fbpx

Cara Menampilkan Dokumen Google Drive ke Website

Dalam rangka memaksimalkan tampilan , ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pemilik website. Salah satunya adalah menampilkan file yang dibutuhkan oleh pembaca yang berkunjung ke website kita tanpa repot melakukan proses unduh terlebih dahulu. File ini bisa berupa dokumen, gambar, ppt, dan lain sebagainya. Jika biasanya file diambil di perangkat komputer pengguna, Anda juga bisa mengambilnya dari drive.

Penggunaan amat sangat bermanfaat untuk semua orang saat ini. Pasalnya, software ini menyediakan ruang dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan software serupa lainnya, sebut saja dropbox. Keunggulan google drive adalah semua dokumen serta file yang dimiliki bisa terintegrasi secara langsung dengan berbagai akun yang dimiliki. Sehingga saat dibutuhkan, dokumen serta file lainnya lebih mudah didapatkan dan digunakan.

Dengan halaman web ini, beberapa keuntungan bisa dirasakan oleh banyak pihak. Anda bisa dengan mudah berbagi informasi kepada audiens  dan mereka bisa dengan mudah melihatnya tanpa harus mendownload. Selain itu, keuntungan yang bisa dirasakan adalah pemilik website bisa kapan saja mengontrol waktu untuk merilis update dokumen tersebut ke publik. Mempublikasikan file berupa google dokumen, spreadsheet, dan slide yang berasal dari google drive juga bisa dilakukan dengan mudah.

Apa Itu Google Drive?

Sudah disinggung pada paragraf sebelumnya bahwa google drive menjadi wadah untuk menyimpan file berupa dokumen, gambar, suara, dan berbagai file penting lainnya. Bukan hanya itu, google drive juga bisa dimanfaatkan untuk membuat, membagikan, mengkolaborasikan, serta menyimpan usernya. Drive ini sendiri memiliki kapasitas sekitar 15 GB dan bisa digunakan secara cuma-cuma.

Untuk memperbanyak kapasitasnya, user akan dikenakan tarif. Namun, untuk penggunaan sehari-hari, 15GB ini sudah lebih dari cukup. Keuntungannya lagi, google drive juga menyediakan fitur pengolah kata yang juga banyak digunakan, yaitu google docs. 

Baca Juga :  Cara mengurangi Bounce Rate di situs WordPress Anda

Cara Menampilkan File dari Google Drive ke Website

Kunci dari menampilkan file google drive ke website adalah file tersebut tersedia di akun drive Anda. Secara sederhana, user mengupload file yang akan disematkan di website, lalu menampilkannya di website dengan iframe.

Dikarenakan kemudahan yang didapatkan dari menyimpan dokumen di google drive membuat beberapa pemilik website mulai memanfaatkannya. Namun, ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana cara menampilkan dokumen google drive ke website. Padahal langkah-langkah cukup mudah, berikut ini informasinya:

  • Langkah Pertama

Sebelum menampilkan beberapa file atau dokumen dari google drive le website, pastikan Anda telah memiliki akun google drive.Biasanya, handphone yang sudah terdaftar akun google akan otomatis memiliki google drive. 

Akun yang digunakan harus terhubung dengan aktif agar mempermudah proses penyematan nantinya. Jika belum memiliki akun, buatlah terlebih dahulu lalu masukkan dokumen yang akan dimunculkan di website Anda.

  • Langkah Kedua

Setelah memastikan akun aktif, lalu masuklah pada google drive di ponsel Anda. Jika sudah terbuka, klik upload file anda terlebih dahulu, lalu klik kanan pada dokumen yang akan Anda sematkan atau yang ingin ditampilkan di website. Setelah itu, pilih bagikan

Atur bagikan menjadi publik, agar semua orang dapat meng-aksesnya

Klik kanan lalu klik pratinjau

Lalu klik titik tiga pilih menu buka di jendela baru (new tab). Secara otomatis file tadi akan terbuka di tab terbaru yang tampilannya mirip dengan sebelumnya. Perbedaan keduanya hanya terletak pada urlnya saja,pada tab baru tadi, dokumen atau file yang akan ditampilkan di website lah yang akan muncul.

Baca Juga Berikut : Cara Install Webmin di Fedora Linux

  • Langkah Ketiga

Pada url tadi, klik kembali titik tiga pada tampilan jendela yang terbuka. Pilih menu sematkan item dan beberapa saat kemudian akan muncul kotak dialog yang berisikan kode html dokumen.

Baca Juga :  5 Macam Bisnis Online Modal Minim

Blok semua kode tersebut lalu klik copy. 

Setelah proses penyalinan kode, masuklah di website yang akan Anda posting, lalu ubah mode html dengan cara klik html yang terletak di samping menu compose. Setelah itu, tempel kode html yang sudah disalin tadi dan posisikan dokumen sesuai dengan keinginan Anda. 

Jika sudah, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah klik menu compose tadi untuk melihat tampilan asli. Posisikan tulisan dengan cara mengaturnya sedemikian rupa agar bisa lebih rapi. Jika sudah fix, maka postingan di website sudah bisa diunggah.

Umumnya, file yang ingin ditampilkan di website yang berasal dari google drive ini berupa file doc, pdf, excel, sampai ppt. 

Keuntungan Menampilkan Dokumen dari Google Drive ke Website

Tak hanya melengkapi website, menampilkan dokumen di dari google drive juga bisa menghemat penyimpanan hosting. Pemilik website tidak membutuhkan lagi yang namanya khusus atau sejenisnya agar file PDF bisa tampil tanpa merepotkan pengunjung website untuk melakukan proses download terlebih dahulu. 

Dikarenakan sifat dokumen yang umum dan bisa dilihat secara luas tanpa ada sensor, sebaiknya hindari memasang informasi yang sifatnya sensitif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Menampilkan dokumen menjadi halaman web tentunya menguntungkan banyak pihak. Namun, tidak bisa dipungkiri ada beberapa dampak negatif juga yang bisa dirasakan, terkhusus oleh pemilik web. Salah satu kesalahan yang harus dihindari adalah mengizinkan lebih dari 100 pengunjung yang bisa melihat file yang diunggah secara bersamaan. Terlebih lagi jika menghosting halaman web tanpa melakukan pembelian domain terlebih dulu.

Nah, demikianlah beberapa informasi seputar cara menampilkan dokumen dari google drive ke website dengan mudah. Semoga di atas bisa bermanfaat untuk Anda ya. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel Berikut : 5 Cara Mencari Aged Domain Kualitas Terbaik