fbpx

Tentang WordPress, Pengertian Kelebihan Dan Kekurangannya

Bagi pemula yang baru saja ingin mulai membuat website, tak  jarang yang akan bingung mau mulai dari mana dan bagaimana cara membuatnya. Nah, ini adalah salah satu builder website yang dapat membantu Anda untuk membuat website dan mengelolanya. 

Saat ini, website sudah menjadi platform yang banyak digunakan untuk membuat website. Bahkan menurut studi, sebesar 43% pengguna website di membuat webnya dengan bantuan WordPress ini.

Pengertian WordPress

WordPress merupakan Content Management System (CMS) yang dirilis oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004 menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) dan database MySQL.  Platform ini dikembangkan sebagai pengganti cafe blog yang ada di tahun 2003. 

Sebagai sebuah CMS, WordPress memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelolah website tanpa menggunakan coding. WordPress menyediakan layanan yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan kustomisasi tampilan serta melakukan penambahan fitur yang relevan dengan konsep website yang ingin Anda bangun. 

Pembaruan CMS dilakukan setiap dua atau tiga bulan, di mana tiap versinya dilakukan perbaikan pada fitur keamanan serta menambah fitur pendukung lain yang dapat memperlancar penggunaannya. 

Kegunaan WordPress

Pada mulanya, WordPress adalah platform yang  digunakan untuk menampilkan berbagai tulisan pada sebuah website. Namun semakin lama WordPress pun kian berkembang dan saat ini sudah sudah sangat kompleks untuk digunakan pada berbagai website. Setelah memahami apa itu WordPress, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja kegunaan dari WordPress. Berikut ini penjelasannya.

1. WordPress Untuk Membuat Website Pribadi Maupun Perusahaan 

Jika Anda ingin membuat sebuah website perusahaan maupun website pribadi atau blog, Anda bisa menggunakan WordPress dalam prosesnya. Sebab CMS menyediakan berbagai fasilitas yang dapat Anda sesuaikan dengan website yang Anda inginkan. 

Baca Juga :  Cara Mengoptimalkan Gambar di WordPress agar SEO Friendly

WordPress menyediakan berbagai tema website yang dapat Anda pilih. Template yang sangat mudah dimodifikasi atau dikostumisasi sehingga Anda dapat mengubah tampilan web Anda dengan beberapa klik saja. 

2. WordPress Untuk Menyusun Portofolio

WordPress juga dapat Anda gunakan untuk menyusun . Jika Anda memiliki skil dan pengalaman yang ingin Anda tunjukkan secara , Anda dapat membuat situs portofolio dengan menggunakan WordPress. Dengan begitu, karyamu bisa dilihat dan dijangkau banyak orang di berbagai tempat. 

3. WordPress Untuk Membuat Toko Online

WordPress juga biasanya dijadikan sebagai platform untuk membuat . Jika Anda memiliki bisnis atau produk yang ingin Anda jual kepada khalayak yang lebih banyak dan dengan jangkauan yang lebih luas, Anda bisa membuat toko secara virtual. 

Dengan bantuan WordPress, Anda bisa menampilkan katalog produk yang ingin Anda jual. Selain itu, WordPress juga menyediakan berbagai fitur terkhusus untuk membangun toko virtual seperti fitur untuk mengatur metode transaksi, perhitungan ongkos kirim (ongkir), pengelolaan pemesanan, dan masih banyak lagi. 

4. WordPress Untuk Membuat Forum

Mungkin Anda pernah melihat sebuah komunitas di internet, jika Anda berminat untuk membentuk sebuah forum atau komunitas secara virtual, Anda bisa menggunakan WordPress untuk melakukannya. Anda bisa menginstall fitur-fitur tertentu yang memungkinkan pengunjung untuk memberikan komentar dan saran pada forum tersebut.

Kelebihan WordPress

Saat menggunakan WordPress untuk membuat sebuah website, pasti akan ada kelebihan yang akan dirasakan. Apa saja itu, berikut diantaranya:

1. Hemat

Menggunakan WordPress untuk membuat website dapat meminimalisir biaya yang harus Anda keluarkan, bahkan sampai gratis. Hal ini tentu akan membantu Anda yang ingin membangun website tapi masih belum memiliki biaya yang cukup besar. Bahkan tanpa mengeluarkan biaya Anda sudah bisa memiliki website sendiri. 

Baca Juga :  Apa Saja yang Menjadi Penyebab Website Down? Ini 9 Penyebabnya

2. Bersifat Open Source

WordPress yang bersifat open resource ini memingkinkan para pengguna untuk melakukan modifikasi dan pengembangan pada website yang dimiliki. Hal ini  menjadi salah satu alasan mengapa WordPress menjadi platform yang sangat popular apalagi bagi para developer. 

3. SEO Friendly

Salah satu strategi agar suatu website dapat mendapatkan pengunjung yang besar adalah dengan menggunakan strategi SEO. Strategi ini dilakukan agar situs Anda berada di peringkat atas mesin pencarian google. WordPress menyediakan fitur yang dapat mendukung Anda mengoptimalkan aspek SEO, misalnya Yoast SEO. 

Kekurangan WordPress

Adapun kelemahan yang mungkin Anda dapati saat menggunakan platform ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Keamanan Situs

Pada dasarnya, WordPress memang rutin melakukan pembaruan setiap 2 atau 3 bulan untuk meningkatkan keamanannya. Namun jika pengguna tidak mengupdate faktor keamanan tersebut maka tak menutup kemungkinan akan terjadi peretasan. Apalagi, WordPress merupakan platform yang populer. 

2. Page Speed

Secara umum, di awal penggunaan wordpress memang memiliki kecepatan yang sangat optimal. Namun seiring berjalannya waktu dapat melambat. Hal ini dapat disebabkan berbagai faktor, misalnya banyaknya tampilan berupa gambar dan video pada website atau banyaknya plugin yang diinstal meskipun tidak terlalu dibutuhkan. 

3. Update Plugin

Saat melakukan update plugin ke versi terbaru, terkadang akan terdapat masalah yang timbul misalnya beberapa plugin yang sudah diinstal sebelumnya tidak dapat digunakan. Padahal update ini seringkali dilakukan karena masalah keamanan, malah membuat pada tidak dapat digunakannya fitur lain. 

4. Perlu Instalasi Manual

Kekurangan lain yang dimiliki WordPress adalah perlu dilakukan instalasi secara manual. Terlebih lagi jika yang digunakan milik sendiri. Bagi pengguna yang masih awam, tentu hal ini menjadi salah satu tantangan tersendiri. 

Itulah berbagai informasi tentang WordPress, mulai dari , kegunaan hingga kelebihan dan kekurangan. Jika ingin membuat website, Anda tidak perlu bingung lagi untuk membuatnya karena sudah ada WordPress yang dapat Anda manfaatkan.