fbpx

Apa itu Branding ? Pengertian dan Tujuannya

Kata branding berasal dari kata yang berarti merek dalam bahasa Indonesia. Dalam penggunaannya, kata brand dan branding memiliki arti yang berbeda. Seperti disebutkan di atas, kata merek berarti merek sedangkan merek adalah prosesnya.Jadi, istilah branding adalah berbagai aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan mempromosikan sebuah brand atau merek.

Selain itu, proses branding juga dapat diartikan seperti itu dan layanan komunikasi yang direncanakan dari suatu perusahaan.Lalu apa itu branding dari sudut pandang para ahli. Menurut Kotler (2009), branding adalah indikasi dari nama, istilah, tanda, simbol, desain atau kombinasi semuanya, dengan tujuan mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dan membedakannya dari pesaing.

Menurut Landa (2006), istilah branding bukan hanya sekedar merek dagang atau nama dagang dari suatu produk, jasa atau perusahaan. Tapi semua harus dilakukan dengan hal-hal yang terlihat dari sebuah merek; berdasarkan nama dagang, logo, visual, gambar, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi dan asumsi yang ada di benak perusahaan.

Setidaknya ada 4 fungsi branding dalam kegiatan , antara lain:

1. Sebagai pembeda

produk yang sudah memiliki merek yang kuat mudah dibedakan dengan merek lain.

2. Promosi dan Daya Tarik

Produk yang memiliki merek kuat menarik konsumen dan lebih mudah untuk dipromosikan.

3. Membangun Citra, Kepercayaan, Jaminan Kualitas dan Prestise

Fungsi branding adalah membangun citra agar suatu produk dapat dengan mudah diingat oleh orang lain.

4. Mengendalikan Pasar

Memiliki nama merk yang menjaga kualitas lebih mudah mempengaruhi pasar karena masyarakat telah mengenal, percaya, dan mengingat nama merk produk tersebut.Branding juga memiliki tujuan dalam implementasinya.

Baca Juga Berikut : 7 Cara Agar Instagram Bisnis Lebih Efektif

Inilah tujuan branding :

1. Untuk membedakan suatu produk dari produk yang dijual oleh pesaing

Baca Juga :  5 Cara Membobol Wifi Dengan Mudah

2. Beriklan dan memiliki daya tarik khusus kepada .

3. Mendapatkan kepercayaan dan citra yang baik.

4. Kendalikan pasar karena Anda sudah memiliki merek yang kuatKetika Anda memulai bisnis, jangan hanya membuat tujuan merek di awal bisnis.

Ada banyak perusahaan yang juga melakukan tujuan merek. Lalu apa yang bisa menjadi karakter perusahaan Anda. Alasan untuk memulai sebuah perusahaan atau menciptakan sebuah produk dapat untuk menambah nilai dan mempertahankan posisi perusahaan Anda. Tuliskan tujuan bisnis Anda dan informasikan kepada mereka agar pelanggan percaya bahwa produk Anda adalah solusi dari masalah yang mereka hadapi.Pernahkah Anda menghadiri pembukaan restoran yang sibuk.

Pada saat itu Anda merasa bahwa semua hidangan yang mereka sajikan lezat. Namun, setelah beberapa bulan, Anda kembali ke restoran dan menemukan bahwa rasa hidangannya berbeda dari kunjungan terakhir. Ketidakkonsistenan ini menyebabkan pelanggan Anda beralih ke restoran lain. Tempat itu tidak lagi menawarkan apa yang Anda cari.

Ini akan terjadi pada bisnis apa pun yang tidak menjaga konsistensi. Logo, slogan, dan nama merek juga harus konsisten agar pikiran orang tetap positif.Saat ini, kebanyakan orang mencari produk yang mereka butuhkan melalui media sosial. Jadi, sebuah penting jika Anda ingin branding Anda bekerja dengan baik dan menjangkau target pasar yang luas.

Menggunakan tidak selalu harus menjadi platform untuk membeli dan menjual produk Anda. Anda juga dapat menggunakan website ini sebagai company profile karena yang terpenting adalah perusahaan memiliki konten tentang produk yang tersedia sehingga dapat berlangsung.Itu apa itu Branding? dan tujuannya.

Baca Juga Artikel Berikut : .COM VS .ID Lebih Bagus Mana untuk Website Bisnis