fbpx

7 Cara Agar Instagram Bisnis Lebih Efektif

Mempromosikan secara , sekarang bisa jauh lebih efektif dengan menggunakan Bisnis. Sebagai salah satu marketing platform yang banyak digemari, Instagram Bisnis menawarkan berbagai fitur khusus yang tidak ditemukan pada akun personal. 

Dengan Instagram Bisnis, Anda dapat mudah melakukan brandingdan menjangkau audiens secara luas. Bahkan jika Anda memiliki website, Instagram Bisnis bisa menjadi platform pendukung untuk meningkatkan traffic dan leads.

Lalu, apa saja manfaat Instagram Bisnis dan bagaimana cara memaksimalkan setiap fiturnya? Artikel ini akan menguraikannya satu per satu. Kami akan menjelaskan dari cara membuat akun Instagram Bisnis hingga penggunaannya yang tepat. 

Perbaiki Profil Instagram

Anda mungkin sudah tahu kalau Instagram bio hanya bisa diisi maksimal 150 karakter. Itu tandanya, Anda mesti pintar-pintar memanfaatkan space yang ada untuk memperkenalkan bisnis Anda ke audiens. 

Langkah ini memang cukup tricky untuk dilakukan. Namun, usahakan untuk memberi kesan yang membuat audiens ingin mencari tahu tentang Anda lebih dalam. Anda bisa menuliskan deskripsi tentang produk bisnis, keunggulan, value, atau mengutip tentang promo yang Anda miliki saat ini.

Tentukan Target

Menentukan siapa target audiens Anda sebelum memposting konten merupakan langkah wajib yang tidak boleh dilewatkan. Mungkin Anda sangat terampil menciptakan konten-konten eye-catching, tapi kalau Anda tidak tahu siapa yang Anda target, buat apa?

Gunakan waktu Anda sebanyak mungkin untuk melakukan riset audiens yang tepat. Biasanya langkah ini dilakukan dengan cara menyesuaikan produk/bidang bisnis yang Anda miliki. 

Misalnya, Anda menjual produk make-up untuk remaja. Maka, target audiens Anda bisa berupa perempuan dengan usia 15-20 tahun, berstatus pelajar, memiliki interest dengan produk make-up yang simple alias tidak berat, dan lain-lain.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kompetitor Anda yang memiliki bisnis serupa. Perhatikan bagaimana cara mereka menyajikan konten, melakukan engagement, dan konsep apa yang mereka sajikan untuk menguatkan branding.

Waktu yang Tepat

Riset mengatakan bahwa

yang menganalisa kalau waktu yang ideal untuk memposting konten di Instagram ialah di antara jam 9-11 pagi. Tetapi, apakah riset tersebut benar akurat? Belum tentu.

Baca Juga :  Tips Memilih SSL Untuk Pemula

Sebab tidak semua jenis konten akan memiliki target audiens dengan treatment yang sama. Oleh karena itu, untuk tahu kapan waktu yang tepat untuk memposting konten adalah dengan melakukan percobaan berkali-kali. Kemudian, Anda bisa menganalisis hasilnya dari fitur Insights milik Instagram. 

Dari sanalah Anda bisa tahu di saat kapan audiens Anda sedang online, ramai pengunjung dan sebaliknya. 

Konten Menarik

Instagram adalah segalanya tentang visual. Jadi, sangatlah penting untuk Anda menyiapkan konten-konten semenarik mungkin untuk memikat audiens. Ciptakan kesan yang merepresentasikan persona bisnis Anda.

Di samping itu, memposting konten tidak melulu soal produk Anda saja. Banyak variasi konten yang bisa Anda bagikan agar tidak terlihat monoton dengan postingan microbloging, membuat igtv, membuat instagram stories yang menarik.

Instagram Ads

Instagram Ads termasuk sebagai fitur Instagram yang banyak diminati pebisnis. Fitur ini memang memberikan alternatif untuk Anda bisa memasarkan produk kepada audiens secara spesifik. Kuran lebih, penggunaannya pun sama dengan Ads. Anda bisa menargetkan audiens berdasarkan demografi, interest, usia, gender dan behavior.

Ada dua cara untuk menjalankan iklan di Instagram. Pertama adalah dengan menggunakan dashboard Facebook Ads Manager. Dan kedua adalah dengan mengakses langsung di Instagram. Anda pun bisa membuat konten dalam berbagai format seperti menggunakan single image, carousel, video, slideshow, dan juga stories. 

Analisa Sesuai Performa

Langkah terakhir yang wajib dilakukan adalah menganalisa performa akun Instagram bisnis secara keseluruhan. Lakukan hal ini secara berkala untuk menyaksikan seberapa besar pengaruh yang didapatkan dari masing-masing konten dan campaign. 

Anda bisa menganalisa dengan mengakses langsung pada fitur Insights di akun Anda. Dan jika ingin mendapatkan hasil yang lebih spesifik, gunakan bantuan tools analytics seperti Hootsuite Analytics, Iconosquare, Sprout Social, Bitly, Keyhole, dan masih banyak lagi.

Supaya hasil yang diperoleh bisa konsisten, Anda bisa melakukan A/B testing untuk menguji setiap mana yang efektif. Berikut ada beberapa langkah dasar yang bisa Anda terapkan saat A/B testing:

  • Tentukan elemen yang ingin dipakai apakah berupa foto, video, IGTV, stories, caption atau hashtag.
  • Buat 2 variasi konten berdasarkan konsep yang sudah ditentukan.
  • Lakukan keduanya dan pilih mana yang memiliki konversi tinggi.
  • Buat inovasi dari hasil konten yang sudah berhasil. Dan lihat apakah ada perkembangan lain yang diperoleh.
  • Lakukan analisis kembali dan bagikan hasilnya ke tim Anda.
  • Ulangi tahapan ini dari awal.
Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Popup di Wordpress

Jika sudah sampai di titik ini, sekarang Anda bisa memaksimalkan lagi Instagram bisnis dengan strategi yang lebih tokcer. 

Lakukan Promosi dan Giveaway

Seperti yang dikatakan awal tadi, menggunakan Instagram untuk promosi bisnis tidak berarti Anda hanya fokus membahas produk-produk saja. Buat sesuatu yang sekiranya membuat audiens Anda senang dan terkesan. Salah satunya yaitu dengan membuat promo diskon atau giveaway. Ada banyak sekali keuntungan dengan cara ini. Dari sisi brand awareness, engagement, pertumbuhan followers, maupun user-generated content. Kemudian Anda juga bisa menciptakan hashtag tertentu untuk membuatnya viral. Sekaligus sebagai tanda untuk membedakannya dengan postingan konten yang lain. Namun perlu diingat, membagikan konten di Instagram sama seperti ketika Anda ingin membuat jadwal posting. Anda perlu melakukan percobaan beberapa kali untuk tahu jenis konten seperti apa yang paling efektif.

Dari artikel ini, bisa disimpulkan bahwa Instagram bisnis merupakan salah satu channel marketing terbaik untuk mempromosikanbisnis Anda. Jejeran fitur yang bisa Anda manfaatkan dari platform ini adalah tools analytics berupa Insights, Instagram Ads, tombol call to action, dan info kategori bisnis. 

Dengan memaksimalkan masing-masing fiturnya, Anda tidak cuma bisa menarik lebih banyak audiens. Tapi juga berpeluang untuk meningkatkan leads atau traffic jika Anda memiliki website.

Itulah mengapa, akan lebih baik lagi bila Anda memiliki . Supaya nantinya, Anda bisa gampang menggiring audiens untuk mampir ke Anda. Caranya yaitu dengan menaruh link domain pada bio, atau dengan menyisipkan pada Stories melalui fitur swipe up. 

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi kami tentang 7 cara agar instagram bisnis anda menjadi lebih efektif. Sudah berapa cara yang saat ini Anda telah gunakan? Silahkan sharing di kolom komentar kami ya!

Jangan lupa untuk membeli hosting dan domain hanya di .