fbpx

Second Level Domain Adalah: Pengertian & Tips Memilihnya

Anda masih bingung dengan dan top ? Tidak perlu kuatir karena sebelumnya kita sudah membahas mengenai Top Level (TLD). Second Level Domain adalah elemen dari sebuah domain yang letaknya tepat di depan TLD.

Secara sederhana SLD juga dapat kita artikan sebagai alamat ataupun nama dari yang Anda registrasikan. Jika mengambil contoh second level domain dari website kami .com, maka TLD nya adalah .com sedangkan SLD nya adalah dewabiz.

Mengapa Second Level Domain Penting?

Second Level Domain Adalah

Salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan web Anda adalah menentukan nama SLD yang tepat karena SLD merupakan wajah dari yang ingin Anda tampilkan. Itulah sebabnya Anda harus memilih SLD yang menunjukkan jati diri web Anda agar pengunjung dapat langsung mengenalinya.

Second level domain contoh umumnya adalah .com, karena memang perusahaan ini memiliki branding yang sudah mendunia. Pemilihan nama yang tepat dapat mempromosikan merek Anda secara lebih cepat sehingga bermanfaat untuk Anda. 

Selain itu, SLD yang tepat akan memberi kesan pertama yang baik sehingga dapat menarik lebih banyak pengunjung. Jadi, penting sekali bagi Anda untuk menentukan nama seakurat mungkin agar web Anda semakin dikenal luas.

Tips Menentukan Nama Second Level Domain

contoh second level domain

Untuk membantu Anda menentukan SLD terbaik, maka Anda dapat mempertimbangkan tips berikut ini:

Baca Juga :  Addon Domain: Buat Website Baru Tanpa Domain Baru

1. Memilih Nama yang Mudah Diingat dan Diucapkan

Usahakan untuk memilih SLD Anda dengan nama atau kata yang gampang diingat sehingga pengunjung mudah mengingatnya jika ingin mengunjungi web Anda kembali. Nama yang unik juga dapat Anda pilih agar menarik perhatian pengunjung. 

Namun, untuk memenuhi aturan yang ada maka Anda harus memastikan jika nama tersebut mewakili web Anda.  Contoh nama domain yang unik, mudah diingat sekaligus mewakili mereknya antara lain twitter, Facebook dan CNN.

2. Buat Nama Sesingkat Mungkin

Dalam pemilihan nama domain, maka harus Anda ingat bahwa akan lebih baik apabila Anda memilih nama sesingkat mungkin. Pasalnya, mudah untuk mengingat nama yang singkat sehingga memudahkan pengunjung ketika ingin mencari atau mengunjungi web Anda. 

Bagi yang sedang mencari nama SLD maka Anda dapat menggabungkan beberapa kata atau menghilangkan salah satu karakter tanpa mengurangi artinya.

3. Hindari Memakai Karakter yang Tidak Umum

Tips ketiga adalah hindari menggunakan karakter yang tidak umum karena membuat orang sulit mengingatnya. Alhasil, pengunjung bisa saja salah menuliskan nama web Anda sehingga merugikan Anda. Pilih nama SLD dengan hanya menggunakan huruf saja agar lebih gampang kita inat.

4. Hindari Menggunakan Nama yang Sudah Menjadi Trademark

Ketika memilih nama SLD pastikan bahwa nama tersebut tidak sama dengan nama yang sudah memiliki merek dagang agar Anda terhindar dari masalah hukum. Salah satu cara yang dapat Anda maksimalkan adalah dengan menggunakan tool dalam mencari nama yang tepat. 

Pasalnya, tool ini akan menunjukkan apakah nama yang Anda pilih tersedia atau tidak sehingga aman untuk Anda pilih.

5. Pilih Nama yang Dapat Bertahan Lama

Selain keempat tips di atas, hindari memilih nama domain yang hanya bertahan sesaat karena pastinya Anda ingin web Anda berhasil hingga beberapa tahun ke depan, bukan? 

Baca Juga :  Ketahui Jenis-jenis Domain dan Fungsinya

Untuk itu, pastikan bahwa Anda memilih nama domain yang tahan lama sehingga tetap relevan dan mewakili Anda hingga beberapa tahun ke depan.

Karena Second Level Domain adalah alamat web yang Anda registrasi dan memiliki peran penting dalam kelangsungan usaha Anda maka Anda harus menentukan nama terbaik untuk hasil yang maksimal. 

Jika menemui kesulitan dalam memilih SLD untuk web Anda, maka Dewabiz bisa memberi solusi bagi Anda. Silahkan klik link berikut agar dapat berkomunikasi dengan tim kami.