fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

4 Trik agar kamera laptop jernih saat zoom yang Wajib Diketahui!

Rianda

Aktivitas rapat online sering terkendala karena kamera kurang jernih. Aplikasi zoom semakin terkenal sebab banyaknya hal yang harus dilakukan tetapi adanya jarak jauh. Rapat dan segala keperluan yang membutuhkan untuk berkomunikasi berupa video. Untuk mengantisipasi kejenuhan dan menarik tampilan paripurna di zoom. Berikut ini 4 trik agar kamera laptop jernih saat zoom:

1. Carilah Pencahayaan yang Lebih Terang

Trik membuat kamera lebih jernih ternyata bisa ditelisik dari penyebabnya. Apabila saat kamera terlihat gelap bisa jadi tempat orang yang sedang nge-zoom berada di ruangan yang tertutup. Terlebih jika tirai jendela tertutup dan tidak ada lighting.

Fungsi lighting atau penerangan sangat penting agar kamera lebih jernih saat zoom. Penerangan bisa dari alat atau lampu penerang. Bisa juga dari cara alami yakni orang yang sedang ngezoom mencari tempat yang ada cahayanya.

Trik jitu nya tempatilah ruangan yang pencahayaan cerah. Jika di malam hari hidupkan lampu dan tetaplah di ruangan itu selama zoom. Namun, di kala siang hari juga bisa menempatkan di ruangan tertutup asal cahaya bisa masuk. Selain itu juga dapat berada di area terbuka.

2. Setting Kamera di Laptop untuk Zoom

Trik agar kamera lebih jernih saat zoom adalah dengan mengatur kamera di laptop. Saat orang nge-zoom menggunakan laptop cara mudahnya bisa lewat setting kamera. Adapun bagian yang bisa diatur dari kamera nya adalah tingkat kecerahan, rona dan warna ataupun saturasi.

Bagian tadi merupakan terpenting untuk mengakomodasikan agar pencahayaan bisa lebih cerah. Langkah cara untuk setting kamera adalah membuka panel control dan klik mulai. Setelah itu pilihlah perangkat keras atau hardware.

Di menu hardware muncul ikon webcam internal maka pilihlah dengan mengkliknya. Setelah klik akan muncul tab properties. Fungsi tab tersebut adalah untuk membuka setting kamera yang pas atau ideal agar visual saat dilihat terlihat lebih jernih.

3. Aplikasi Kamera Laptop Dimanfaatkan

Trik sebelumnya agar kamera laptop jernih saat zoom dengan control di kamera laptop. Namun, jika trik tadi belum berhasil dikarenakan kondisi kamera tidak mendukung. Maka, ada pilihan lain yakni dengan menggunakan aplikasi khusus kamera.

Penggunaan aplikasi kamera dapat meningkatkan kualitas hasil visual. Selain gambar lebih jernih tetapi juga enak dilihat. Beberapa aplikasinya juga menawarkan fitur penambahan efek yang banyak diidamkan agar tampil lebih segar dan anggun.

Beberapa aplikasi khusus kamera di laptop ini adalah Youcam. Ada juga seperti namanya cam tetapi bukan awalan you justru manycam. Selain itu, ada pula aplikasi khusus kamera di laptop yakni free screencast. Langkah caranya download saja di search engine.

4. Atur Resolusi Layar pada Laptop

Kamera kurang jernih bisa jadi karena resolusi layar di laptop kurang. Dampaknya saat zoom kamera tidak bisa jelas dan cenderung bisa pecah-pecah. Biasanya saat zoom kualitas gambar bisa naik turun karena jaringan internet kurang stabil.

Maka, sebagai solusinya adalah sesuaikan resolusi layarnya. Kamera kurang jernih bisa saja diturunkan resolusinya. Adapun caranya adalah mengklik kanan di desktop.

Pilihlah tab properties. Tersedia pilihan maka pilih resolusi layar. Klik turunkan menjadi satu langkah ke bawah dibanding yang sedang digunakan dan ujilah kualitas gambarnya.

Demikian beberapa trik agar kamera laptop jernih saat zoom yang bisa disampaikan. Apabila masih ada trik lain, bisa dicoba. Namun, trik di atas juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Pastikan kamera zoom bisa lebih jernih.

Baca Juga