fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Termudah, Inilah Cara Membuat Tabel Responsive di WordPress

Wiliam

Mungkin saja Bizzie perlu menambahkan tabel pada website agar bisa memudahkan pengunjung membaca informasi yang bersifat penting. Akan tetapi bagaimana membuat tabel responsive di WordPress? Memang WordPress sudah menyediakan fitur tabel dalam editor Gutenberg. Akan tetapi fitur itu sifatnya sangat terbatas sehingga pengguna tidak dapat banyak melakukan kustomisasi. 

Adapun contoh dari kustomisasi tersebut seperti mengatur ukuran tabel, menambahkan gambar dan masih banyak lagi. Padahal keberadaan tabel sangat penting bagi pengguna yang ingin mengakses informasi lebih detail dari sebuah website. Untuk itulah demi memenuhi kebutuhan banyak orang. Bizzie perlu mengetahui tata cara membuat tabel yang responsive di WordPress termudah dan tidak akan menyulitkan siapa pun.

Bagaimana Membuat Tabel Responsive di WordPress?

Pada dasarnya cara membuat tabel responsive di WordPress tidaklah sesulit yang Bizzie bayangkan. Bahkan pengguna baru sekalipun bisa dengan mudah membuatnya tanpa merasa kesulitan. Sebagai informasi, cara untuk membuat tabel di dalam WordPress bisa menggunakan sejumlah pilihan yakni memakai plugin ataupun tanpa plugin. Selain itu terdapat sejumlah rekomendasi plugin tabel terbaik yang bisa Bizzie gunakan.

Untuk informasi lebih lanjut, pengguna dapat akses ulasannya di bawah ini.

Membuat Tabel Responsive di Dalam WordPress dengan Plugin

Berikut adalah membuat tabel responsive di WordPress memakai plugin TablePress. Adapun cara membuat tabel di dalam WordPress dengan TablePress dapat dilakukan dengan du acara yakni manual dan import tabel. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya berikut ini.

1. Memasukkan Data Tabel dengan Cara Manual

  • Cara pertama, silahkan Bizzie install terlebih dahulu plugin TablePress dengan cara tekan menu Plugin lalu Add New. Kemudian cari plugin lewat kolom pencarian.
  • ·Berikutnya tekan install Now, dan Activate agar bisa mengaktifkan plugin.
  • ·Sesudah plugin aktif pengguna bisa mulai membuat tabel. Tekan mnu TablePress lalu Add New Table di dashboard.
  • ·Kemudian masukkan data seperti deskripsi, nama tabel dan jumlah baris serta kolomnya, jika sudah selesai, tekan Add Table di pilihan yang tersedia.
  • ·Setelah itu silahkan masukkan data yang ingin ditampilkan ke dalam table di kolom Table Content. 
  • ·Masih di halaman yang sama, cara membuat tabel responsive di WordPress lainnya yakni pengguna bisa melakukan modifikasi pengaturan tampilan tabel di kolom bertuliskan Table Manipulation. Ada beberapa hal yang bisa Bizzie kustomisasi seperti gambar, memasukkan link, menambah baris, menambah kolom dan masih banyak lagi.
  • ·Kalau pengaturan sudah selesai, simpan data dengan cara tekan tombol Save Changes. Nda juga dapat melihat tampilannya lebih dulu dengan tekan tombol Preview.
  • ·Jika sudah selesai membuat tabel, kemudian masukkan table itu ke postingan Bizzie. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan yaitu meletakkan shortcode yang ada di table information.
  • ·Lanjutkan dengan salin shortcode itu dan paste dalam unggahan terbaru Bizzie.
  • ·Cara kedua yakni memasukkan tabel memakai menu insert table from Table Press yang ada di WordPress Editor.

Akan ada perubahan tampilan tabel sesudah postingan diunggah.

2. Memasukkan Data Menggunakan Fitur Import Tabel

Untuk cara membuat tabel responsive di WordPress berikutnya yaitu Bizzie bisa memakai fitur import tabel. Plugin TablePress sendiri juga menyediakan fitur import file dengan jenis format XLSX, CSV, JSON, HTML dan XLS. Sehingga kalau Bizzie sudah mempunyai file data dengan format itu maka tak perlu repot memasukkan datanya satu demi satu. Dengan demikian pemilik website hanya perlu menggunakan fitur import table.

  • Caranya pun sangat mudah yaitu:
    • ·Pertama silahkan tekan menu TablePress lalu import a Table.
    • ·Selanjutnya pilih file yang ingin Bizzie import dengan cara menekan tombol Choose File. Kemudian pilih format yang pengguna inginkan dan tekan tombol Import.
    • ·Apabila berhasil import file, Bizzie hanya perlu melakukan kustomisasi tabel yang di dalamnya berisi data dari file import sebelumnya.
    • ·Jika telah dikustomisasi, Bizzie bisa salin shortcode agar bisa memasangnya di unggahan.
    • ·Lanjutkan cara membuat tabel responsive di WordPress dengan paste di unggahan tadi.
    • ·Cara lainnya yaitu tekan menu insert Table from TablePress yang terdapat di WordPress editor.
    • ·Setelah itu silahkan pengguna klik publish.
    • ·Sesudah berhasil dipublish, hasilnya akan sama seperti menambahkan data dengan cara manual.
    • ·Kalau Bizzie hendak mendapat file tabel itu, maka bisa ekspor tabel ke dalam format file yang sesuai keinginan. Caranya adalah dengan tekan menu TablePress lalu Export a Table.
    • ·Berikutnya Bizzie hanya perlu memilih tabel dan format yang pengguna inginkan dan tekan tombol bertuliskan Download Export File.

Rekomendasi Plugin Tabel untuk di WordPress

Untuk membuat tabel responsive di WordPress, Bizzie juga bisa memanfaatkan plugin tabel yang tersedia. Berikut adalah rekomendasi plugin table sebagai referensi membuat tabel yang bisa pemilik situs gunakan.

1. Ninja Tables

Plugin untuk membuat tabel responsive di WordPress pertama yaitu Ninja Tables. Plugin tersebut mengklaim sebagai plugin yang paling responsive. Dengan demikian pengunjung situs dari perangkat mobile sekalipun bisa tetap melihat table sangat baik. Selain itu plugin satu ini sudah terhubung dengan Google Sheets sehingga pengguna dapat mengimport data lebih mudah.

2. League Table

Ada juga League Table yang menjadi plugin membuat tabel responsive di WordPress. Walaupun tidak gratis, Bizzie tak perlu khawatir sebab harga yang ditawarkan sangatlah terjangkau yakni sebesar 23 dollar saja.

Itulah bagaimana cara membuat tabel responsive di WordPress dengan mudah dan bisa Bizzie terapkan secara langsung. Ikuti caranya dengan benar supaya tabel bisa tampil sempurna dan pas bagi pengunjung websitenya.

Baca Juga