fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

5 Cara Menghapus Virus Shortcut di Komputer Sampai Bersih yang Benar

Rianda

Perangkat komputer sangat rawan terkena virus. Sama seperti virus pada manusia, virus komputer juga bisa menyebabkan komputer tersebut sakit. Salah satu jenis virus yang mudah menyebar adalah virus shortcut. Virus jenis ini biasanya tersebar lewat flashdisk. Lantas bagaimanakah cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih dengan benar? Berikut ini 5 cara yang bisa dicoba:

1. Gunakan Command Prompt

CMD memang merupakan program yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah membersihkan virus shortcut pada flashdisk. Sebelum masuk ke langkah-langkahnya, pastikan flashdisk yang ingin dibersihkan sudah terpasang pada komputer.

Pengguna bisa mengeceknya dengan melihat apakah sudah terdeteksi Disk baru pada komputer atau belum. Jika sudah, berikut ini cara membersihkan virus shortcut dengan CMD dengan benar dan tepat dilakukan:

  • Buka Command Prompt. Pengguna bisa membukanya lewat menu Run ataupun menu Start.
  • Jangan lupa untuk membuka CMD sebagai administrator. Caranya adalah dengan memilih Run as Administrator ketika akan membukanya.
  • Setelah itu masuklah ke lokasi flashdisk yang ingin dibersihkan. Biasanya flashdisk yang terhubung dengan komputer terletak di E, F atau G.
  • Selanjutnya ketikkan del *.Ink lalu tekan Enter pada keyboard.
  • Langkah selanjutnya adalah mengetik attrib –s –r –h *.* /s /d /l.
  • Pengguna tinggal menekan Enter dan menunggu prosesnya sampai selesai.

2. Matikan Wscript.exe Lewat Task Manager

Untuk mengakses Wscript.exe pengguna bisa menggunakan Task Manager karena memang bertugas untuk mengelola program-program yang ada pada komputer. Cara untuk masuk ke Task Manager yaitu dengan menekan Ctrl, Alt, dan Delete secara bersamaan.

Kemudian, pilih Task Manager. Jika sudah berhasil masuk maka pilih Processes dan pilih Wscript.exe, lalu klik End Task.

3. Manfaatkan Regedit Untuk Menghapus Registry Key Tertentu

Untuk mengakses Regedit pengguna bisa menggunakan menu Run. Setelah membuka menu Run silahkan ketik regedit dan klik Enter. Setelah itu akan muncul jendela registry editor. 

Cari HKEY_CURRENT_USER lalu cari registry key dengan nama yang terdengar aneh. Contoh registry key dengan nama yang aneh adalah cbxghsrjgbdds. Jika sudah ketemu maka langsung saja klik kanan dan Delete.

4. Gunakan Msconfig

Salah satu cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih adalah dengan menggunakan fitur Msconfig. Fitur ini bisa diakses lewat menu Run seperti biasa. Setelah menu Run berhasil terbuka, ketik msconfig dan tekan Enter. Jika sudah, masuk ke System Configuration. Jika sudah berhasil masuk maka pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik tab Startup dan pilih Open Task Manager.
  • Jendela Task Manager akan terbuka. Setelah itu, cari file dengan nama nkvasyoxww.vbs.
  • Arahkan kursor ke file tersebut, lalu tekan Delete.
  • Selanjutnya tinggal menunggu proses delete selesai.

5. Akses Nkvasyoxww.vbs dengan Menggunakan %temp%

Metode ini hampir sama dengan cara sebelumnya, yaitu menghapus file nkvasyoxww.vbs. Yang membedakan di sini adalah cara untuk mengakses file tersebut.

Jika sebelumnya menggunakan msconfig maka untuk sekarang ketikkan %temp% di menu Run lalu tekan Enter. Setelah itu cari file nkvasyoxww.vbs, pengguna bisa memanfaatkan Search bar yang tersedia. Jika sudah ketemu hapus file tersebut.

Itulah 5 cara menghapus virus shortcut di komputer sampai bersih untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Komputer milik pengguna mungkin akan mendapat virus yang sama di kemudian hari.

Namun, jika sudah mengetahui cara untuk membersihkannya maka pengguna tidak perlu panik dan bisa langsung bertindak. Ada baiknya untuk segera membersihkan virus yang terdeteksi, sekecil apapun itu.

Baca Juga