fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

5 Aplikasi Video Enhancer Gratis Terbaik

dewabiz

Dewasa ini, konten berbentuk video telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam hidup sehari-hari. Video di siaran televisi, berita, iklan, kegiatan sehari-hari, dan yang paling populer saat ini yaitu platform YouTube dan TikTok.

Akan tetapi, seringkali ditemukan video yang kurang berkualitas di platform-platform tersebut, Kualitas video yang kurang memuaskan dapat mengganggu pengalaman penonton saat menikmati konten video. Kita sebagai penerima informasi pun tidak akan nyaman untuk menonton video yang kualitas nya buruk.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kualitas video yang rendah termasuk goyangan kamera saat merekam, pencahayaan yang tidak memadai, atau mungkin perangkat yang digunakan memiliki spesifikasi yang terbatas.

Namun, dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, terdapat beberapa solusi yang efektif untuk meningkatkan kualitas video yang buruk. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi peningkat kualitas video yang juga disebut video enhancer.

Kami akan membahas beberapa aplikasi video enhancer terbaik di artikel ini.

Aplikasi Video Enhancer Terbaik

1. Media.io

Media.io adalah sebuah platform online yang menyediakan berbagai fitur editing media digital yang mudah digunakan.

Salah satu fitur terbaik aplikasi ini adalah video enhancer. Dengan menggunakan Media.io, Anda dapat mengunggah video yang kualitasnya rendah dan sistem Media.io (menggunakan AI) akan meningkatkannya menjadi video dengan kualitas yang lebih baik.

Fitur-fitur Media.io

Media.io adalah alat pengeditan berbasis web online gratis yang dapat meningkatkan kualitas foto, audio dan video secara instan dan kompatibel dengan semua perangkat.

Penghapus Watermark

Penghapus watermark aplikasi ini sangatlah mudah digunakan dan orang awam tidak memerlukan pengalaman untuk langsung mencobanya! Cukup unggah file video, pilih area watermark, dan hapus watermark. Ampuh untuk menghapus semua objek yang tidak disukai di dalam video, apakah Anda ingin menghapus watermark statis atau dinamis.

Image Upscaler

Alat ini dapat menghilangkan keburaman dari foto, seperti keburaman gerakan yang disebabkan oleh kamera yang goyah, dan meningkatkan kualitas gambar dengan penyempurnaan seperti penyesuaian warna dan penyeimbangan pencahayaan.

Video Enhancer

Media.io menggunakan algoritma dan teknik yang canggih untuk meningkatkan kualitas video. Dalam banyak kasus, hasilnya memuaskan dengan perbaikan yang signifikan pada kualitas video

Dukungan format video yang luas: Media.io mendukung berbagai format video populer, seperti MP4, AVI, MOV, dan lainnya. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah video dalam format yang mereka pilih.

Cara meningkatkan kualitas video menggunakan Media.io sangat mudah dan cepat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs web Media.io
  • Gerakkan cursor ke bagian menu beranda dan pilih bagian “video tools” dan klik video enhancer
  • Untuk melanjutkan, klik “Upload video”
  • Upload video yang Anda ingin tingkatkan kualitasnya, media.io akan memproses video secara otomatis
  • Setelah proses selesai, unduh video yang telah ditingkatkan kualitasnya

Kelebihan utama dari Peningkat Kualitas Video Media.io adalah mudah digunakan dan hasil editan video keluarannya sangat bagus. Selain itu, aplikasi dapat memproses video secara cepat dan otomatis. Kekurangannya adalah versi gratis dari video enhancer ini memiliki batasan file, dimana Anda perlu berlangganan versi berbayarnya untuk dapat menggunakan fitur-fitur terbaik platform ini.

2. Filmora

Filmora adalah sebuah aplikasi video editing yang populer, yang menawarkan berbagai fitur untuk meningkatkan kualitas video.

Dirancang untuk digunakan oleh pemula maupun pengguna berpengalaman, Filmora memudahkan siapa pun untuk mengedit dan meningkatkan video dengan hasil yang memukau.

Salah satu keunggulan utama Filmora adalah fitur “Enhancement” yang disediakannya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara otomatis meningkatkan kualitas video dengan satu klik.

Cara meningkatkan kualitas video menggunakan Filmora adalah sebagai berikut:

  • Buka situs web Filmora
  • Unduh software and install
  • Upload video yang Anda ingin tingkatkan kualitasnya, lalu dilanjutkan dengan masuk fitur pengeditan
  • Anda dapat dengan mudah mengubah kontras, saturasi, kecerahan, dan lainnya
  • Setelah itu Anda dapat memilih format resolusi video yang paling bagus, lalu export.

3. Avidemux

Avidemux adalah sebuah aplikasi pengeditan video yang populer dan handal yang dirancang untuk pengguna yang mencari solusi sederhana namun efektif dalam memodifikasi dan meningkatkan video.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pemotongan, penyatuan, konversi, dan perbaikan video dengan mudah.

Nah, untuk meningkatkan kualitas video di Avidemux, Anda dapat menggunakan fituri filter dan pengaturan yang tersedia.

Pengguna dapat melakukan penyesuaian warna, kecerahan, kontras, dan kejenuhan untuk mengoptimalkan tampilan visual video.

Fitur seperti sharpening, denoising, dan deblocking juga dapat digunakan untuk meningkatkan ketajaman, mengurangi noise, dan menghilangkan blok-blok yang tidak diinginkan pada video.

Selain itu, Avidemux juga mendukung berbagai format video dan codec, sehingga pengguna dapat mengimpor dan mengekspor video dalam berbagai format yang kompatibel dengan perangkat mereka.

Pengguna juga dapat mengkonversi video ke format yang berbeda sesuai kebutuhan mereka.

4. Clideo

Clideo adalah sebuah aplikasi video enhancer yang dapat menjadi solusi yang efektif bagi pengguna yang ingin meningkatkan tampilan video mereka.

Clideo memungkinkan pengguna untuk melakukan editing ringan, menambahkan efek, meresize, melakukan crop video, menghilangkan suara, melakukan kompresi video, mengubah orientasi video, membuat enkripsi, dan masih banyak lagi.

Cara meningkatkan kualitas video di Clideo:

  • Buka situs web Clideo
  • Unggah video dengan mengklik tombol “Pilih file” di atas dan impor file ke Video Enhancer di Android, iPhone, PC, atau Mac.
  • Sesuaikan pengaturan video dengan pilihan berikut:
    • Kecerahan – untuk membuat video Anda lebih jelas atau redup.
    • Kontras – untuk membuatnya tajam atau lembut.
    • Saturasi – menambah atau menghilangkan warna.
    • Hue – mengubah warna.
    • Fade – menambahkan “kabut” artistik pada gambar.
    • Vignette – mengatur fokus di bagian tengah bingkai.
  • Jika Anda tidak menyukai hasilnya, klik “Reset semua” dan mulai dari awal.
  • Apabila Anda puas dengan hasilnya, unduh video tersebut atau simpan ke penyimpanan cloud.

Kelebihan utama dari Clideo adalah Anda tidak perlu instalasi software apapun, cukup menggunakan koneksi internet dan Anda dapat langsung meningkatkan video Anda.

5. FonePaw

FonePaw adalah salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas video secara efektif. Dengan berbagai fitur yang ditawarkannya, FonePaw memungkinkan pengguna untuk memperbaiki dan memperbaiki video yang buram, gelap, atau kurang tajam dengan mudah.

Pengguna dapat dengan mudah meningkatkan kecerahan, kontras, dan saturasi video untuk menghasilkan gambar yang lebih hidup dan detail.

Cara meningkatkan kualitas video menggunakan FonePaw adalah sebagai berikut:

  • Buka situs web FonePaw
  • Unduh software and install
  • Masuk ke tab Toolbox dan klik Video Enhancer. Anda akan diminta untuk menambahkan video ke Video Enhancer. Cukup klik tombol “+” lalu telusuri dan pilih file video berkualitas rendah dari komputer Anda.
  • Pilih opsi Penyempurna Video
  • Centang “Resolusi kelas atas” dan Anda dapat memilih format dan resolusi keluaran video di bawah ini. Semakin tinggi resolusinya, semakin jelas output videonya.
  • Apabila Anda puas dengan hasilnya, Anda dapat mengunduh video hasil editan.

Akhir Kata

Kelima aplikasi peningkat kualitas video yang telah dibahas di atas semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Media.io dan Clideo adalah aplikasi online yang mudah digunakan, sedangkan 3 software yang lain merupakan adalah aplikasi yang dapat diunduh dan memiliki fitur pengeditan video yang lebih lengkap.

Filmora dan Avidemux adalah pilihan yang baik untuk pengguna yang ingin pengeditan video lebih lengkap.

Nah, apabila Anda penasaran, silahkan dicoba saja. Masing-masing aplikasi yang dibahas di atas memiliki versi gratis.

***

Baca Juga