kriteria-website-yang-baik

Ingin Membuat Website ? Baca Dulu 5 Kriteria Website Yang Baik Ini

Di zaman modern seperti sekarang ini, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menggunakan website. Tak heran jika banyak website yang bisa Anda temukan melalui mesin pencari. Namun tidak semua website tersebut memenuhi kriteria website yang baik dan memenuhi persyaratan. 

Saat membuat website, sebaiknya Anda tidak hanya mengutamakan konten dan tampilan saja. Karena sebenarnya dalam membuat website ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan. Berikut akan dijelaskan Kriteria Website yang Baik yang perlu Anda ketahui.

kriteria-website-yang-baik

Kegunaan

Website yang baik harus memenuhi kriteria usability sehingga pengguna atau pemilik website bisa yakin untuk mengoperasikan website tersebut. Untuk kegunaan, ada 5 kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah website, antara lain mudah dipelajari, efisien, mudah diingat, error rate rendah dan kepuasan pengguna. Jika website memenuhi kriteria tersebut, maka dapat dipastikan website tersebut dapat digunakan oleh pengguna dengan mudah.

Sistem navigasi

Pengunjung dapat menemukan cara yang mudah untuk mengakses website dengan sistem navigasi. Navigasi ini juga akan mampu menampilkan banyak media baik berupa gambar, animasi maupun teks. Untuk navigasi ini, terdapat kriteria khusus yang mudah dipelajari, konsisten, memungkinkan umpan balik, muncul dalam konteks, memberikan pesan visual yang baik, mendukung tujuan pengguna, menggunakan label yang jelas, serta memerlukan tindakan dan waktu.

Desain visual

Agar pengguna merasa puas dan dapat menikmati browsing website, jasa pembuatan website berusaha membuat desain visual yang menarik dan unik. Desain visual yang baik biasanya akan menggunakan komposisi warna yang konsisten, layout grafis yang konsisten, teks yang mudah dibaca oleh pengunjung dan grafis untuk memperkuat konten teks pada konten website. Selain itu desain website Anda juga harus mudah digunakan.

Tidak semua pengguna website langsung paham saat pertama kali menggunakan website Anda. Dengan desain website yang mudah digunakan, makan akan lebih mudah dalam menggunakan website dan mendatangkan lebih banyak pengunjung. Untuk menghasilkan website yang sederhana dan mudah digunakan, Anda harus memperhatikan penggunaan komposisi warna, layout layout, dan teks yang mudah dibaca oleh pengunjung.

Bagaimana caranya untuk isi/konten yang baik agar menarik pengunjung?

Isi/Konten

Agar suatu website memenuhi kriteria yang baik, maka isi website harus relevan, menarik dan sesuai. Bahasa dan gaya penulisan juga harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan website agar nantinya tujuan pembuatan website dapat tercapai. Isi/konten sangat berpengaruh pada kesuksesan website Anda. 

Selain itu, konten juga sangat mempengaruhi SEO dan peringkat website di mesin pencari. Anda harus bisa membuat konten yang sangat menarik dan relevan dengan tujuan akhir website Anda. Dengan konten yang menarik dan relevan akan meningkatkan banyak pengunjung untuk mengunjungi website Anda.

Kecepatan Situs Web

Setiap pengunjung website pasti ingin mengakses website yang cepat, kecepatan website yang cepat biasanya ditunjukkan dengan loading yang lambat. Loading yang lama akan menumbuhkan kebosanan dan mengganggu ketenangan pengguna saat menggunakan website Anda. Kecepatan website akan selalu menjadi pertimbangan pengunjung saat mengunjungi website Anda. 

Agar kecepatan website Anda lebih cepat perhatikan ukuran setiap item yang Anda masukkan di website Anda, misalnya jangan menyertakan gambar atau video berukuran besar. Untuk ukuran web juga mempengaruhi kecepatan, mungkin Anda berpikir jika koneksi cepat terlepas dari ukuran halaman, itu akan memuat dengan cepat. 

Demikian artikel tentang Kriteria Website yang Baik tersebut. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin atau sudah membuat website dengan kriteria yang baik.

Scroll to Top