fbpx

Apa itu Cloud Hosting? Pengertian, Kelebihan, & Kekurangannya

Apa itu ? Bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait, diartikel ini akan saya jelaskan secara detail beserta dengan kelebihan dan kekurangan cloud hosting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli.

Apa Itu Cloud Hosting?

Cloud hosting ini adalah hosting yang memakai beberapa sekaligus untuk menjalankan website Anda. Sehingga, beban dari server website akan menjadi jauh lebih stabil dan seimbang.

Dengan fitur yang sama layaknya shared hosting namun dengan spesifikasi ataupun performa tinggi, ini dapat menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan resource tinggi namun tidak bisa mengoprasikan vps yang membutuhkan pemahaman masalah teknis lebih rumit.

Cara Kerja Cloud Hosting

Secara singkat, cara cloud hosting ini menggunakan cluster yang dapat membuat website terus berjalan. Hal ini dikarenakan jika salah satu server mengalami masalah, maka server yang lainnya masih terus beroperasi.

Oleh karena itu, jika website milik Anda kini telah memiliki lalu lintas yang tinggi, maka menggunakan layanan Cloud Hosting Terbaik Indonesia adalah pilihan yang sangat tepat.

Selain mudah digunakan, salah satu kelebihan hosting jenis ini adalah memiliki tingkat uptime-nya yang lebih tinggi dibandingkan shared hosting karena servernya saling mem-backup.

Baca Juga: Perbedaan Cloud Hosting vs Shared Hosting, Mana yang Lebih Bagus?

Fungsi Cloud Hosting

Supaya lebih paham lagi mengenai apa itu cloud hosting, sebaiknya Anda juga memahami fungsinya dibawah ini.

Baca Juga :  TOP 5 Payment Gateway Terbaik Di Indonesia

1. Performa Website Lebih Cepat, Aman, dan Stabil

Website tak cukup hanya dengan memiliki kecepatan yang tinggi saja, tapi juga membutuhkan fitur proteksi yang di optimalkan demi menjaga agar website tetap aman dan penggunanya nyaman.

Nah umumnya penyedia cloud hosting sudah memiliki fitur unggulan termasuk tingkat keamanan yang tinggi, memiliki kecepatan yang bagus, juga kesetabilan yang sangat bisa diandalkan.

2. Menampung Banyak Pengunjung

Jika website Anda sudah cepat, stabil, dan aman, maka lalu lintas pun akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Namun Anda tidak perlu khawatir mengenai server akan kelebihan muatan ketika menampun lonjakan lalu lintas yang tinggi sehingga website akan down.

Baca Juga: Manfaat Cloud Hosting Bagi Website Bisnis

Seperti yang sudah saya katakan tadi, cloud hosting ini mempunyai teknologi cluster yang akan terus membuat website Anda online meskipun salah satu server bermasalah.

Kelebihan Dan Kekurangan Cloud Hosting

Anda bisa memahami beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan cloud hosting dibawah ini agar lebih yakin ingin menggunakannya atau tidak.

Kelebihan Cloud Hosting

Saat Anda menggunakan Cloud Hosting Indonesia, maka beberapa manfaat berikut ini adalah hal yang akan Anda dapatkan.

1. Uptime Lebih Stabil

Web Anda akan menjadi lebih stabil karena cloud hosting memiliki beberapa server sekaligus, sehingga jika salah satunya mengalami kendala maka server lainya akan terus bekerja.

Baca Juga: 5+ Keunggulan Cloud Hosting Buat Website Anda

2. Recovery Lebih Mudah

Anda tidak perlu lagi khawatir kehilangan data, karena penyedia layanan cloud akan mengoptimalkan backup data Anda dan biasanya memiliki tempat pencadangan yang berbeda untuk menghindari kehilangan data yang disebabkan oleh kesalahan yang tak diinginkan.

Baca Juga :  Alasan Memilih Domain ID Untuk Kesuksesan Brand

3. Scalability

Saat website yang Anda kelola sudah memiliki yang sangat besar, Anda tidak perlu khawatir karena bisa meningkatkan kapasitas server cloud tanpa perlu membeli server fisik lagi dengan resource yang lebih besar.

Kekurangan Cloud Hosting

Walaupun memiliki keunggulan yang begitu menakjubkan, tapi ada juga beberapa kekuranganya loh!

Baca Juga: Mengenal Saas, Paas, dan Iaas Dalam Cloud Computing

Kekurangan menggunakan cloud hosting ini seperti lebih rentan terkena cyber-attack, kecepatan server bergantung pada kecepatan Anda dan menggunakan cloud ini bisa menjadi lebih mahal jika website anda sebenarnya tidak membutuhkan resource yang begitu besar dan masih bisa menggunakan shared hosting.

Penutup

Sebelum benar-benar memilih layanan cloud, sebaiknya anda memahami web hosting terlebih dahulu.

Kemudian barulah Anda menentukan murah Indonesia yang terbaik supaya mendapatkan apa yang benar-benar cocok untuk kebutuhan website.

Dan itulah penjelasan mengenai apa itu cloud hosting, , kelebihan dan kekurangannya. Salam sukses, dan semoga bisnis Anda selalu berkembang!