fbpx

Satu Hosting Bisa Untuk Berapa Website? Simak Penjelasannya

Hosting merupakan rumah bagi sebuah website dan menjadi salah satu faktor terpenting yang harus ada demi kelancaran di internet. Lalu pertanyaanya, berapakah jumlah website yang mampu ditampung oleh ini? Nah, kali akan memberikan informasi terkait hosting yang mampu menampung sejumlah website.

Sebelum membahas lebih jauh tentang hosting, alangkah lebih baik untuk mengulas sedikit apa itu layanan hosting dan fungsinya. Sebuah website tentunya memiliki sejumlah dan file yang harus disimpan secara otomatis oleh sistem. Nah, layanan hosting inilah yang bertugas menyimpan file pada data khusus sehingga mampu diakses oleh setiap pengguna jaringan internet.

Saat ini, perusahaan penyedia layanan hosting sudah bertebaran di mana-mana. Namun, setiap provider tentu memasang harga berbeda sesuai dengan spesifikasi dan fitur yang mampu diberikan kepada pengguna. Semakin mahal harga sewanya, pasti akan semakin bagus performa hosting digunakan.

Bisakah Menambahkan Website dalam Satu Hosting?

Banyak yang belum tahu jika satu hosting mampu menampung beberapa website di dalamnya. Ketika melakukan pembelian di penyedia layanan, biasanya Anda akan mendapatkan fitur untuk membuat subdomain dan addon . Lalu apa itu subdomain dan addon domain? Berikut ini penjelasan lebih rincinya:

·         Subdomain

Istilah yang pertama ini merupakan layanan yang digunakan untuk menambahkan subdomain dari domain utama situs atau website yang telah ada di akun panel hosting. Contohnya, ketika Anda telah mendaftarkan domain utama, maka Anda tetap bisa menambahkan subdomain lain tanpa adanya batasan.

Secara sederhana, subdomain ini menjadi bagian dari domain yang lebih besar seperti contoh umumnya, mail..com, www.google.com, atau docs.google.com menjadi bagian dari google.com. Setiap  pemilik domain bisa membuat subdomain untuk bisa memberikan alamat yang mudah diingat untuk halaman web.

Baca Juga :  Inilah Kelebihan dan Kekurangan VPN, Simak Ulasan Ini 

Perlu diingat jika aktivitas menambahkan beberapa website ke dalam hosting ini bisa dilakukan jika server hosting masih kuat. Itulah mengapa, sangat penting untuk menanyakan terlebih dahulu fitur yang bisa digunakan saat membeli layanan ini di provider.

·         Addon domain

Merupakan domain tambahan yang bisa ditambahkan pengguna dalam akun hosting yang telah dibelinya. Jumlah domain ini sangat tergantung pada paket layanan yang Anda pilih saat membelinya, semakin mahal harga sewanya, maka akan semakin banyak domain yang bisa ditambahkan, bahkan sampai unlimited pun bisa.

Dengan fitur ini, Anda bisa memiliki banyak domain tanpa perlu membeli hosting lagi. Selain membuat domain baru, Anda juga bisa membuat akun tambahan seperti email hosting untuk keperluan addon domain nantinya.

Baca Juga Artikel Berikut : Shared Hosting Adalah: Definisi, Kelebihan, dan Kekurangan

Berapa Website yang Bisa Tertampung dalam Satu Hosting?

Jika ada pertanyaan seperti ini, maka jawabannya sangatlah mudah. Semua tergantung dari paket layanan yang Anda beli.  Pada umumnya, paket basic hosting hanya mampu menampung satu domain website saja, terkecuali Anda membuat subdomain utama dari website. Sedangkan paket hosting di atas basic biasanya menawarkan fitur addon domain yang lebih banyak.

Sebagai gambaran, berikut ini beberapa contoh layanan hosting yang bisa menjadi rekomendasi dan juga referensi:

1.       WordPress Hosting Base

Pada layanan yang pertama ini, pengguna bisa menambahkan dua website dengan nama domain yang berbeda dalam satu hosting. Untuk website dengan subdomain utama sangat mungkin untuk menambahkannya secara unlimited.

2.       WordPress  Hosting +1

Untuk paket layanan ini, pengguna bisa menambahkan tiga domain website dengan nama yang berbeda. Sedangkan untuk subdomain, Anda bisa menambahkan secara unlimited dan bebas sesuai dengan keinginan masing-masing.

3.       WordPress Hosting  +2

Memungkinkan Anda untuk menambahkan empat domain dengan alamat yang berbeda. Sedangkan untuk subdomain sebagai administrator bisa ditambahkan unlimited bebas subdomain.

Baca Juga :  Cara Memilih Plugin Keamanan WordPress

4.       WordPress Hosting +3

Untuk layanan ini sendiri memungkinkan Anda untuk menambahkan sekitar lima website dengan nama domain yang berbeda. Untuk subdomainnya sendiri bisa ditambahkan secara ulmited bebas.

5.       WordPress Hosting +4

Terakhir ada paket layanan menambahkan subdomain yang memungkinkan Anda untuk menambahkan nama domain dengan nama website yang berbeda satu sam lain. Taka hanya itu saja, Anda juga bisa bebas menambahkan subdomain secara unlimited tanpa batasan.

Bagaimana Cara Menambahkan Addon Domain?

Untuk  yang sudah memiliki hosting dengan nama domain tertentu,  maka Anda bisa menambahkan domain baru pada server hosting. Caranya mudah saja asal langkah-langkahnya sudah diketahui dengan baik. Berikuti ini yang bisa Anda ikuti:

  • Melakukan login pada cPanel hosting yang Anda miliki dengan cara memgaksenya di nmadomain.com/cPanel
  • Masukkan username dan juga password akun Anda
  • Jika sudah berhasil masuk dashboard, dilakukan scroll lalu pilih menu “Domains” lalu pilih menu “Addon domains”
  •  Lalu masukkan nama domain pada menu “Create an Addon Domain”
  •  Tunggu beberapa saat sampai nama domain tampil

Baca Juga Artikel Berikut : Mengenal Control Panel Hosting dan Fungsinya

Tips Hosting Cepat dengan Jumlah Domain yang Banyak

Sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan bagus bukan? Hal tersebut juga berlaku pada penambahan website dalam hosting secara berlebihan. Biasanya, pihak provider memberikan batasan  jumlah website yang bisa ditambahkan guna mengoptimalkan kinerja website. Rajinlah memperhatikan resource dari panel hosting yang Anda gunakan, jangan sampai terjadi overload dan membuat website menjadi lemot.

Jika sudah mulai muncul tanda-tanda overload, Anda bisa langsung melakukan paket hosting ke yang lebih tinggi. Tentunya addon domain ini bisa menjadi  alternatif terbaik untuk Anda yang ingin memiliki beberapa domain, tapi tak perlu lagi membeli hosting. Dengan begitu, penghematan biaya dan keefektifan waktu bisa didapatkan.

Itulah tadi beberapa informasi seputar hosting yang mampu menampung beberapa website. Intinya, berapapun bisa dilombakan sesuai dengan paket layanan hosting yang dipilih saat membelinya di provider.