fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

WebsiteSEOWordpress

Alasan Mengapa Spam Blog Comment Backlink Berbahaya dan Acaman Pinaltinya

Yanti puspita

Spam blog comment backlink berbahaya – Anda pasti sudah sering mendengar tentang backlink berbahaya yang mengandung spam komentar.

Seperti yang di definisikan, spam berarti komentar yang tidak diminta, tidak relevan, dan tidak dimaksudkan untuk menanggapi atau membahas topik diskusi dalam postingan.

Tujuan spam ini biasanya hanya untuk meninggalkan jejak digital, sekaligus sebagai sarana promosi dengan cara yang tidak tepat. Terkadang pula jumlah komentar yang di posting tidak hanya satu atau dua, tapi lebih dari itu.

Alasan Mengapa Spam Blog Comment Backlink Berbahaya dan Ancaman Pinaltinya

Secara sederhana, backlink atau tautan balik sendiri adalah tautan dari situs lain ke situs Anda. Dengan demikian lebih banyak backlink akan memberikan dampak yang lebih baik pada peringkat situs dan dapat menunjukkan situs Anda sebagai situs populer.

Lalu apa benarnya, tentang pernyataan bahwa spam blog comment backlink berbahaya? Untuk mengetahui lebih lanjut tentang alasan mengapa spam blog comment backlink berbahaya, serta pinalti apa saja yang akan di berikan jika Google mengetahui tentang pelanggaran ini, Anda bisa melihat uraian di bawah ini!

Tentang Spam Blog Comment

Berkomentar di blog merupakan cara yang sering di identikkan sebagai cara yang tidak berguna di dunia black hat karena di yakini membawa pinalti dari Google.

Tapi, apakah itu benar? Secara umum, jika menyangkut teknik black hat sebagai salah satu teknik backlink, semua metode dapat di klasifikasikan sebagai berbahaya atau tidak berguna.

Hal ini karena semua cara tersebut termsuk spam blog comment bisa kena sanksi jika dilakukan oleh orang yang tidak tahu bagaimana cara melakukannya dengan benar. Untuk itu ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan spam blog comment, diantaranya;

  • Pertama, jangan memposting komentar di domain yang sama. Cukup tinggalkan 3 dan hingga 5 komentar di setiap nama domain.
  • Kedua, buatlah komentar yang tidak sama dengan komentar yang lain. Pastikan juga agar Anda tidak melakukan copy paste di semua komentar yang Anda berikan.
  • Jangan lupa pastikan kata kunci backlink berbeda.
  • Pilih website yang memiliki nilai Page Authority relatif tinggi. Jika tidak, Anda memerlukan banyak komentar blog dan ini dapat mengarah ke Google pinalti.

Dari poin di atas, kesimpulannya adalah pernyataan spam blog comment backlink berbahaya ini sering terdengar dari orang-orang yang mengalami kegagalan dalam melakukannya. Jika Anda dapat mempertahankan variasi dalam semua comment yang di berikan dan menjaga backlink Anda dalam profil yang tampak alami, maka kemungkinan besar Google tidak akan mencurigai situs web Anda.

Alasan Mengapa Backlink Komentar Blog Spam Berbahaya

Walaupun ada yang berpendapat bahwa spam blog comment backlink ini tidak berbagaya selama di lakukan dengan benar, namun ada beberapa alasan lain yang memperkuat pernyataan spam blog comment backlink berbahaya.

Berikut ini adalah alasan yang menguatkan pernyataan mengapa spam blog comment backlink berbahaya dan banyak di hindari para penggelut SEO.

·         Mengurangi Traffic Blog Anda Secara Bertahap

Skor spam di tampilkan sebagai persentase (%). Semakin tinggi skor spam sebuah blog atau website, semakin lambat traffic website tersebut.

Misal biasanya ada 2000 pengunjung per hari, maka dengan spam blog comment pengunjung lama kelamaan akan terus berkurang.

·         Peringkat Rendah Dalam Pencarian Google

Faktor yang menyebabkan traffic turun adalah peringkat artikel blog di Google Search. Biasanya website dengan spam blog comment tidak akan ada di angka 1 sampai 2,3,4 bahkan bisa menghilang dari halaman pertama mesin pencari.

·         Kalah Kompetisi

Skor spam yang tinggi membuat sebuah website sulit untuk bersaing di mesin pencari. Selain itu, kompetitor website lain yang terus meningkatkan kualitas kontennya bisa berdampak kemana-mana.

·         Penurunan Pendapatan

Jika traffic menurun, yang paling jelas adalah pendapatan dari Adsense juga akan berkurang. Karena Adsense membutuhkan traffic blog yang tinggi jika ingin mendapatkan penghasilan yang cukup.

·         Hilang Dari Peredaran

Seiring waktu, website dengan spam blog comment backlink berbahaya akan hilang dari peredaran. Mungkin blognya masih ada, tapi traffic pengunjungnya turun drastis. Hal ini akan menyebabkan backlink website tidak diindeks oleh Google lagi.

Ancaman Penalti Oleh Google Saat Menggunakan Spam Blog Comment Backlink

Secara umum, ada 3 jenis sanksi yang biasa di terapkan Google terhadap blog yang di anggap melanggar pedoman kebijakan yang berlaku atau saat menggunakan spam blog comment backlink berbahaya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya,

·         Penalti Filter

Ancaman pinalti pertama adalah penalti filter di mana beberapa konten yang di anggap melanggar pedoman akan di sembunyikan dari halaman pencarian SERP (halaman hasil mesin pencari). Ini biasanya terjadi ketika Anda memberikan backlink di salah satu artikel Anda.

Dalam pengertian, ini merupakan indikasi komentar backlink yang buruk. Tetapi pengguna lain sering menyalahkan algoritme yang menghukum halaman web yang dianggap melanggar kebijakan spam tautannya.

·         Penalti Peringkat Buruk

Jenis penalti kedua adalah penalti peringkat buruk. Mungkin Anda pernah membuat artikel dengan kriteria kualitas sangat tinggi, namun peringkatnya relatif rendah dan tidak masuk 10 besar hasil pencarian Google.

Menurut Anda apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi pada konten Anda? Tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini di sebabkan karena beberapa posting spam di blog Anda dapat memengaruhi SEO blog secara keseluruhan.

·         Hukuman Penghapusan Konten

Ancaman pinalti ketiga adalah hukuman untuk menghapus konten dengan menghapus blog secara permanen dari halaman Google.

Hukuman ini dapat di kategorikan sebagai hukuman berat. Jika sudah sampai tahap ini, biasanya pelanggaran yang Anda lakukan melibatkan kepemilikan hak cipta (DMCA).

Biasanya beberapa website sering mendistribusikan konten milik orang lain secara ilegal atau tanpa izin. Oleh karena itu, pemilik hak cipta secara pribadi atau melalui pengacaranya meminta agar situs yang melanggar tersebut di hapus oleh Google.

Faktanya, semua pinalti yang di kenakan pada pengguna yang melanggar pedoman kebijakan termasuk yang menyebabkan backlink buruk ini dapat di hindari. Jika Anda mengetahui cara yang tepat untuk meningkatkan peringkat situs web Anda dengan memanipulasi algoritme.

Kesimpulan

Backlink komentar blog bisa di kategorikan sebagai metode black hat kelas menengah, karena metode ini bisa menghitung halaman dengan Page Authority tinggi. Sehingga, pada dasarnya pernyataan mengenai spam blog comment backlink berbahaya ini tergantung pada siapa yang menggunakan.

Satu-satunya yang perlu Anda perhatikan adalah strategi yang tepat saat melaukan spam blog comment agar tidak berbahaya bagi situs web Anda dan tidak menyebabkan situs web Anda terena ancaman pinalti dari Google.

Selama semua spam blog comment backlink di lakukan dengan cara yang benar dan tidak melanggar pedoman kebijakan yang berlaku, maka keamanan situs web Anda akan terjamin. Semoga bermanfaat!

Baca Juga