fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEOWebsiteWordpress

Menggunakan Strategi Blog Commenting untuk Mendapatkan Backlink

Yanti puspita

Apakah Anda tahu tentang menggunakan strategi Blog Commenting? Jika jawabannya hanya tentang partisipasi pengunjung atau sesuatu yang dapat di jadikan sebagai indikator.

Untuk terlihat apakah website tersebut ramai atau tidak, jika belum tahu berarti Anda belum menguasai strategi SEO Anda dengan benar.

Dalam ilmu SEO, meninggalkan komentar di blog bisa menjadi salah satu langkah yang digunakan untuk meningkatkan traffic.

Sayangnya, beberapa tahun belakangan ini, menggunakan strategi Blog Commenting untuk link building dan backlink sering di salah pahami.

Komentator hanya peduli dengan link, tanpa mempertimbangkan kualitas komentar yang di unggah dan di buat berkali-kali di halaman yang sama.

Namun, menggunakan strategi Blog Commenting bukan berarti di larang. Lalu bagaimana agar Blog Commenting yang Anda berikan dengan tujuan mendapatkan backlink tidak terdeteksi sebaai spam? Di bawah ini beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.

Mendapatkan Backlink Menggunakan Strategi Blog Commenting

Salah satu jenis backlink yang paling umum dan paling mudah di lakukan adalah menggunakan strategi Blog Commenting.

Backlink Blog Commenting adalah backlink yang di kirim dengan meninggalkan komentar tentang konten di blog atau website.

Backlink komentar blog sangat mudah untuk dipraktekkan sebagai pembelajaran SEO bagi pemula. Anda hanya perlu menulis komentar dan mengisi identitas di formulir. Setelah komentar di setujui, berarti Anda sudah berhasil menambahkan 1 backlink ke website Anda.

Namun sebenarnya melakukan Blog Commenting tidka sesederhana itu. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan, berikut adalah beberapa di antaranya.

Memilih Situs Web

Dalam menggunakan strategi Blog Commenting, memilih website untuk memasang backlink tidak boleh sembarangan.

Jangan memasang backlink di website palsu karena itu akan merusak citra website Anda sendiri di mata Google. Berikut adalah beberapa hal yang perlu di ingat ketika mencari situs web untuk menggunakan strategi Blog Commenting.

Pilih Situs Web yang Masih Di Kelola

Gunakan alat pencarian yang di sediakan oleh Google untuk memilih website saat menggunakan strategi Blog Commenting untuk mendapatkan backlink.

Artinya, jika Anda menggunakan alat pencarian Google, maka Google akan menampilkan situs web yang membahas tentang origami selama minggu terakhir.

Bayangkan jika Anda tidak menggunakan alat ini, mungkin konten yang ditampilkan adalah konten yang dibuat 2-3 tahun yang lalu.

Sehingga peluang pemilik situs web untuk tidak memelihara situs web lebih besar dna kemungkinan Anda untuk tidak mendapatkan backlink akan jauh lebih besar lagi.

Pilih Situs Web Yang Bagus

Saat menggunakan strategi Blog Commenting untuk mendapatkan backlink, pilihlah situs web yang  baik untuk meninggalkan komentar. Pilihlah juga situs web yang menyertakan konten yang baik, dan bukan konten negatif.

Gunakan Identitas Profesional

Siapa yang tidak tertarik jika Anda menggunakan corporate identity atau menggunakan identitas yang jelas dan menarik saat menggunakan strategi Blog Commenting untuk mendapatkan backlink.

Anda memiliki peluang lebih baik untuk mendapatkan backink, atau setidaknya profil Anda akan lebih mudah disorot.

Profil profesional dapat membuat pemilik blog percaya atau mengenal Anda lebih baik. Jika profil terlihat biasa saja, pemilik blog dan pengunjung lain hanya akan menilai profil ini sebagai spam atau komentar yang tidak menarik, jadi para pemilok blog akan melewati profil Anda begitu saja.

Berikan Komentar yang Berisi

Selanjutnya saat menggunakan strategi Blog Commenting untuk mendapatkan backlink, Anda perlu berkomentar dengan kualitas yang baik.

Sehingga bisa menjadi topik diskusi dengan pemilik blog ataupun dengan pengunjung lainnya. Komentar bisa dari isi blog, melengkapi isi yang hilang serta kritik dan saran atau pertanyaan dan permasalahan yang terjadi.

Menggunakan Tautan yang Relevan

Jika Anda memposting tautan, jangan hanya memposting tautan asal saja, Anda harus menggunakan tautan yang sesuai pada topik yang sesuai.

Ini merupakan nilai plus saat menggunakan strategi Blog Commenting untuk mendapatkan backlink karena dapat bermanfaat bagi orang lain dan pemilik website.

Jika link tersebut berbeda dengan topik maka akan terlihat lebih aneh bahkan akan di anggap sebagai link spam. Jadi link Anda harus jelas, berkualitas tinggi dan relevan dengan topik pembahasan.

Hindari Komentar Basa-Basi

Apa yang mengubah komentar Anda menjadi spam adalah basa-basi yang tidak berguna dan tautan yang buruk atau tautan rusak.

Dalam menggunakan strategi Blog Commenting untuk mendapatkan backlink, komentar seperti ini tidak ada gunanya dan tidak memberikan umpan balik.

Ingat, komentar blog selain membantu memberikan traffic atau pengaruh SEO, juga mempengaruhi image Anda.

Pastikan untuk meninggalkan komentar yang baik dan berkualitas, jika tidak mendapatkan traffic setidaknya branding Anda akan terbentuk lebih baik.

Hindari Komentar Spam

Saat menggunakan strategi Blog Commenting untuk mendapatkan backlink, hindari kegiatan spamming. Kegiatan spam itu salah, bukan hanya dalam konteks untuk mendapatkan backlink tapi juga dalam konteks lain yang ada.

Jadi jika Anda memberikan komentar spam maka jangan berharap Anda akan mendapat umpan balik yang baik. menggunakan strategi Blog Commenting

Gunakan Kalimat Tanya

Cara menggunakan strategi Blog Commenting untuk mendapatkan backlink ini cukup sederhana namun sangat efektif.

Logikanya, setiap pertanyaan membutuhkan jawaban. Untuk menjawab pertanyaan, pemilik blog harus meninggalkan komentar agar pertanyaan dan jawaban tersebut dapat muncul di halaman blog.

Maka dari itu, jangan ragu untuk menggunakan kalimat tanya saat berkomentar di halaman blog atau website sesorang.

Gunakan pertanyaan yang relevan dan bahasa yang sopan agar pemilik situs mau menjawab aoa yang Anda tanyakan.

Sertakan juga backlink jika diperlukan, sehingga komentar Anda berpotensi menghasilkan traffic ayng lebih baik.

Komentar Di Blog Bahasa Inggris

Entah kenapa, salah satu “masalah” blogger dalam negeri adalah keengganan memposting komentar yang mengandung kata kunci, walaupun kontennya relevan.

Jika Anda sering menemui masalah yang seperti ini, ada baiknya mencari blog dengan bahasa asing seperti bahasa Inggris untuk meningkatkan potensi komentar blog.

Syarat utama menggunakan strategi Blog Commenting untuk mendapatkan backlink yang ini adalah Anda harus bisa berbahasa Inggris dengan level komentator sedang.

Pastikan juga apa yang Anda bahas relevan sehingga pemilik blog mau menanggapinya. Jika komentar Anda di anggap informatif, bukan tidak mungkin pemilik blog atau website mau mengunjungi situs Anda.

Tambahkan Backlink

Untuk mencegah komentar terdeteksi sebagai spam, gabungkan backlink yang kuat dengan menautkan ke nama domain alih-alih URL konten yang ingin Anda tambahkan. Link berupa domain situs biasanya di baca oleh Google sebagai pelengkap identitas pemberi komentar.

Google tidak akan mengklasifikasikan backlink tersebut sebagai spam, sehingga peluang menggunakan strategi ini untuk mendapatkan backlink bisa lebih maksimal.

Satu hal yang perlu di ingat. Berlebihan dalam hal ini sangat tidak di anjurkan. Cantumkan juga backlink yang banyak di kolom komentar meskipun tujuannya untuk meningkatkan potensi SEO blog atau situs yang Anda kelola.

Sebenarnya strategi SEO apapun akan memberikan hasil yang maksimal ketika Anda tahu bagaimana menerapkan strategi yang tepat.

Hal yang sama berlaku saat menggunakan strategi Blog Commenting ini. Inti dari menggunakan strategi Blog ini adalah membangun hubungan, meningkatkan peluang lalu lintas, dan meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Jadi fokuslah pada tiga hal itu.

Baca Juga