fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Technology

2 Cara Mengunci Aplikasi di Oppo Untuk Mengamankan Smartphone

Rianda

Smartphone saat ini sudah tersedia dalam berbagai merk yang menawarkan keunggulan masing-masing. Salah satunya adalah Oppo yang oleh banyak orang dianggap unggul di sektor kamera. Selain itu, Oppo juga menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengunci aplikasi miliknya supaya lebih aman. Berikut ini 2 cara mengunci aplikasi di Oppo yang bisa dicoba:

Mengunci Aplikasi dengan Fitur Bawaan Oppo

Sebelum membahas langkah-langkahnya perlu diketahui, meskipun merknya sama-sama Oppo terkadang setiap smartphone memiliki cara berbeda. Secara umum smartphone Oppo yang beredar bisa dikelompokkan menjadi smartphone Oppo lama dan baru.

Jadi, jika cara yang pertama tidak bisa diterapkan bisa jadi memang harus menggunakan cara kedua. Berikut ini penjelasan lengkap untuk setiap cara tersebut:

1. Aktifkan App Encrypt di Smartphone Oppo Lama

langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pergi ke Security Center, lalu pilih menu App Encrypt. Selanjutnya aktifkan App Encrypt. Setelah itu pengguna akan diminta memilih Pattern Encrypt untuk menggunakan sandi pola atau Password Encrypt untuk menggunakan sandi password. Terakhir, pilih aplikasi yang ingin dikunci dan masukkan pola atau password yang ingin digunakan.

2. Nyalakan App Lock di Oppo Series Terbaru

Untuk mengunci aplikasi pada smartphone Oppo baru pengguna bisa masuk ke Phone Manager. Setelah itu pilih Privacy Permission dan masuk ke menu App Lock. Di situ pengguna bisa memilih aplikasi mana yang ingin dikunci. Jika sudah langkah selanjutnya adalah klik Enable Encryption. Setelah itu pengguna akan diminta untuk mengisi PIN atau password yang ingin digunakan.

Karena smartphone Oppo baru sudah lebih canggih maka pengguna juga bisa menggunakan cara lain selain PIN atau password. Beberapa smartphone Oppo baru sudah mendukung fitur face recognition atau facial unlock untuk menggunakan deteksi wajah. Selain itu ada pula fitur fingerprint atau sidik jari sehingga pengguna cukup menempelkan sidik jarinya pada tempat yang disediakan.

Mengunci Aplikasi dengan Aplikasi Tambahan

Selain memanfaatkan fitur bawaan yang sudah tersedia, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mengunci aplikasi. Pengguna bisa mendownload dan menginstalnya melalui Google Play Store atau browser. 

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa dicoba. Aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Berikut ini 3 aplikasi yang direkomendasikan untuk mengunci aplikasi di smartphone Oppo:

1. Gunakan AppLock

AppLock merupakan aplikasi pengunci yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengunci aplikasi miliknya dengan berbagai jenis password. 

Pengguna tinggal memilih aplikasi mana yang ingin dikunci dan selanjutnya menentukan password yang ingin digunakan. Mempertimbangkan ukurannya yang ringan dan fitur yang berlimpah maka tidak ada salahnya untuk mencoba AppLock

2. Manfaatkan LOCKit

Aplikasi pengunci yang selanjutnya adalah LOCKit. Cara mengunci aplikasi di Oppo dengan LOCKit juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain. Aplikasi ini dikembangkan oleh Super Tools Corporation dan memiliki berbagai fitur. Selain mengunci aplikasi, pengguna juga bisa memanfaatkan LOCKit untuk menyembunyikan foto dan video miliknya dengan mudah cukup sekali klik.

3. Pakai Smart AppLock (App Protector)

Sama seperti 2 aplikasi sebelumnya, Smart AppLock (App Protector) juga sangat mudah digunakan. Pengguna tinggal memilih aplikasi atau data mana yang ingin disembunyikan. Setelah itu pengguna akan diminta untuk menentukan password atau sandi yang ingin digunakan. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk menyembunyikan pesan rahasia.

Demikianlah 2 cara mengunci aplikasi di Oppo untuk mengamankan smartphone. Aplikasi-aplikasi seperti media sosial memang perlu dikunci jika penggunanya ingin memiliki ruang privasi.

Seseorang tentunya tidak ingin jika orang lain melihat informasi miliknya tanpa izin. Dengan mengetahui cara mengunci aplikasi maka data dan informasi pengguna akan jadi lebih aman dari tangan-tangan jahil.

Baca Juga