fbpx

Apa itu Digital Marketing? Pengertian dan Kelebihannya

Dilihat dari kacamata , Indonesia disebut sebagai pasar yang sangat potensial untuk berbagai jenis bisnis. Masyarakat yang cenderung konsumtif membuat banyak binnis tumbuh subur di Indonesia. Catatan We Are Social menyebutkan Indonesia peringkat pertama sebagai pengguna e-commerce terbanyak di dunia. Angka tersebut tentu tidak terlepas dari strategi digital yang dilakukan pemilik bisnis.

Akses yang kian merata di Indonesia dimanfaatkan dengan sangat baik oleh pelaku bisnis. Banyak yang kini menjalankan bisnis mereka secara digital. Selain itu penggunaan digital marketing juga semakin marak di kalangan UMKM. Sebab strategi pemasaran secara digital dianggap lebih potensial untuk menjangkau pelanggan serta meningkatkan penjualan.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah cara atau teknik pemasaran yang memanfaatkan media digital. Metode pamasaran yang dilakukan bisa beragam, tergantung tujuan dan media yang digunakan. Umumnya digital marketing dilakukan melalui website atau . Selain itu pemasaran digital ini juga bisa dilakukan melalui iklan, baik gratis maupun berbayar.

Menurut para ahli, digital marketing merupakan penggunaan dan perangkat yang memiliki dukungan internet untuk mencapai target pemasaran. Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa digital marketing adalah proses pemasaran yang menggunakan jaringan internet dan teknologi digital.

Contoh Digital Markerting

Agar lebih memahami tentang digital marketing, berikut beberapa contoh penerapan digital marketing yang biasa kita temukan, seperti:

1. Content Marketing

Content marketing adalah sebuah jenis konten yang ditujukan untuk memikat calon customer. Konten jenis ini dibuat semenarik mungkin agar dapat diterima dengan baik oleh audiens. Biasanya konten marketing dibuat dengan memperhatikan beberapa hal, seperti kepentingan, relevansi dan konstensi.

Ketiganya memiliki peranan masing-masing yang tak kalah penting, yaitu penting untuk bisnis yang sedang dijalankan, menjawab apa yang menjadi kebutuhan target market serta dibuat secara berkelanjutan (konsisten).

2. SEO

atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk membuat konten atau halaman kita berada di hasil pencarian teratas. Dengan SEO kita bisa menargetkan kata kunci tertentu untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung serta meningkatkan penjualan. Namun diperlukan penerapan SEO yang baik agar mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga :  7 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Situs Anda

Penggunaan SEO Onpage dan SEO Offpage secara tepat dapat membantu halaman website berada pada hasil pencarian teratas. Dengan begitu ada banyak keuntungan yang bisa didapat.

3. SEM

Jika terbiasa menemukan iklan di hasil pencarian, artinya Anda sudah menemukan contoh langsung dari penerapa SEM (Search Engine Marketing). SEM merupakan teknik optimasi yang digunakan untuk menampilkan iklan pada hasil pencarian. Sekilas SEM memang terasa mirip dengan , namun memiliki perbedaan yang sangat jelas pada penerapannya.

Baca juga: Pengertian Tentang Search Engine Marketing

Pengguaan SEM akan sangat berguna bagi pemilik bisnis yang memiliki budget iklan tersendiri. Ini akan mempermudah dalam proses memenangkan peringkat di mesin pencari, serta mendatangkan pelanggan.

4. Social Media Marketing

Selain SEO dan SEM, penggunaan Social Media Marketing (SMM) juga sangat diminati oleh para pebisnis. Sebab sebagian besar pengguna internet berada di media sosial, sehingga akan sangat sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik, terutama jika target market bisnis kita berada di media sosial dengan rentang usia 18-35 tahun.

Agar mendapatkan hasil terbaik, kita perlu melakukan riset pasar. Dengan begitu kita akan menemukan media sosial mana yang paling cocok digunakan sebagai senjata utama dalam melakukan promosi.

5. Email Marketing

Strategi promosi menggunakan email marketing merupakan teknik lawas yang masih diminati. Sebab email marketing dipercaya memiliki potensi yang cukup besar dalam meningkatkan penjualan. Itu karena target market yang disasar berasal dari kalangan tertentu atau konsumen yang sudah melakukan transaksi sebelumnya.

Teknik marketing satu ini sangat cocok dilakukan bagia Anda yang sedang membangun bisnis. Anda bisa mengumpulkan list email yang berasal dari konsumen atau calon konsumen Anda. Cara mendapatkannya pun beragam. Salah satunya dengan menyebar kuisioner atau mengisi form berlangganan.

6. Affiliate Marketing

Melakukan teknik pemasaran dengan affiliate marketing bisa dibilang sebagai strategi yang menguntungkan, baik untuk pemilik bisnis maupun affiliator. Ada banyak produk yang bisa ditawarkan melalui affiliate marketing, beberapa contohnya seperti yang ditawarkan oleh .

Baca juga: Apa Itu Afiliasi? Pengertian dan Cara Kerjanya

Affiliate marketing memungkinkan kita meningkatkan penjualan dengan bantuan affiliator. Nantinya mereka akan mempromosikan produk kita di berbagai media promosi yang dimiliki, kemudian mereka akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil dilakukan.

Kelebihan Digital Marketing untuk Bisnis

Setelah memahami apa itu digital marketing beserta contoh penerapannya, berikut beberapa keuntungan digital marketing untuk bisnis yang perlu diketahui, yaitu:

Baca Juga :  Memasang Google Analytics di WordPress dengan Mudah

Menyasar Target Market yang Sesuai

Menggunakan strategi pemasaran digital akan memberikan kita banyak keuntungan, salah satunya dapat menyasar target market (calon konsumen) yang lebih spesifik. Itu karena dengan digital marketing kita dapat mengakses berbagai data mengenai konsumen.

Dengan begitu, kita bisa menyesuaikannya dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Selain itu proses pembuatan konten promosi juga jadi lebih mudah.

Lebih Hemat Biaya

Jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, strategi digital marketing dinilai lebih hemat biaya. Itu karena biaya yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Alokasi dana yang sebelumnya untuk mencetak billboard misalkan, bisa dialihkan ke pemasangan iklan di cahnnel marketing tertentu. Sehingga semua dana yang dialokasikan untuk iklan, bisa dimaksimlkan dengan baik.

Jangkauan yang Lebih Luas

Digital memiliki jangkuan yang luas, didukung pula dengan akses internet yang kian merata. Dengan memanfaatkan hal tersebut, maka kita juga berpotensi menjangkau customer yang lebih luas lagi. Tidak hanya terbatas di satu kota atau daerah saja. Kita juga bisa menjangkau hingga ke seluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara.

Meningkatkan Reputasi Brand

Digital marketing tidak semata-mata untuk tujuan promosi dan meningkatkan penjualan. Manfaat lain yang bisa dirasakan dari pemasaran digital adalah membangun reputasi dengan sebaik mungkin.

Ketika brand awareness sudah terbentuk, maka orang akan mudah untuk mengingat bisnis kita. Ketika hal tersebut didukung dengan pelayanan dan kualitas produk yang baik, maka akan terbentuk kepercayaan di kalangan konsumen.

Dengan begitu bisnis kita akan semakin berkembang dan lebih mudah untuk memberikan penawaran kepada konsumen. Karena mereka sudah mengenal dan menaruh kepercyaan pada brand yang kita miliki.

Mudah untuk Dievaluasi

Kampanye secara digital umumnya berbicara tentang data. Kita bisa mengukur semua aktivitas pemasaran yang dilakukan secara rinci. Itulah kenapa banyak pebisnis saat ini yang memilih menggunakan digital marketing. Karena selain memberikan dampak yang besar pada bisnis, juga mudah untuk dievaluasi.

Hal tersebut juga akan memudahkan kita dalam menentukan strategi selanjutnya. Memastikan bahwa strategi yang digunakan sudah tepat atau perlu ada perbaikan. Maka bisnis yang kita jalankan akan terus berjalan dengan baik dan semakin berkembang pesat nantinya.

Dengan menyimak penjelasan ini, tentu Anda sudah semakin paham mengenai digital marketing beserta contoh dan kelebihannya. Setelah ini Anda pastinya akan lebih siap untuk menentukan strategi digital marketing seperti apa yang akan diterapkan pada bisnis Anda. Semoga bisnis Anda semakin berkembang dengan adanya pembahasan ini.