fbpx

7 Cara Mudah Menghilangkan Malware 

Pasti dari beberapa bizzie pernah mengalami atau laptop terkena serangan . Akan tetapi untuk saat ini tidak perlu merasa khawatir ketika terkena serangan malware, karena banyak cara yang dapat digunakan. 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara mudah menghilangkan malware. Sedangkan untuk bizzie yang penasaran bisa langsung simak lebih lengkapnya di bawah ini. 

7 Cara Mudah Menghilangkan Malware 

Seperti yang sudah dijelaskan pada sebelumnya bahwa ada beberapa cara mudah menghilangkan malware. Untuk beberapa cara yang dapat digunakan oleh bizzie adalah:

1. Sudah Mempunyai Backup 

Cara mudah menghilangkan malware yang pertama harus memastikan bahwa sudah mempunyai backup terlebih dahulu. Usahakan pada saat akan menghilangkan malware sudah menyediakan backup komputer maupun laptop. 

Untuk melakukan backup data ini bisa dilakukan dengan menggunakan harddisk eksternal maupun . Sehingga di saat terjadi beberapa hal yang tidak diinginkan semua data akan tetap aman dan terjaga.  

2. Melakukan Pemutusan Koneksi Internet 

Cara mudah menghilangkan malware kedua bisa dengan melakukan pemutusan . Apabila komputer atau laptop sudah terhubung dengan internet bisa memutuskan terlebih dahulu. 

Dengan laptop atau komputer yang terhubung dengan koneksi internet akan menjadi celah malware akan menyerang secara cepat. Dengan melakukan cara kali ini untuk menghindari transmisi data dari komputer terhadap pihak lain. Satu hal pentingnya lagi yaitu dengan adanya koneksi internet dapat dijadikan celah untuk masuknya malware. 

3. Menggunakan Safe Mode 

Cara mudah menghilangkan malware ketiga bisa dengan menggunakan Safe Mode. Safe Mode yaitu suatu pilihan ketika akan menjalankan windows yang akan digunakan. Sehingga dengan cara kali ini dapat memperbaiki kerusakan yang sedang terjadi di perangkat. 

Baca Juga :  Panduan Lengkap Cara Memindahkan Hosting Website Antar Cpanel

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada laptop atau komputer adalah terjadi serangan malware. Ada beberapa hal yang harus dilakukan di saat akan menggunakan Safe Mode yaitu:

  • Langkah pertama, bisa langsung melakukan restart komputer maupun laptop. 
  • Langkah kedua, langsung saja menekan F8 di bagian keyboard. 
  • Langkah ketiga, tunggu sesaat sampai dengan muncul Safe  Mode. Ada tiga jenis yang harus diketahui yaitu safe mode, safe mode with networking dan safe mode with command prompt. 
  • Langkah keempat, bizzie langsung saja memilih safe mode. 

4. Melakukan Penghapusan Temporary File

Pada cara mudah menghilangkan malware kali ini biasanya dilakukan adalah menghapus temporary file terlebih dahulu. Untuk langkah tersebut harus dilakukan sebelum scanning secara menyeluruh. 

Dengan hal tersebut perlu dilakukan supaya dapat mempercepat pada saat proses scanning. Selain itu, dengan menghapus temporary file juga dapat meringankan disk space dan menghapus beberapa file malware. 

Ketika menggunakan windows 10 bizzie bisa melakukan hapus temporary file dengan menggunakan fitur disk cleanup. Untuk menemukan alat tersebut bisa langsung mencarinya pada search bar. Setelah itu, bizzie bisa langsung memilih mana yang ingin dilakukan pembersihan. 

5. Melakukan Scan Pada Perangkat Dengan Menggunakan Anti Malware 

Cara mudah menghilangkan malware kelima bisa dengan melakukan scan pada perangkat dengan menggunakan atau . Apalagi untuk bizzie yang sudah mempunyai software anti virus sudah terpasang di komputer atau laptop bisa langsung saja menggunakan secara menyeluruh. 

Untuk proses scanning pada laptop atau komputer dapat berlangsung dengan kurang lebih selama 15 menit – 1 jam. Bizzie cukup menunggu sampai dengan proses scanning selesai. Pada software atau aplikasi tersebut akan otomatis menghapus semua malware yang ada di laptop maupun komputer.

Baca Juga : Cara Menggunakan Gutenberg WordPress Aman dan Cepat

6. Menggunakan Windows Defender 

Cara mudah menghilangkan malware keenam adalah dengan menggunakan windows defender. Satu hal yang harus diketahui bahwa tidak semua komputer atau laptop sudah mempunyai software atau aplikasi anti malware. 

Baca Juga :  Cara Nonton Youtube Tanpa Kuota dengan Mode Pesawat dengan Mudah

Apabila bizzie termasuk di salah satunya tidak perlu merasa khawatir lagi, karena sudah bisa dengan menggunakan Windows Defender. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk dapat menggunakan cara satu ini. Untuk beberapa langkah tersebut adalah:

  • Langkah pertama, bizzie bisa langsung saja masuk pada settings, update dan security, dan windows defender. 
  • Langkah kedua, tidak perlu memakai lama langsung saja mengetikkan windows defender pada search bar. 
  • Langkah ketiga, memilih open windows defender dan langsung memberikan klik pada virus dan threat. 
  • Tunggu sampai dengan proses scanning virus benar-benar sudah selesai. 

7. Menghapus Beberapa Program yang Tidak Dikenal 

Cara mudah menghilangkan malware ketujuh bisa dengan melakukan penghapusan pada beberapa program yang tidak dikenal. Untuk cara kali ini dapat dilakukan setelah proses scanning malware sudah benar-benar selesai. 

Pada waktu tersebut sudah tiba saatnya untuk bizzie menghapus beberapa software atau program yang mencurigakan. Bizzie sangat disarankan untuk melihat daftar program atau software terlebih dahulu mana yang sudah berhasil di install. 

Sehingga pemilik komputer atau laptop bisa mengerti mana software yang dikenal maupun tidak. Di saat akan melakukan pengecekan juga harus melalui beberapa langkah terlebih dahulu yaitu:

  • Langkah pertama, bizzie bisa langsung saja membuka file explorer dan langsung memilih menu this pc, komputer dan uninstall or change a program. Bizzie juga dapat membuka melalui windows settings dan apps. 
  • Lakukan pengecekan satu persatu pada setiap program yang sudah terdaftar. Ketika ada beberapa program yang tidak dikenal bisa langsung saja di uninstall. 

Nah, itu dia beberapa cara mudah menghilangkan malware pada komputer maupun laptop. Besar harapan dengan penjelasan tersebut dapat membantu kalangan masyarakat yang akan menghilangkan malware atau virus. 

Baca Juga : Cara Setting WP Super Cache Agar Lebih Cepat