fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

5+ Kelebihan Jaringan 5G, Buat Jelajah Internet Semakin Ngebut

Wiliam

Perkembangan teknologi di industri internet semakin melaju pesat. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan jaringan internet 5G di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, jaringan internet 5G sudah mulai hadir di beberapa wilayah. Jaringan internet 5G akan menjamin kecepatan yang lebih tinggi untuk internetan. Menariknya lagi, ternyata cukup banyak kelebihan jaringan 5G yang membuat Bizzie tertarik untuk menggunakannya sehari-hari.

Sekedar informasi, jaringan 5G adalah teknologi jaringan internet generasi kelima yang diklaim mempunyai kecepatan lebih baik daripada generasi sebelumnya yaitu 4G. Selain itu, teknologi tersebut diklaim mempunyai layanan internet yang lebih unggul dari generasi sebelumnya dalam berbagai hal. Karena itu, bisa dibilang jaringan internet 5G sebagai salah satu masa depan dunia internet.

Apa Saja Kelebihan Jaringan 5G?

Banyaknya kelebihan jaringan 5G membuat teknologi tersebut sebagai terobosan yang nantinya membawa perubahan signifikan terhadap perkembangan di bidang telekomunikasi digital. Nantinya berbagai bidang teknologi mengandalkan jaringan tersebut untuk menjalankan sistemnya. Kemunculan jaringan internet 5G rupanya disambut baik lantaran membawa dampak positif di berbagai bidang.

Berikut ini ada beberapa kelebihan jaringan 5G yang akan membuat Bizzie langsung tertarik menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari:

1. Koneksi yang Lebih Cepat

Jaringan internet 5G akan menghasilkan koneksi internet 10 kali lebih cepat daripada 4G. Menariknya, kecepatan internet yang ditawarkan oleh jaringan 5G mencapai 10 Gbps. Hal tersebut memungkinkan berbagai aktivitas berselancar di internet seperti bermain game online, streaming video, dan pertemuan atau meeting online semakin lancar. Bizzie sebagai pengguna juga akan merasakan semuanya semakin lancar tanpa ada hambatan sinyal.

Bukan hanya itu, kelebihan jaringan 5G lainnya yakni memungkinkan pengguna memposting dan mendownload file apapun secepat kilat. Para pengguna nantinya bisa mengunduh film hanya dalam waktu 6 detik dengan kecepatan tinggi. Hal itu terjadi karena layanan internet 5G mempunyai kecepatan unduh sampai 20 kali lebih cepat dibandingkan layanan 4G, yaitu 20 Gbps. Selain itu, jaringan internet 5G menjadi solusi internet board yang lebih cepat.

2. Kecepatan Transmisi yang Lebih Baik

Jaringan internet pada layanan 5G mempunyai kecepatan transmisi yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya yakni 4G. Sebab jaringan internet 5G hanya memerlukan waktu transmisi kurang dari 5 milidetik. Bahkan diklaim jaringan 5G hanya memerlukan waktu 1 milidetik. Nantinya pengguna merasakan pemrosesan data berlangsung dalam waktu yang singkat sekalipun memiliki kapasitas besar.

Adapun waktu transmisi yang cepat sebagai salah satu kelebihan jaringan 5G akan berguna bagi pengguna lantaran memudahkan Bizzie di bermacam bidang pekerjaan. Selain itu, waktu transmisi yang singkat dapat menghemat ruang penyimpanan. Pengguna juga bisa mengoptimalkan penyimpanan dalam cloud. Hal tersebut juga memungkinkan kegiatan komputasi dilakukan di dalam media penyimpanan awan.

3. Dapat Menghubungkan Lebih Banyak Perangkat

Perlu Bizzie ketahui, jaringan internet 5G dapat menghubungkan sampai jutaan perangkat yang ada di seluruh dunia. Jumlah tersebut jelas lebih banyak daripada generasi jaringan pendahulunya yakni 4G. Kemampuan jaringan 5G menghubungkan perangkat yang jauh lebih banyak tentu akan memudahkan berbagai bidang, terutama sektor yang praktiknya memanfaatkan teknologi di dunia digital.

Kelebihan jaringan 5G tentu mendatangkan banyak manfaat. Sebab apabila semakin banyak perangkat yang terhubung di dalam waktu bersamaan, otomatis nantinya semakin banyak juga kegiatan yang terjadi. Hal tersebut akan sangat menguntungkan untuk dunia industri sebagai efisiensi daya dan waktu.

4. Latensi yang Relatif Rendah

Keunggulan dari jaringan 5G berikutnya adalah latensi yang relatif rendah. Sebagai informasi, latensi adalah jeda waktu dalam pemrosesan pengantaran data di antara penerima dan pengirim. Jaringan 5G diklaim mempunyai latensi sampai sepuluh kali lipat lebih rendah dibandingkan 4G. Kemampuan dalam latensi tersebut bahkan dianggap lebih cepat daripada pemrosesan visual manusia.

Sekedar informasi, kelebihan jaringan 5G berupa latensi yang rendah nantinya menghasilkan kemungkinan mengontrol perangkat jarak jauh secara real time. Kemampuan tersebut tentu berguna dalam menjalankan aplikasi VR dan AR untuk menyuguhkan berbagai tayangan video tanpa adanya lag.

5. Lebih Banyak Kapasitas Jaringan

Jaringan internet 5G juga menyediakan layanan kapasitas jaringan yang jumlahnya lebih banyak. Walaupun begitu, kualitas jaringan akan tetap stabil sekalipun pengguna tengah berada di ruang terbuka umum. Hal ini berbeda dengan kualitas sinyal jaringan 4G yang akan menurun ketika terlalu banyak jaringan yang terhubung.

Bisa dibilang, kelebihan jaringan 5G lainnya adalah tetap memberikan layanan sinyal yang relatif stabil walaupun Bizzie berada di keramaian. Menariknya, layanan 5G mempunyai kapasitas jaringan yang 1000 kali lebih banyak daripada jaringan 4G. Jika kapasitas jaringan semakin banyak, otomatis semakin banyak juga perangkat yang tersambung di internet secara real time.

6. Mampu Mendukung Penerapan IoT

IoT atau Internet of Things termasuk salah satu elemen utama dibalik kecanggihan jaringan 5G. Penerapan IoT dalam teknologi jaringan 5G dapat memberikan konektivitas internet dengan level yang lebih tinggi. Bizzie pun bisa terhubung dengan berbagai perangkat yang mendukung smart living dan memudahkan untuk mengontrolnya.

Salah satu contohnya pada smart lock yang ada di pintu rumah. Teknologi tersebut memungkinkan Bizzie untuk mengecek tingkat keamanannya lewat smartphone. Dengan kata lain, kemunculan teknologi 5G bisa membuat hidup Bizzie lebih efisien dan mudah.

Itulah beberapa kelebihan jaringan 5G yang bisa dimanfaatkan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Dengan pembahasan tersebut, kini Bizzie bisa lebih mudah dalam menggunakan menjelajah internet.

Baca Juga