fbpx

Order Now - Dedicated Server High Performance

General

Ketahui Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Yang Efektif

Yodik Prastya

Saat ini, bisnis sangat membutuhkan peran dari digital marketing untuk memastikannya tetap sustain. Hal ini pun disadari oleh banyak orang dengan menerapkan berbagai strategi digital marketing untuk bisnis yang mereka miliki.

Strategi digital marketing yang mereka gunakan juga bervariasi. Ada yang berjualan lewat media sosial, email, dan bahkan berjualan lewat Google. Metode pemasaran dengan cara ini jelas cukup efektif karena audiens yang bisa dicapai memang lebih luas.

Strategi Digital Marketing untuk Bisnis

Ada cukup banyak strategi yang umumnya diterapkan untuk mencapai tujuan suatu bisnis, yakni keuntungan. Cek lengkapnya di sini:

1. Penerapan SEO

SEO atau Search Engine Optimization yakni metode yang dimanfaatkan untuk pembuatan website agar ada di ranking pertama mesin pencarian Google.

SEO ini tujuannya agar traffic website lebih tinggi atau kunjungan ke website-mu lebih banyak. Hal mendasar yang dipraktikkan yakni pengoptimalan pemakaian keyword/kata kunci serta pembaharuan website.

Mesin pencari memang akan memanfaatkan keyword, algoritma, frasa, dan pembaharuan dalam menentukan peringkat situs di ranking pertama. Maka dari itu, pemahaman terhadap strategi ini wajib kamu kuasai.

Jika ingin mencobanya, silakan terapkan ini:

  • Penggunaan kata kunci khusus di laman website/konten.
  • Memasukkan link satu lama ke laman yang lain atau penerapan internal link.
  • Pembuatan backlink.
  • Pemakaian tools tambahan seperti Google Search Console atau Google Analytics agar bisa menganalisis traffic situsmu.

Setelah menerapkan strategi ini dan ada perkembangannya, kamu bisa deh bentuk tim untuk menangani SEO website tersendiri.

2. Pakai Pay-Per-Click Adversiting

PPC atau pay-per-click adalah metode pemasaran yang mengharuskan pengiklan membayar setiap iklan diklik oleh users. Biasanya iklan ini ada di laman pencarian Google saat memakai layanan Google Ads.

PPC ini tujuannya agar lebih banyak orang yang mencari di Google memakai keyword tertentu. Nah, di laman pencarian nantinya websitemu akan muncul. PPC ini adalah strategi yang bisa memberikan dampak besar.

Pasalnya, website milikmu akan berada pada bagian teratas yang bisa membantumu untuk memperoleh pelanggan secara langsung. Mirip dengan tujuan penerapan SEO. Bedanya PPC ini bayar setiap iklan diklik dan SEO sifatnya bukan iklan.

3. Content Marketing

Content marketing ini tujuannya agar bisa menjangkau, melibatkan, juga terhubung dengan calon konsumen lewat banyak konten. Selain itu agar brand awareness dari bisnis mengalami peningkatan.

Konten yang bisa dibuat itu banyak. Bisa artikel di blog, video, infografis, ataupun konten lainnya. Untuk pembuatan konten ini, baiknya dipadukan dengan SEO. Dengan begitu, kontenmu akan lebih mudah dicari dan ditemukan di laman pencarian.

Selain itu, kamu pun harus membuat konten yang bisa memberikan kesan bagi audience. Tentu bisa dengan membuat konten menarik juga berkualitas. Konsumen akhirnya bisa percaya pada bisnismu.

4. Pemanfaatan Social Media Marketing

Media sosial jadi platform agar bisa terhubung dengan audiens dalam membangun merk bisnis, meningkatkan penjualan, juga bisa mengarahkan pada traffic website. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya untuk berjualan dan memasarkan produk yang dibuat.

Kamu bisa pakai Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan banyak lagi. Isilah dengan konten yang sesuai dengan media sosialnya. Ada beberapa strategi yang bisa diterapkan:

  • Bangun hubungan kuat dengan pelanggan.
  • Analisis kompetitor.

Penutup

Dengan berbagai strategi digital marketing untuk bisnis di atas, brand milikmu bisa lebih dikenal. Jika berhasil, maka hal bernama keuntungan besar mulai bisa kamu dapatkan.

Baca Juga