fbpx

Mengenal Control Panel Hosting dan Fungsinya

Untuk yang sedang mengelola , Anda pasti sering mendengar hal-hal berkaitan dengan control panel . Sudahkah Anda mempelajarinya lebih dalam?

Ketika website Anda berkembang nanti, Anda pasti membutuhkan control panel. Oleh karena itu, mari belajar tentang control panel hosting dan apa saja fungsinya.

Mengenal Control Panel Hosting

Control Panel Hosting adalah

Apa itu control panel hosting? Anda perlu mempelajarinya dari yang paling dasar, yakni berkaitan dengan definisinya.

Control panel hosting adalah sebuah yang memiliki fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan berbagai layanan hosting milik Anda. 

Dengan tools ini, Anda pun bisa melakukan banyak hal secara lebih mudah, termasuk mengatur nama domain, menginstal , mengatur akun , mengunggah file, dan lain sebagainya.

Control panel ini biasanya disediakan oleh layanan web hosting. Tujuan utamanya masih berkaitan dengan kemudahan dalam mengelola hal-hal yang berkaitan dengan website.

Cara dari control panel hosting adalah dengan memanfaatkan antarmuka web hosting dengan tampilan yang lebih sederhana. Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot-repot lagi dalam mengatur kode.

Fungsi Control Panel Hosting

manfaat control panel hosting

Ketika mempelajari apa itu control panel hosting, Anda sebenarnya sudah sekaligus mempelajari fungsinya. Namun, agar Anda lebih paham lagi, berikut beberapa fungsi dari control panel hosting.

1. Mengelola Domain dan Subdomain

Jenis-jenis control panel hosting ada banyak. Masing-masing memiliki fitur dan layanan yang berbeda-beda. Namun, semua jenis pasti bisa menjalankan fungsi pertama ini, yakni mengelola domain dan subdomain.

Baca Juga :  2 Strategi Bisnis Dari Tokoh Marketing Terkenal Dunia

Pengguna bisa melakukan pembaruan, mengedit , mengatur subdomain, mendaftarkan domain baru, dan masih banyak fungsi lainnya. Contoh adalah yang bisa menjalankan fungsi ini.

2. Mengelola File

Kemudian, fungsi lainnya yang tak kalah penting adalah mengelola file hosting. Ketika mengelola website, Anda tidak hanya perlu melihat file, tetapi juga mengatur file tersebut. Control panel hosting umumnya menyediakan fitur ini.

Control panel yang bagus juga menyediakan fitur pengelolaan file melalui FTP. Pengelolaan file pun bisa lebih mudah dan sederhana.  

3. Menginstal Aplikasi

Untuk melengkapi website, Anda mungkin membutuhkan aplikasi-aplikasi tambahan pada website. Apa pun aplikasi yang Anda butuhkan bisa di-install melalui control panel. Anda hanya perlu melakukan beberapa klik.

4. Mengelola Database

Dalam sebuah website, Anda mungkin memiliki banyak yang tersimpan dalam database. Bagaimana cara mengatur data tersebut agar bisa Anda gunakan dengan mudah? Anda harus menggunakan control panel.

Kemudian, Anda bisa mengatur data yang berkaitan dengan username & , post, comment, page, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mengatur data-data yang berkaitan dengan pengguna website, seperti menambahkan akun pengguna atau mengatur hak akses para pengguna.

5. Membuat Backup Data

Selanjutnya, manfaat control panel masih berkaitan dengan data. Dengan menggunakan control panel, Anda bisa dengan mudah membuat backup data. Data-data penting seperti file, email, database, dan DNS bisa dibuat backup-nya melalui control panel.

Melalui control panel, Anda bisa melakukan backup secara lebih cepat. Anda juga bisa melakukan backup rutin, entah itu secara mingguan, dua mingguan, atau bulanan. Hal ini bisa membuat data-data Anda lebih aman.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola website, penting sekali untuk menggunakan control panel hosting. Setelah memperhatikan pengertian dan fungsinya, Anda bisa lanjut ke proses memilih control panel terbaik. Temukan satu control panel terbaik di antara banyaknya control panel yang ada.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Hosting Website Milik Orang Lain, Cepat dan Mudah!