fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Domain

Secure DNS Adalah Fitur Penting Keamanan, Ini Penjelasannya!

Rianda

Secure DNS adalah fitur penting untuk memberikan perlindungan ketika mengakses internet. Apalagi di dunia internet marak sekali, adanya kasus pencurian data dan spyware. Karena itulah, fitur tersebut akan melindungi secara penuh dan meminimalisir terkena hack oleh peretas.

Fitur DNS Aman bisa diaktifkan oleh pengguna internet ketika berselancar menggunakan Google Chrome, baik lewat komputer maupun smartphone android. Setelah diaktifkan, pengguna akan mendapatkan manfaat dari fitur tersebut. Lebih lanjut mengenai secure DNS, diterangkan dalam penjelasan berikut:

Apa Itu Secure DNS?

Pengertian secure DNS adalah fitur yang berguna untuk memastikan privasi serta keamanan website. Fitur tersebut menjadi standar keamanan yang baru di web. Untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, bisa menggunakan resolver yang mendukung DNS Aman, yakni DNS over HTTPS (DoH).

DNS Aman menerapkan DoH untuk melindungi komunikasi yang menuju DNS menggunakan sistem enkripsi. DoH merupakan tambahan sistem protokol keamanan reguler Domain Name System (DNS). Fungsinya adalah menerjemahkan nama domain menjadi IP Address.

Tapi tidak semua ISP (Internet Service Provider) menyediakan fitur tersebut dan permintaan terenkripsi. Fitur ini bergantung pada situs web dan server DNS yang digunakan. Pengguna internet dapat mengaktifkan dan menonaktifkan secure DNS sendiri, seperti ketika berselancar di Google Chrome.

Ketika mengakses sebuah situs, Chrome pasti mencari IP Address dari server host situs tersebut. Agar privasi terlindungi, maka bisa mengaktifkan pencarian dengan keamanan tersebut. Menggunakan fitur DNS Aman sangatlah mudah.

Meningkatnya serangan siber dan peretasan dinilai sebagai urgensi yang mengharuskan untuk melakukan langkah-langkah pengamanan. Cara paling mudah untuk mengamankan privasi yaitu dengan fitur ini. Meskipun dipandang hal kecil, tapi memberikan manfaat yang penting.

Manfaat Secure DNS

Sebelumnya sudah disinggung bahwa secure DNS bermanfaat penting ketika berselancar di internet. Fitur tersebut penting untuk diaktifkan. Inilah manfaat dari DNS Aman:

  • Memberikan keamanan ekstra. Fitur keamanan yang menggunakan DoH ini akan memberikan perlindungan dengan enkripsi. Hal tersebut yang membuat para hacker atau potensi jahat lain tidak bisa melancarkan serangan.
  • Melindungi privasi. Penerapan DoH bermanfaat agar trafik user internet tidak dapat dipantau maupun dialihkan ke situs web yang berbahaya. DoH membuat permintaan dari DNS ke server menjadi terenkripsi. Hal tersebut menyembunyikan penerjemahan alamat situs ketika browsing.

Secure DNS di Chrome versi desktop dan android mempunyai sistem kerja sama, yakni memakai protokol internet DoH.  Mengaktifkan fitur tersebut dapat meningkatkan keamanan dan privasi. Saat diaktifkan, kemudian didukung layanan DNS yang dipakai, otomatis Chrome menerapkan DoH guna akses situs.

Cara Mengaktifkan Secure DNS di Google Chrome

Pada awalnya, fitur keamanan ini dikenalkan oleh Google pada browser Chrome 83 untuk versi desktop. Tapi sekarang sudah tersedia untuk versi android, yakni di Chrome 85. Inilah langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  • Bukalah browser Google Chrome.
  • Kemudian klik opsi titik tiga di sudut kanan.
  • Pilih menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke pilihan Privasi dan Keamanan.
  • Klik menu Keamanan.
  • Geser slider pada menu Gunakan DNS Aman agar aktif.
  • Selanjutnya gunakan penyedia layanan saat ini. Bisa juga mengetuk drop down menu untuk menentukan penyedia layanan secara custom.

Cara Memeriksa Secure DNS di Browser

Ada cara untuk memeriksa apakah browser yang dipakai menggunakan DNS Aman atau tidak. Pengecekan bisa dilakukan lewat utilitas online Cloudfare. Inilah caranya:

  • Kunjungi cloudflare.com/en-gb/ssl/encrypted-sni/#results
  • Klik Check My Browser.
  • Tunggu hasilnya. Apabila tidak terdeteksi, perbaiki dengan memakai server yang lain atau menghubungi penyedia layanan internet.

Jadi, secure DNS adalah fitur keamanan dan perlindungan privasi. Fitur tersebut perlu untuk diaktifkan agar aman saat browsing. Mengaktifkannya bisa lewat peramban Google Chrome versi desktop maupun android.

Baca Juga