fbpx

Alternatif Domain unik untuk Website Anda

Ketika Anda memiliki website, satu hal yang perlu menjadi perhatian  yaitu terkait . Yang mana domain merupakan alamat agar para pengunjung dapat menemukan website Anda. Domain sendiri berupa nama unik yang mudah diingat orang-orang untuk kembali ke website yang pernah dikunjungi sebelumnya. 

Sebenarnya, pada dasarnya semua alamat website berupa alamat IP yaitu kombinasi angka tertentu yang dibatasi oleh titik. Namun, karena sulit mengingat kombinasi angka-angka tersebut maka alamat IP kemudian berkembangan menjadi beberapa kata yang lebih mudah. 

Domain ini menjadi sebuah identitas yang dimiliki website. Karena fungsinya yang sangat penting, maka semua pemilik website berusaha memperoleh nama terbaik yang bisa menggambarkan website secara garis besar. 

Namun, tak jarang, pemilik website tidak menemukan nama domain yang diinginkan pada domain tertentu, misalnya pada domain .COM. Jika masalah tersebut juga Anda alami, kami memiliki beberapa alternatif domain yang bisa menyelesaikan masalah Anda. Berikut informasinya:

1. Online

Domain alternative pertama adalah menggunakan domain .Online. Termasuk dalam salah satu Top Level Domain yang sudah digunakan lebih dari 128 negara di dunia. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 dan langsung mendapat pengguna sebanyak 38 ribu dalam waktu 24 jam.  

Domain ini adalah ekstensi domain yang cocok digunakan untuk segala jenis , bisnis maupun proyek pribadi. Domain .Online banyak digunakan oleh perusahaan startup dan bisnis yang baru memperkenalkan usahanya kepada dunia. Selain itu, domain ini juga dapat digunakan untuk pribadi yang membahas banyak hal di dalamnya. 

2. Store

Domain store merupakan ekstensi domain yang ditujukan untuk pelaku usaha dan bisnis yang ingin memiliki website. Saat ini, pengguna domain ini cukup banyak yaitu sekitar 240 ribu pelaku bisnis, tak terkecuali oleh brand kelas dunia. 

Baca Juga :  Cara Cek Backlink Kompetitor Secara Mudah!

Dengan menggunakan domain  ini, pengunjung akan segera tahu bahwa website yang sedang dikunjungi adalah sebuah toko online. Pada domain ini pula, terdapat banyak pilihan nama yang tersedia sehingga Anda bisa dengan mudah menyesuaikan nama dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. 

3. Tech

Ketika website Anda banyak berbicara tentang , menggunakan domain satu ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Domain merupakan ekstensi yang cukup baru dan termasuk dalam kategori Top Level Domain Global. 

Keunggulan utama yang dimiliki domain ini adalah memiliki fungsi dan tujuan yang jelas. Dari saja pengunjung sudah dapat mengetahui bahwa website tersebut berisi informasi tentang teknologi. Apalagi, domain ini memberikan nilai lebih untuk organisasi dan startup yang belum memiliki website resmi.

4. Fun

Jika website Anda bergerak di bidang hiburan, maka alternatif domain ini sangat cocok untuk Anda gunakan. Eksistensi domain fun adalah pilihan cocok dan spesifik untuk website yang mengulas cerita menarik, menginspirasi dan unik, , maupun meme. 

5. Site

Domain satu ini adalah salah satu domain yang dapat digunakan gratis. Domain ini disediakan khusus oleh sebagai upaya mendukung para pelaku UKM. Sehingga jika Anda adalah salah satu pelaku usaha kecil dan juga ingin menggunakan website, alternatif ini sangat cocok untuk Anda gunakan. 

Baca Juga : Alasan Menggunakan Domain Com Untuk Bisnis

6. Space

Domain satu ini dapat digunakan oleh banyak pengguna website. Baik untuk perusahaan rintisan dan teknologi, selebritas dan figure public, blogger dan curator, musisi dan pembuat film, Co-working space, komunitas dan forum dan lainnya. 

Domain space sudah digunakan secara global tanpa adanya asosiasi ke negara manapun sehingga semua orang dapat menggunakan domain ini dengan bebas. 

7. Website

Domain .Website bisa menjadi alternative domain yang dapat Anda gunakan. Domain ini cocok untuk segala . Penggunanya juga terbilang besar, yaitu sekitar 216 ribuan pengguna. Tak hanya digunakan oleh website kecil atau bisnis kecil, domain ini juga digunakan oleh brand terkenal. 

Baca Juga :  Perbandingan Nameserver VS DNS Berdasarkan Perannya pada Internet

8. Xyz

Domain Xyz adalah top level domain yang mulai dikenal public pada tahun 2014. Ketersediaan nama domain yang beragam dan unik bisa menjadi pilihan untuk website Anda. Nama Xyz yang merupakan 3 huruf akhiralfabet membuatnya lebih mudah diingat. Selain itu, domain ini tidak terikat identitas sehingga website apa saja terap cocok menggunakannya. 

9. Pw

Domain alternative terakhir adalah domain PW yaitu akronim dari Professional Website. Domain ini pertama kali muncul pada tahun 1997 yang merupakan Top Domain Level Negara Palau. Namun, pada tahun 2003 mulai diperkenalkan untuk khalayak umum dan memperoleh pengguna baru sebanyak 250 ribu di bulan pertama dan 50 ribu di bulan selanjutnya. 

Apa Saja keuntungan menggunakan domain alternatif?. Domain alternatif memiliki banyak kegunaan dan keuntungan, salah satunya harga untuk memperolehnya lebih terjangkau. Memang banyak domain yang lebih terkenal dibandingkan dengan domain alternative di atas, namun harga yang ditawarkan relatif tinggi dan sulit dijangkau. 

Selain itu, menggunakan domain alternative memberikan kualitas yang sama dengan domain pada umumnya. Meskipun harganya lebih murah, namun kualitas yang dimiliki kedua domain tersebut sama saja. Keduanya memiliki potensi yang sama pada mesin pencarian sehingga traffic juga akan sama. 

Hal ini menghilangkan anggapan bahwa domain alternative memberikan pengaruh buruk untuk kualitas website. Itu terbukti dari tak jarang perusahaan besar dan brand ternama juga menggunakan domain alternatif untuk memperkenalkan produknya. 

Itulah tadi beberapa alternatif domain yang dapat Anda gunakan. Meskipun dikatakan sebagai alternatif namun fungsi dan kegunaannya juga sama dengan domain pada umumnya. 

Baca Juga : Second Level Domain Adalah: Pengertian & Tips Memilihnya