fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Termudah, Seperti Ini Cara Membuat Forum di WordPress

Wiliam

Tak banyak yang tahu jika cara membuat forum di WordPress sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Keberadaan forum di WordPress sendiri sangatlah efektif agar bisa menggaet user lebih banyak. Walaupun Sebagian besar orang lebih suka dengan browsing website secara reguler tidak mengartikan forum menjadi kurang populer atau justru terabaikan. Keberadaan forum sendiri dinilai cukup efektif untuk mendatangkan user lebih banyak.

Bahkan hampir seluruh website sosial media pada dasarnya adalah forum yang memiliki beberapa tambahan fitur. Sayangnya banyak orang masih belum menyadari kegunaan forum dalam WordPress yang membuatnya kurang diketahui oleh para blogger pemula. Untuk itulah agar bisa menggaet lebih banyak pengunjung, Bizzie bisa memanfaatkan forum di WordPress dan membuatnya sekarang juga.

Bagaimana Cara Membuat Forum di WordPress yang Paling Mudah?

Para blogger pemula kerap kali menganggap bahwa cara membuat forum di WordPress cukup rumit. Hal ini lantaran platform tersebut tak mempunyai fitur forum bawaan. Akan tetapi Bizzie tetap dapat melakukannya dengan cara menginstal plugin di WordPress. Sebagai informasi, agar forum bisa dipakai oleh user maka Bizzie harus memasang fitur baru ke dalam WordPress. Berikut ini adalah beberapa langkah yang Bizzie perlukan agar bisa membuat forum di dalam WordPress. 

1. Instal dan Konfigurasikan Plugin Forum Asagaros

Sebagai contoh, Bizzie menerapkan cara membuat forum di WordPress dengan plugin Asagaros lewat tata cara berikut ini:

  • Pertama silahkan install serta aktifkan plugin asgaros forum. Caranya yaitu dengan masuk ke dashboard WordPress dan pilih plugin lalu add new. Setelah itu silahkan cari plugin Asgaros forum.
  • Setelah itu tekan install now yang berada di samping nama plugin serta tekan opsi baru Activate. Kemudian tab baru forum akan muncul di dalam dashboard wordpress.
  • Lanjutkan dengan cari pilihan Settings agar bisa mengkonfigurasikan halaman tempat forum tersebut akan dijalankan. Ada baiknya agar Bizzie tetap berada pada pengaturan default. Namun jika diperlukan Bizzie bisa menambahkan jumlah balasan per satu halaman.
  • Gulir halaman ke bawah, lalu akan terdapat opsi untuk mengaktifkan pemakaian shortcode pada editor. Sebaiknya pengaturan pemakaian shortcode dinonaktifkan lantaran hanya membuat forum rentan dengan masalah keamanan.
  • Berikutnya dalam cara membuat forum di WordPress yakni konfigurasikan agar meng highlight antara moderator dan nama author di setiap topik.
  • Scroll halaman ke bawah dan ada beberapa pilihan untuk menampilkan opsi logout, login serta registrasi forum. Aktifkan pilihan tersebut agar memudahkan user saat menemukannya.
  • Setelah itu konfigurasikan pengaturan tentang fungsionalitas dasar forum dengan mengaktifkan fitur user, reaction,  dan apa saja yang tengah online.
  • Pengaturan selanjutnya yaitu mengaktifkan fitur berlangganan post untuk para user di forum tersebut.
  • Pengaturan terakhir adalah profil yang bisa diatur untuk membuat profil diri di dalam forum. Selanjutnya adalah konfigurasi settings yang memungkinkan user menerima laporan dan notifikasi jika mereka meninggalkan tanda centang.
  • Supaya inbox tetap bersih, Bizzie bisa mengatur untuk tidak menerima email lain yang tidak berkaitan dengan forum.

2. Membuat Struktur untuk Forum WordPress

Sesudah berhasil mengkonfigurasikan semuanya, cara membuat forum di WordPress selanjutnya yaitu membuat struktur forum dengan langkah:

  • Pertama buka forum lalu tab structure yang ada di dalam WordPress. Setelah masuk  ke dalam tab, Bizzie bisa melihat jika plugin sudah membuat forum stbizzier. Meskipun begitu sebagai pemilik situs sudah dapat membuat topik baru serta menunggu balasan dari orang-orang. Supaya forum tampak menarik, Bizzie bisa mengatur beberapa hal misalnya membuat forum welcome. 
  • Agar bisa mengaturnya silahkan tekan Add Forum untuk menambahkan halaman forum baru, membuat nama yang tepat, dan menulis deskripsi.
  • Selain itu Bizzie juga dapat mengkonfigurasikan order sehingga plugin bisa menampilkan forum milik Bizzie dengan angka.
  • Untuk edit forum, silahkan tekan Edit Forum yang terletak tepat di sebelah kanan nama forum tersebut. Bizzie bisa ubah nama dan menulis deskripsi. 
  • Kini pemilik situs sudah memiliki dua forum. Jika ingin menambahkan forum baru, maka langkahnya pun sama seperti cara membuat forum di WordPress yang sudah dibahas sebelumnya.
  • Harap pastikan struktur forum telah selesai dibuat sebelum pindah ke tahap terakhir yaitu mengetes apakah semuanya berjalan dengan lancar sebagaimana seharusnya.

3. Mengecek Fungsionalitas Forum

Terakhir dalam cara membuat forum di WordPress yaitu mengecek fungsionalitas serta fitur pada forum. Adapun caranya antara lain:

  • Pertama Bizzie bisa membuat topik baru dengan tekan New Topic yang berada di sebelah kanan sebuah forum.
  • Sebagai informasi, Asgaros forum mempunyai editor yang hampir mirip seperti editor WordPress. Di editor tersebut Bizzie bisa membuat judul lalu mengetikkan isi topik baru.
  • Kemudian silahkan buat topik sesuka Bizzie sebab ini hanya untuk mengetes apakah semuanya berjalan dengan lancar. Tekan juga subscribe to this topic supaya mengetahui kalau email masuk ke inbox.
  • Ada beberapa pilihan yang memungkinkan Bizzie berinteraksi atau mengeksplorasi sebuah topik. Sebagai administrator maka bisa menentukan thread yang menjadi highlight, menghapus sampai menutup thread sekalipun. Caranya juga sangat mudah, Bizzie hanya perlu menekan pilihan yang ada di kanan bawah dan fitur editor langsung terbuka sehingga administrator bisa mengirim balasan ke topik mana saja.

Itulah beberapa cara membuat forum di WordPress yang bisa Bizzie terapkan secara langsung untuk menciptakan forum baru. Harap perhatikan langkahnya dengan detail dan jangan sampai ada yang terlewat sebab akan berpengaruh terhadap forum tersebut.

Baca Juga