fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Website

5 Website untuk Merangkum Materi Secara Mudah dan Simple

Wiliam

Membaca adalah satu kegiatan yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari sumber bacaan. Saat ini banyak sumber yang dijadikan sebagai alat agar mendapatkan informasi melalui membaca. Tidak hanya sekedar membaca buku saja, akan tetapi banyak media online atau website yang bisa memberikan banyak informasi dengan cara membaca.

Namun, satu permasalahan yang sampai dengan saat ini sering terjadi adalah banyak bacaan yang terlalu pada isinya. Alhasil tidak sedikit orang yang merasa kurang tertarik untuk membaca informasi dari sumber tersebut.

Seiring berkembangnya dan kemajuan teknologi informasi, kini banyak sekali macam-macam cara yang bisa digunakan untuk merangkum sumber bacaan secara cepat. Ada satu cara yang bisa bizzie gunakan, yaitu menggunakan website untuk merangkum materi.

7 Website untuk Merangkum Materi

Tidak hanya sekedar di sekolah saja, bizzie juga bisa memanfaatkan waktu dirumah untuk belajar mandiri. Sebagai berikut beberapa rekomendasi website untuk merangkum yang bisa bizzie pilih:

1. Studiobelejar.com

Website untuk merangkum pertama yang bisa bizzie gunakan Studiobelajar.com. Bizzie juga bisa mengakses Studiobelajar.com di dlaam bentuk website maupun aplikasi. Apabila, bizzie menggunakan situs web maka hanya bisa mengakses di bagian ringkasan materi saja. Sedangkan untuk bizzie yang ingin menggunakan aplikasi bisa juga mengakses materi beserta power point.

2. Bospedia

Bagi bizzie yang sering mendapatkan tugas kuliah membuat makalah atau menulis skripsi, maka membutuhkan referensi untuk bahan penulisan. Maka dari itu, untuk website yang cocok dipilih adalah Bospedia.

Pada saat bizzie menggunakan Bospedia juga akan menyediakan beberapa soal untuk latihan ujian dan persiapan Ujian Nasional (UN). Di dalam website tersebut, bizzie bisa menemukan banyak sekali skripsi terbaru dan bisa di download untuk bahan referensi. Tema dan judul yang diberikan oleh Bospedia ini juga sangat beragam, karena ada klasifikasi berdasarkan jurusan dan fakultas.

3. Unacademy.com

Website untuk merangkum materi selanjutnya, yaitu Unacademy.com. Di dalam website yang satu ini bisa memberikan pembelajaran kepada penggunanya dengan bentuk video interaktif dan memilih guru sesuai dengan keinginan.

Bizzie juga bisa download file pdf materi dan menentukan target studi mana yang sedang dibutuhkan. Contohnya, untuk keperluan ujian SBMPTN. Jadi, bizzie juga bisa lebih fokus dan semangat belajar.

4. Among Guru

Pada website untuk merangkum materi Among Guru ini juga menyediakan berbagai macam informasi, baik itu pendidikan, kesehatan dan event dunia. Di dalam aplikasi yang satu ini mempunyai banyak fitur, seperti kurikulum, alat pembelajaran, bank soal dan bahan artikel.

Bagi bizzie yang sedang berada di dalam jurusan IPA sangat cocok untuk memilih website Among Guru. Ada banyak sekali macam-macam materi pembelajaran Biologi, Fisika dan Kimia di dalam Among Guru.

Selain itu, Among Guru juga menyediakan berbagai soal latihan untuk ulangan harian UTS sampai dengan UN. Disini bizzie bisa menemukan berbagai eksperimen sains yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi untuk mengerjakan tugas praktek.

5. Bank Soal Kemendikbud

Website untuk merangkum materi selanjutnya, yaitu Bank Soal Kemendikbud. Di dalam website kali ini ada berbagai materi pembelajaran dari jenjang SD sampai dengan SMK. Bahkan, untuk aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi guru di dalam melakukan evaluasi pembelajaran.

Hasil rangkuman maupun kumpulan soal yang sudah ada di Bank Soal Kemendikbud ini hasil karya dari guru yang sudah terdaftar di Rumah Belajar. Ketika bizzie membuka halaman tersebut, maka akan muncul daftar mata pelajaran di dalam berbagai level.

Pada saat mengerjakan soal, bizzie juga diberikan durasi waktu di dalam proses mengerjakannya. Ketika ingin mencoba latihan soal di mata pelajaran lainnya, maka bisa kembali lagi di dalam menu utama dan memilih pembelajaran sesuai kebutuhan.

Tips Untuk Membuat Rangkuman Materi

Meski terkadang dianggap mudah oleh beberapa orang. Akan tetapi, untuk proses merangkum materi ini tidak semudah apa yang dibayangkan oleh kebanyakan orang.  Bahkan, kebanyakan orang yang membuat rangkuman materi asal-asalan begitu saja.

Alhasil untuk orang yang membaca rangkuman materi tersebut tidak paham dan justru bingung. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat rangkuman materi, sebagai berikut:

1. Membaca Semua Materi

Sebelum melakukan rangkuman materi, maka bizzie disarankan untuk membacanya terlebih dahulu secara keseluruhan. Dengan begitu, bizzie bisa mengerti mana poin-poin utama pembahasan yang akan dirangkum.

Bizzie juga bisa menggunakan teknik membaca cepat untuk mengetahui semua materi secara umum yang akan dirangkum. Jadi, bizzie bisa memilah bagian mana yang akan dicatat dan bagian tidak penting untuk diperhatikan.

2. Menandai Pada Bagian Pokoknya

Setelah menemukan ide pokok atau gagasan utama yang akan dibahas. Maka, bizzie bisa menggunakan stabilo untuk menonjolkan ide pokok dari rangkuman materi tersebut agar lebih mudah memahami materi yang akan dirangkum.

Hasil dari rangkuman materi tersebut juga akan lebih mudah dipahami dan rapi. Untuk membuat ringkasan materi, bizzie juga bisa menggunakan alat tulis berwarna lain sesuai yang dimiliki.

3. Menuliskan Ringkasan Materi dengan Singkat dan Jelas

Untuk tips yang paling akhir di saat akan membuat rangkuman materi, yaitu menuliskan secara ringkas dan jelas. Artinya, untuk bizzie bisa langsung saja menuliskan ide pokok maupun gagasan utama dari materi dengan bahasa singkat dan jelas. Jangan sampai menuliskan rangkuman materi yang bertele-tele dan sulit dipahami oleh pembaca.

Nah, itulah dia penjelasan lengkap mengenai 5 website untuk merangkum materi dan tips yang bisa bizzie gunakan. Semoga bisa membantu bizzie yang ingin melakukan rangkuman materi.

Baca Juga