fbpx

Kenali Fungsi-fungsi Web Server untuk Website Anda

Apakah Anda tahu bagaimana proses saat mengetikkan sebuah alamat di , hingga akhirnya muncul  halaman website yang Anda tuju? Ini dikarenakan browser Anda memberikan permintaan data pada suatu perangkat bernama web . Lalu, apa sebenarnya fungsi web server ini?

Pengertian Web Server 

fungsi web server

Sebelum masuk ke fungsi-fungsi web server, pahami dulu web server berikut ini, yuk.

Web server adalah atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mendistribusikan halaman website saat diminta oleh klien. Yang dimaksud klien di sini adalah, Google Chrome dan Firefox yang memberikan permintaan HTTP atau HTTPS. 

Setelah itu, web server akan merespon permintaan tersebut dalam bentuk halaman website. Halaman web ini umumnya berisi konten statis. Seperti, dokumen HTML, gambar, pengujian, lembar gaya, dan lain-lain.

Selain HTTP dan HTTPS, web server juga menggunakan STMP atau Simple Mail Transfer Protocol dan FTP atau File Transfer Protocol. Gunanya, untuk mengirimkan serta transfer file dan penyimpanan data.

Fungsi Web Server

cara kerja web server

Ada beragam fungsii web server untuk website Anda. Ini di antaranya:

1. Menghapus Cache

Saat menjalankan website, terkadang cache sudah menumpuk padahal tidak terpakai lagi. Inilah fungsi utama web server, yakni untuk menghapus segala cache yang ada pada penyimpanan dan dokumen.

2. Pemeriksaan Sistem Keamanan

Saat web server menerima permintaan HTTP, maka web akan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan pada sistem keamanannya, baik berasal dari permintaan client maupun web browser.

Baca Juga :  Apa Itu Level Domain? Kenali Fungsi di Setiap Tingkatannya

3. Menyediakan Data

Setelah klien mengirimkan request HTTP atau HTTPS, di sinilah web server akan merespon permintaan tersebut dalam bentuk halaman website. 

Di mana, di dalamnya akan tersedia berbagai data yang diminta. Data yang disediakan, harus sesuai dengan request agar keamanan sistem dapat berjalan dengan lancar.

Cara Kerja Web Server

web server adalah

Untuk bisa mengakses perangkat lunak web server, dilakukan melalui nama situs web serta. Ini untuk memastikan situs pengguna telah mendapatkan konten yang diminta. Lalu, bagaimana langkah-langkah kerja web server?

  1. Ketika user mengetikkan alamat URL di kolom alamat browser, web browser akan mendapatkan alamat IP berdasarkan nama domain yang dituliskan.
  2. Alamat tersebut akan membawa browser ke web server, lalu meminta file yang berada di hosting web server. Browser tersebut mengirimkan request file dengan HTTP.
  3. Saat server mendapat request tersebut, server HTTP akan bekerja untuk menemukan konten.
  4. Konten yang diminta akan dikirimkan kembali ke browser melalui HTTP.
  5. Jika halaman web yang diminta tidak ada atau terdapat kesalahan, maka web server akan memberikan respons pesan kesalahan.

Jenis-jenis Web Server

jenis-jenis web server

Berikut beberapa jenis-jenis web server yang wajib Anda tahu:

1. Web Server Apache

Web server ini merupakan jenis web server paling populer karena kemudahan penggunaannya. Apache juga memiliki program pendukung seperti PHP (personal home page atau PHP Hypertext Processor), SSI (Server Side Include), dan kontrol akses.

2. Web Server Nginx

Web server ini merupakan software web server yang sifatnya open source. Saat awal diperkenalkan, NginX hanya untuk web server yang berbasis HTTP. Namun, saat ini sudah banyak hal yang bisa NginX kerjakan, contohnya reverse , HTTP load balancer, serta email proxy.

Baca Juga :  Mengenal Jenis-jenis Mail Server dan Fungsinya

3. Web Server IIS

Web server IIS alias aInternet Information Service, merupakan web server yang bekerja di protokol , TCP/IP, dan berbagai software lainnya.

4. Web Server Lighttpd

Ini merupakan buatan programmer dari Jerman untuk dipakai dalam sistem operasi Linux dan Unix.

Nah, itulah penjelasan mengenai fungsi-fungsi web server agar website Anda untuk memberikan data yang diminta oleh browser. Ingin memaksimalkan fungsi web server Anda? Percayakan saja pada DewaBiz, yang memberikan layanan terbaik dan berkualitas untuk web Anda.