fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

5 Software Untuk Membuka File JPG yang Patut Dipahami

Rianda

Saat akan membuka file JPG di hp mungkin bukanlah hal sulit namun berbeda saat akan membuka file JPG di pc. Sebab diperlukan sebuah software untuk membuka file jpg untuk membukanya. Berikut adalah lima rekomendasi yang bisa dijadikan referensi:

1. HoneyView

Software pertama yang bisa digunakan saat akan membuka file JPG atau file foto di windows adalah software Honeyview. Software ini akan membantu para penggunanya bila ingin membuka file JPG. HoneyView ini bukanlah software berbayar yakni bisa digunakan secara gratis.

Selain itu, software ini tak hanya untuk membuka file JPG saja, namun beberapa format juga didukung oleh software ini. Seperti misalnya menggunakan juga bisa membuka file dengan format image seperti PNG, BMP, GIF dan beberapa format image lainnya.

Selain untuk membuka file image, software ini juga bisa digunakan membuka file animation image, dan RAW image. Tak hanya format itu saja namun HoneyView juga bisa digunakan untuk membuka file archive formats. Archive. Seperti file ZIP, RAR dan semacamnya.

2. IrfanView

Lagi-lagi software pembuka file JPG ini juga bisa digunakan secara gratis yakni software bernama IrfanView. Ada banyak sekali file gambar selain file JPG yang bisa dibuka menggunakan IrfanView. Seperti misalnya foto yang memiliki format JP2, JPM, ICO, PPM dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa, software bernama IrfanView ini tak hanya bisa digunakan untuk membuka filenya saja. Namun juga bisa sekaligus mengedit file yang baru saja dibuka. Sebab software tersebut juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur dasar untuk mengedit file JPG.

3. Windows Photo Viewer

Selanjutnya software untuk membuka file jpg yang ketiga bernama Windows Photo Viewer. Bila sebelumnya merupakan software pihak ketiga, maka software ini merupakan bawaan dari windows 7. Jadi saat menerima file JPG bisa langsung dibuka dengan mudah.

Software tersebut juga pernah diklaim sebagai software terbaik bawaan dari windows 7. Sayangnya di windows yang lebih atas, software seperti sudah tidak ada. Namun diganti menjadi Microsoft Photos.

Oleh sebab itu, kadang orang masih membutuhkan software agar dapat membantu dalam membuka file JPG atau file gambar lainnya. Namun meski begitu ada trik bagi pengguna windows 10 yang ingin kembali menggunakan software ini. 

4. Apowersoft Photo Viewer

Keempat ada lagi software yang bisa dipasang pada windows agar mempermudah saat akan membuka file JPG, yakni Apowersoft Photo Viewer. Selain itu, software ini juga tidak memerlukan ruang besar di Windows. Juga bisa digunakan untuk membuka berbagai format image.

Saat file memiliki ukuran yang besar, maka pengguna bisa gunakan fitur full screen untuk membuka file tersebut agar maksimal. Selain itu, beberapa fitur untuk mengedit juga sudah disediakan di dalamnya. Jadi, setelah membuka bisa langsung dilakukan pengeditan.

5. Fastone Image Viewer

Terakhir ada software bernama Fastone Image Viewer, yang bisa digunakan pada windows 10. Tentunya tak hanya file JPG saja yang format yang bisa dibukanya, namun beberapa format lain juga mendukung. Kemudian disediakan juga fitur untuk editing.

Jadi sebelum membuka software edit lain, pengguna bisa memanfaatkan fitur editing yang sudah ada di aplikasi. Beberapa fitur dasar juga disediakan dalam menu editing tersebut. Pastinya akan sangat membantu dalam memaksimalkan file JPG.

Demikian adalah lima software untuk membuka file jpg yang sekiranya dapat pengguna coba. Sebetulnya ada banyak sekali software yang beredar untuk membantu membuka file JPG di windows. Namun tak ada salahnya mencoba software yang sudah dibahas tadi.

Baca Juga