5 Manfaat Instagram Bisnis yang Bisa Anda Coba

5 Manfaat Instagram Bisnis yang Bisa Anda Coba

Dalam melakukan langkah promosi bisnis secara digital, salah satu platform yang bisa dicoba untuk digunakan adalah Instagram Bisnis. Mengapa Instagram Bisnis? Jawabannya karena platform ini bisa dibilang sebagai sebagai salah satu marketing platform yang saat ini sedang digandrungi oleh banyak pengguna jagat maya. Instagram Bisnis juga menyediakan beberapa fitur khusus yang menjadi pembeda dengan akun Instagram biasanya.

Di Instagram Bisnis Anda tentunya dapat melakukan kegiatan branding produk yang ingin Anda pasarkan dan kemudian bisa juga menjangkau audiens secara luas dan tak terbatas. Semakin baik performa Instagram Bisnis Anda,maka akan semakin baik bagi customer.

Untuk mengetahui lebih lengkap dan detail tentang akun Instagram Bisnis dibandingkan akun biasanya? Berikut ini sudah kami persiapkan 5 Manfaat Instagram Bisnis untuk Anda!

Instagram Insight

Insights adalah sebuah fitur yang disediakan oleh pihak IG yang digunakan untuk para pemilik bisnis untuk mengetahui setiap aktivias yang ada pada halaman atau akun yang mereka kelola.

Ketika IG Anda adalah sebuah akun bisnis, maka ini akan bermanfaat dan bisa melihat perkembangan pengunjung dan juga Anda dapat mengetahui calon pelanggan atau pelanggan Anda tertarik pada hal atau konten apa saja.

Anda tidak akan mendapatkan kelebihan seperti ini ketika menggunakan akun biasa. Ini juga bisa dijadikan sebuah faktor kesuksesan sebuah akun dan produk, ketika mendapatkan impresi yang sedikit dari akun pengguna lainnya, maka ada yang salah dan hal tersebut seharusnya dapat dijadikan sebuah evaluasi dan dibenahi kedepannya.

Baca Juga : Cara Menambah Followers Instagram Dengan Cepat

Instagram Ads

Fitur Instagram bisnis selanjutnya yaitu ads atau iklan. Dengan bantuan iklan di ig ini, maka akan membuka peluang usaha Anda untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen yang bisa semakin besar berkali-kali lipat. Ketika memasang sebuah ads, maka Anda bisa menargetkan pasar atau audiens dengan spesifik, Misanya dengan usia, demografi, interest, behavior dan lainnya.

Kemudian nantinya iklan yang sudah Anda rancang dan sudah siap untuk publik menikmatinya, maka itu akan muncul otomatis di berbagai titik saat konsumen saat melakukan scrolling down timeline Instagram mereka sesuai dengan target pasar yang sudah Anda tentukan diawal. Dan tak tertinggalan yaitu ads selain dipost, namun juga bisa dilakukan pada Instagram stories target yang sudah kita rumskan.

Informasi Bisnis

Fitur Instagram bisnis terakhir yang bisa Anda manfaatkan adalah menampilkan informasi kategori dari bisnis yang Anda jalani. Informasi ini akan otomatis muncul pada bagian atas bio profil Anda, sehingga pengunjung bisa mengenal bidang bisnis apa yang Anda tawarkan. 

Ada berbagai kategori bisnis yang bisa Anda pilih seperti Agency, Music, Tour & Travel, Design, Retail Business, Fashion, Finance dan masih banyak lagi. Pemilihan sebuah kategori ini bisa disesuaikan dengan bisnis Anda.

Shortcut Kontak dan Email

Keuntungan selanjutnya jika Anda menggunakan akun bisnis yaitu Anda akan mendapatkan shortcut khusus untuk kontak dan email. Shortcut ini memang khusus diperuntukan bagi para pegiat bisnis untuk mempermudah klien dalam mengghubungi atau memesan sebuah produk yang ditawarkan.

Bagi orang biasa yang tidak terbiasa dengan instagram bisnis memang tombol tersebut memang terlihat biasa saja. Namun, tanpa disangka tombol tersebut bisa menjadi dampak yang signifikan bagi calon konsumen yang membutuhkan tombol action untuk mempercepat prosesnya. Bahkan jika ada sebuah agensi atau perusahaan lain yang mengajak kolaborasi, maka akan lebih mudah dihubungi.

Mudah Menentukan Target Konsumen

Yang terakhir, dalam menentukan target market pada bisnis Anda untuk memposting atau menciptakan sebuah konten, Anda seharusnya dapat menargetkan pasar yang disini akan berpengaruh pada materi yang ditentukan untuk konten-konten kedepannya. Jika Anda belum mengetahui siapa yang menjadi targetnya, maka hal ini akan menjadi lebih sulit, karena pasar yang dijangkau sangatlah besar. ta

Untuk mampu menggaet konsumen yang benar, maka perlu dilakukannya sebuah riset konsumen yang tepat. Ini dilakukan karena merupakan salah satu hal terpenting yang menyesuaikan produk bisnis yang Anda punya. 

Cara yang paling mudah untuk dilakukan yaitu Anda bisa melihat kompetitor usaha Anda untuk mengetahui bagaimana cara atau metode yang mereka terapkan. Dalam hal ini, Anda juga harus memiliki kemampuan menganalisa yang baik.

Penutup

Dengan beberapa hal penting yang ditawarkan oleh instagram bisnis, tentunya Anda selaku pengelola atau pemilih usaha harusnya bisa lebih memaksimalkan setiap fiturnya. Jika hal ini berhasil, maka Anda tidak hanya bisa menarik calon konsumen saja, namu juga T untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada website Anda. j

Jadi, sekian dulu ya informasi tentang instagram bisnisnya, Apakah Anda sudah siap untuk berpromosi menggunakan Instagram bisnis? Tunggu apa lagi, segera coba dan jangan lupa komentar di kolom bawah ya!

Ingat hosting web, ingat dewabiz aja!

Related Posts