, menggunakan e-niaga dapat menghemat waktu Anda untuk melakukan hal lain yang lebih penting untuk meningkatkan Anda. Konsumen yang ingin membeli produk toko Anda tidak hanya dapat menghemat waktu tetapi juga membeli tanpa harus mengantri di toko atau membelinya secara manual.

2. Lebih mudah untuk melintasi wilayah

Jika Anda ingin memperluas ke wilayah lain, Anda tidak perlu membuka toko secara fisik di lokasi lain. Cukup dengan e-commerce, Anda bisa menjual produk toko Anda ke konsumen yang tinggal di berbagai wilayah atau bahkan negara yang berbeda. Anda bahkan dapat dengan mudah menjual produk Anda hingga ke Amerika Serikat jika Anda mau.

3. Tidak membutuhkan modal yang besar

Membuka e-commerce juga tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya dengan menggunakan perangkat yang ada di rumah anda sudah bisa membuka bisnis internasional yang bisa diakses siapa saja dimana saja, kapan saja.

4. Fleksibilitas

Terkadang memiliki toko fisik bisa memakan waktu. Hal ini membuat kehidupan sehari-hari Anda kurang fleksibel. E-commerce tidak hanya memungkinkan Anda memiliki lebih banyak waktu, tetapi juga memberi Anda fleksibilitas finansial karena Anda tidak perlu khawatir tentang menyewa toko dan yang lainnya.

Baca Juga :  Pengertian Firebase, Fungsi, Fitur, dan Kelebihannya

5. Dapat tumbuh menjadi perusahaan yang lebih besar

Dari e-commerce, bisnis Anda juga bisa berkembang menjadi sesuatu yang lebih besar karena semakin banyak orang yang mempelajarinya. Tentu saja, berkat media sosial, menjadi sangat mungkin tidak hanya dari mulut ke mulut, tetapi juga dengan Instagram. Toko yang lebih besar berarti Anda dapat menjual lebih banyak variasi produk, menjangkau lebih banyak pelanggan di berbagai wilayah, meningkatkan transaksi, dan meningkatkan penjualan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga Artikel Berikut : 5 Fitur Toko Online yang Wajib Ada Di Toko Online Anda