fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Sejumlah Trik Hack WordPress dan Cara Mencegahnya

Wiliam

WordPress merupakan salah satu konten manajemen sistem yang banyak digunakan untuk membangun sebuah situs atau blog. Saat ini, sebesar 4,5% website di seluruh dunia menggunakan WordPress dan telah diinstal sebanyak 76,5 juta kali. WordPress memiliki banyak fitur menarik sehingga memudahkan para pengguna untuk membuat Website, utamanya bagi para.

Meski begitu cukup populer, sebenarnya wordpress memiliki banyak kontra sebab menurut laporan yang dirilis Securi,  perusahaan spesialis di bidang website security, WordPress adalah salah satu CMS yang paling banyak dihack di dunia. 

Namun sebenarnya jika para pengguna WordPress melakukan cara pengamanan sesuai dengan panduan terbaik maka pembobolan dan pencurian informasi akun dapat dicegah.

Nah, jika anda adalah salah satu pengguna wordpress atau ingin menggunakan wordpress sebagai cms untuk membangun website tentang anda berada pada artikel yang tepat sebab berikut ini akan dibahas terkait beberapa trik hack wordpress serta bagaimana cara mencegahnya. 

Trik Untuk Hack Situs WordPress

Ada beberapa trik untuk melakukan aksi hardware prize yang biasa digunakan oleh para titik apa sajakah itu, simak penjelasannya berikut ini:

1. SQL Injection

Trik hack WordPress yang pertama yaitu dengan menggunakan SQL injection. Biasanya cara ini dilakukan pada website atau situs yang rentan atau belum diberi keamanan ekstra. 

Cara kerja trik SQL Injection yaitu dengan menargetkan gerbang backend wordpress yang membuat pemilik akun mengizinkan peretas untuk menembus situs yang ia miliki.

Saat berhasil mendapat izin atau Injeksi sudah dilancarkan maka hacker tersebut bisa mengubah sistem database dan perintah, juga menghapus dan mencuri informasi penting dalam website tersebut.

2. WPScan

Trik kedua yang dilakukan  hacker untuk membobol situs wordpress yaitu dengan menggunakan WPScan. Umumnya, WPScan ini digunakan oleh pemilik situs untuk memeriksa keamanan mereka. Namun, ternyata pemindai ini juga biasa digunakan oleh para hacker untuk meretas situs pengguna wordpress

Cara kerja WPScan yaitu dengan mengizinkan pemilik situs target untuk menentukan akun WP dan kata sandi brute force yang ingin mereka gunakan. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke akun wordpress korban.

3. Mysql

Trik selanjutnya yaitu dengan menggunakan Metode My SQL. trik ini digunakan para hacker untuk membuat akun palsu atau dengan memodifikasi kata sandi pengguna situs tersebut. Selanjutnya, hacker tersebut akan coba menembus website melalui cPanel hingga akhirnya menemukan pengguna yang ingin mereka modifikasi akunnya.

Setelah itu, hacker bisa melacak pengguna serta mengganti kata sandinya. Selanjutnya hacker tersebut akan menyusup ke situs wordpress korban dan mengambil informasi penting di dalamnya.

4. Phishing

Trik selanjutnya yang sering digunakan oleh para hacker untuk membobol akun WordPress yaitu dengan menggunakan metode fishing. 

Para hacker akan menggunakan data sensitif pemilik akun untuk melancarkan aksinya, misalnya dengan akun media sosial, pin, kartu kredit, dan lainnya. Umumnya mereka akan menggunakan email untuk mendapatkan informasi dari para korban. 

5. Backdoor 

Selanjutnya, untuk membobol situs wordpress bisa dilakukan juga melalui backdoor. Hacker bisa memanfaatkan entry backdoor di situs WordPress untuk mendapatkan akses ke situs   WordPress korban. 

Metode ini akan dijalankan hacker dengan memanfaatkan FTP atau pengaturan ulang kata sandi pengguna situs. Yang mana, mereka akan coba mengatur ulang kata sandi melalui entri backdoor lalu setelah berhasil mereka akan mengambil alih akses admin situs tersebut.

Cara Mencegah Peretasan WordPress

Setelah mengetahui beberapa trik untuk membobol akun WordPress, selanjutnya adalah bagaimana cara agar tetap aman dan terhindar dari para hacker:

1. Pastikan untuk selalu mengupdate wordpress ke versi terbaru

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah situs wordpres Anda dibobol oleh para hacker dan terbebas dari Malware yaitu dengan memastikan bahwa WordPress yang Anda gunakan adalah versi terbaru. 

Meskipun sebenarnya WordPress telah mengatur sistem untuk  update otomatis mulai dari versi 3.7 namun update yang dilakukan sifatnya kecil sehingga untuk mendapatkan update keamanan yang total atau penuh harus dilakukan secara manual. 

2. Pakai cara login yang jarang digunakan

Selanjutnya yaitu menggunakan metode login akun WordPress dengan cara yang tak lazim digunakan titik biasanya satu ingin login ke akun wordpress maka anda menggunakan username dan password. Padahal, pada dasarnya Ada cara lain yang bisa digunakan. Dengan cara login lain tersebut akan mencegah hacker membobol akun Anda.  

3. Aktifkan Autentikasi dua langkah

Cara selanjutnya untuk menjaga hack akun WordPress yaitu dengan mengaktifkan autentikasi dua langkah sangat penting untuk dilakukan di semua akun pribadi sebab menjadi lapisan keamanan tambahan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan. Meskipun untuk mengaktifkannya terkesan cukup sulit. 

Untuk mengaktifkan autentikasi dua langkah, anda perlu menginstal aplikasi tambahan dan mengkonfigurasi aplikasi tersebut pada akun WordPress Anda.

4. Jangan gunakan theme wordpress bajakan

Anda perlu mengingat bahwa menggunakan theme wordpress bajakan akan lebih memudahkan hacker mendapat mencuri akun Anda. 

Memang banyak theme bajakan yang tersedia di internet dan dapat digunakan secara gratis namun kebanyakan dari plugin dan theme tersebut sudah dilengkapi dengan Malware atau link SEO black hat sehingga ketika Anda menggunakannya maka dengan mudah hacker mengakses akun Anda. 

Itulah beberapa trik hack WordPress beserta cara mencegahnya. Dengan berbagai trik di atas diharapkan WordPress anda bisa paman dan terhindar dari hal-hal tak diinginkan. 

Baca Juga