fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEO

10 Teknik Mengoptimalkan Local Seo untuk Bisnis

Yanti puspita

Local seo adalah teknik  yang dapat menjadikan bisnismu menjadi favorit dan bintang di wilayahmu. Teknik  ini sangat cocok bagi kamu yang sudah memiliki toko fisik yang bisa di kunjungi konsumen. Tidak harus kantor atau toko, rumah kamu juga bisa di jadikan alamat.

Local seo juga merupakan teknik  yang sangat menarik untuk di optimalkan karena 78% orang yang melakukan pencarian melalui local seo melakukan pembelian offline. Berikut ini akan kkita jelaskan kepada kamu tentang 10 teknik mengoptimalkan local seo untuk bisnis.

10 Teknik Mengoptimalkan Local Seo untuk Bisnis

Local seo sangat berbeda dengan SEO pada umumnya, karena perbedaan tujuan antara keduanya. Pelaku bisnis lokal cenderung lebih bahagia jika bisnisnya lebih sering muncul di daftar direktori dan lebih sering di hubungi oleh calon klien di bandingkan jika jumlah kunjungan situs web meningkat.

Teknik  local seo apa yang dapat membuat bisnis lokal kamu lebih mudah di temukan? Di bawah ini penjelasannya:

1.      Lengkapi Profil Local Seo Google My Business

Sebenarnya local seo bisa di lakukan di berbagai platform mesin pencari. Namun di Indonesia, 96,84% pengguna internet masih menggunakan platform mesin pencari. Sedangkan mesin pencari lainnya hanya menguasai kurang dari 2%.

Oleh karena itu, di sarankan untuk mulai menerapkan local seo dengan mengoptimalkan Google My Business. Jika ingin bisnismu muncul di snack box, maka kamu harus mendaftar dan memverifikasi bisnismu di Google My Business.

Di Google My Business terdapat beberapa informasi yang perlu kamu lengkapi agar lebih mudah di temukan di pencarian lokal. Yaitu lokasi, nomor telepon, kategori, atribut, jam operasional dan foto.

2.      Riset Keyword

Penggunaan keyword akan sangat memengaruhi local seo menelusuri bisnismu. Penggunaan keyword atau kata kunci yang tepat akan membawa bisnismu menduduki peringkat teratas mesin pencari. Untuk mengetahui keyword mana yang berpotensi mendatangkan banyak calon pelanggan. Kamu bisa menggunakan SEO tools seperti Google Trend dan Google Keyword Planner.

3.      Buat Konten Lokal

Bila pasar kamu adalah masyarakat lokal, maka kamu juga perlu memberikan informasi yang bersifat regional atau lokal. Misalnya saja jika kamu membuka bisnis kafe di Bandung, maka bisa mendalami konten lokal tentang Bandung, misalnya event yang sedang berlangsung, wisata menarik, fakta unik, dan lain-lain.

Kamu bisa mengetahui tren apa saja yang sedang terjadi di masyarakat sekitarmu. Intinya adalah kontenmu harus relevan dengan kebutuhan pengguna sehingga bisnismu mudah di temukan.

4.      Optimasi On-Page SEO

Tujuan dari optimasi SEO on-page adalah untuk memudahkan mesin pencari dalam mengidentifikasi dan menilai konteks konten website dan relevansinya dengan kata kunci. SEO pada halaman tidak selalu tentang headline atau clickbait yang menarik.

Kamu juga dapat mengoptimalkan SEO pada halamanmu dengan menggunakan judul dan subjudul di konten tersebut. Kamu juga dapat menggunakan Alat Webmaster Google untuk melakukan analisis dan memastikan bahwa situs webmu di indeks dengan benar oleh Google.

5.      Analisis Pesaing

Menganalisis pesaing akan membantumu mengembangkan rencana atau teknik. Kamu dapat melakukan ini dengan mengunjungi situs pesaing dan melihat sumber serta kata kunci yang mereka gunakan. Kamu bisa menganalisa konten yang di buat, apa kelebihan dan kekurangannya. Nantinya ini akan menjadi teknik  yang cukup kuat untuk mengalahkan kompetitormu.

6.      Tingkatkan Performa Link

Link eksternal (backlink) yang mengarah ke websitemu itu sangat penting. Karena semakin banyak link dari website lain ke websitemu, maka semakin banyak skor otoritas domain yang akan di kumpulkan.

Hal ini bagus karena akan menunjukkan relevansi konten yang baik kepada pengguna sehingga berpotensi masuk hasil pencarian teratas. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan internal link untuk membantu meningkatkan page authority, yaitu saat pengguna menghabiskan lebih banyak waktu di websitemu.

7.      NAP yang Konsisten

NAP meliputi nama, alamat dan nomor telepon. Langkah ini sekilas terlihat sangat sederhana, namun akan berdampak besar dalam memenangkan algoritma Google. Jadi, aplikasi NAP ini konsisten di berbagai platform bisnis, mulai dari Google Mu Business atau Google My Business, website, hingga media sosial.

8.      Perhatikan Ulasan Konsumen

Review atau ulasan erat kaitannya dengan local seo. Banyak di antara kita yang ketika mencari informasi selalu mengecek review terlebih dahulu. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan melihat interaksi yang di lakukan bisnis dengan pelanggannya. Jumlah dan variasi ulasan merupakan dua indikator penting yang menunjukkan kredibilitas suatu bisnis.

9.      Pastikan Website Mobile-Friendly

Orang yang mencari sesuatu di perangkat menggunakan local seo biasanya menggunakan perangkat seluler. Jika websitemu tidak mobile friendly, maka akan ada calon konsumen yang sudah melihat websitemu, namun kecewa karena sulitnya mencari informasi di perangkat mobile.

10. Melakukan Audit Performa

SEO pada dasarnya adalah teknik berkelanjutan, jadi di perlukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui apakah pengoptimalan berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk audit, kamu dapat menggunakan alat Google Analytics. Jadi kamu dapat mengevaluasi semuanya mulai dari keakuratan informasi Google My Business, peringkat situs web, hingga kinerja link yang kamu gunakan.

Alasan Local Seo Bisa Mendatangkan Pelanggan Baru

Local seo efektif mendatangkan pelanggan baru ke bisnismu. Bisnis lokal sebaiknya mulai menerapkan teknik local seo agar bisnisnya lebih mudah di temukan di mesin pencari. Mengapa local seo bisa efektif menarik pelanggan baru? Berikut ini penjelasannya:

1.      Pelanggan Mencari Produk/Layanan Lokal melalui Internet

Saat ini adalah era informasi yang di kendalikan oleh internet. Masyarakat cenderung mencari informasi melalui internet, termasuk mencari produk dan jasa yang mereka butuhkan. Dengan menerapkan local seo, bisnis kamu dapat memperoleh pelanggan baru dengan lebih mudah.

2.      Pemasaran Pencarian Lokal Ditargetkan dan Tepat Waktu

Orang-orang melakukan penelusuran lokal karena ingin menemukan bisnis di dekat mereka. Selain itu, alasan lainnya adalah ingin mencari produk atau jasa. Banyak pencari lokal mencari nama bisnis tertentu tetapi banyak yang tidak menyebutkan nama bisnis tertentu saat mereka melakukan pencarian.

Dengan mempelajari local seo, kamu bisa mendapatkan posisi yang lebih baik untuk bisnismu dan mempromosikan apa yang kamu tawarkan kepada pelanggan lokal ketika mereka mencari bisnis serupa dengan kamu. inilah saat yang tepat untuk terhubung dengan calon pelanggan ketika mereka benar-benar membutuhkan jasa/produkmu.

3.      Hanya Sedikit yang Mendaftarkan Bisnisnya di Google My Business

Google My Business adalah listingan gratis yang di sediakan oleh Google untuk bisnis. Dengan mendaftar di Google My Business, peluang kamu untuk muncul di hasil pencarian lokal menjadi lebih tinggi. Selain itu, banyak bisnis lokal tampaknya tidak menyadari pentingnya pemasaran online. Hal ini memberikan kamu peluang untuk memenangkan persaingan antar pengusaha dan menjadikan bisnismu lebih kompetitif.

4.      Jumlah Pengguna Internet Semakin Meningkat

Semakin banyak pelanggan menggunakan hp cerdas atau tablet mereka untuk menemukan lokal seo terbaik saat mereka ingin melakukan pencarian. Faktanya, media digital seluler di kini lebih tinggi 51% di bandingkan pengguna desktop yang hanya 42%.

Sekian penjelasan dari kami mengenai 10 teknik mengoptimalkan local seo untuk bisnis dan alasannya bisa mendatangkan pelanggan baru. Semoga bermanfaat!

Baca Juga