Perbedaan Unmetered Hosting Dengan Unlimited Hosting

Perbedaan Unmetered Hosting Dengan Unlimited Hosting

Anda sedang mencari tahu perbedaan unmetered hosting dengan unlimited hosting? Nah, DewaBiz punya jawabannya untuk Anda! Di era digital ini, kecepatan merupakan elemen terpenting agar bisa standout di dunia internet. Nah salah satu indikator yang dapat menentukan kesuksesan website dari segi kecepatan yaitu bandwidth.

Jika Anda mengunjugi website hosting berkualitas seperti DewaBiz, Anda akan menemukan berbagai paket hosting dengan bandtwidth didalamnya. Sayangnya, bandwidth termasuk salah satu elemen yang sering dilupakan oleh pembeli hosting. Padahal jika ditilik lebih jauh, ada banyak hal terkait bandwidth yang mesti dipelajari.

Nah selain limited bandwidth, ada dua jenis bandwidth lain yang berkaitan dengan hosting yaitu unlimited dan unmetered. Banyak pembeli hosting yang belum paham apa perbedaan unmetered hosting dan unlimited hosting. DewaBiz punya jawabannya, khusus untuk Anda!

 

Perbedaan Unmetered Hosting Dengan Unlimited Hosting – Apa Itu Bandwidth?

Perbedaan Unmetered Hosting Dengan Unlimited Hosting

Sebelum kita membahas perbedaan unmetered hosting dan unlimited hosting, ada baiknya Anda paham dulu apa itu bandwidth. Dalam perspektif hosting untuk website, bandwidth berarti sejumlah data yang dapat ditransfer website pada user/visitor. Data ditransfer dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Nah penyedia website biasanya menawarkan paket hosting dengan bandwidth limited (terbatas). Bandwidth limited ini dikalkulasikan dan dijual berdasarkan jumlah gigabyte data.

Namun hari ini, semakin banyak penyedia hosting yang menawarkan unlimited hosting. Sesuai namanya, unlimited hosting berarti hosting dengan jumlah bandwidth yang tak terbatas. Namun perlu Anda ketahui, ada jenis hosting lain yang sering dianggap ‘kembaran’ oleh orang-orang yaitu unmetered hosting.  Untuk mengetahui perbedaanya, Bizzie bisa cek di bawah ini!

 

Apa Itu Unmetered Hosting?

Untuk mengetahui perbedaan unmetered hosting dengan unlimited hosting, mari kita bahas unmetered hosting terlebih dahulu. Jika ditilik dari namanya, mungkin Anda sudah bisa menebak apa definisinya. Unmetered hosting merupakan layanan hosting dimana traffic masuk dan keluar tidak diukur. Mari kita bandingkan unmetered hosting dengan metered hosting. Nah metered hosting ini ada batasannya, khususnya dalam hal kecepatan server. Jumlah data yang Anda transfer memang tidak terbatas, namun kecepatan servernya terbatas.

Baca juga: Pindah ke Layanan VPS Hosting? Perhatikan Panduan Berikut Ini!

Selain itu perlu Anda ketahui, metered hosting ini berarti sejumlah data yang dimonitor oleh pihak penyedia hosting. Jadi meskipun kesannya bebas, namun tetap saja biayanya dihitung dari bandwidth yang habis. Batasan ini terkait kapasitas bandwidth yang ada pada NIC (network interface controller) yang ada di VPS atau dedicated server.

Berbeda dengan unmetered hosting dimana pihak penyedia hosting tidak memonitor bandwidth yang dihabiskan. Tidak ada batasan jumlah data yang bisa ditrasfer, sehingga cocok untuk website yang sedang mengalami kenaikan traffic, namun tidak tahu jumlahnya dengan pasti. Nah pengguna hanya perlu membayar dengan harga flat, tidak ada tambahan biaya apapun karena memang tidak ada monitoring bandwidth.

 

Apa Itu Unlimited Hosting?

Apa itu unlimited hosting? Apakah memang sesuai namanya yang benar-benar tidak terbatas? Ya, jika Anda membeli unlimited hosting, itu artinya Anda mendapatkan paket ‘all-in-one’ yang unlimited. Anda mendapatkan bandwidth dan ruang penyimpan unlimited, dan juga bisa memasukan domain dan website berapapun yang Anda mau.

Namun perlu Anda catat, unlimited disini menjadi agak ambigu khususnya jika dikaitkan dengan bandwidth. Anda memang bisa mentrasfer data berapapun yang Anda mau, namun soal kecepatan beda lagi. Kecepatan transfer data memang cepat, namun dibutuhkan waktu agar data tersebut bisa sampai. Nah sebutan paling pas untuk unlimited hosting yaitu hosting dengan kecepatan super.

 

Pilih Unmetered atau Unlimited Hosting?

Pada dasarnya, baik itu unmetered ataupun unlimited hosting, keduanya menawarkan layanan hosting yang berkualitas. Betapa tidak, keduanya memungkinkan Anda untuk mengoptimasi website lebih maksimal lagi, khususnya yang berhubungan dengan transfer data. Perbedaan diantara keduanya sangatlah tipis. Jadi Anda bebas memilih, apakah mau memilih unmetered hosting atau unlimited hosting. Keduanya sama-sama worth it kok!

 

Nah sekian artikel mengenai perbedaan unmetered hosting dengan unlimited hosting. Kami harap wawasan Anda semakin terbuka lebar, khususnya mengenai VPS hosting. Jika Anda punya pertanyaan mengenai VPS hosting, jangan ragu untuk berkomentar di bawah ini ya! Anda juga bisa menghubungi IT support dari DewaBiz untuk mendapatkan jawaban yang lebih terperinci. Oke sampai jumpa lagi Bizzie!

 

 

Related Posts