fbpx

Rekomendasi Hosting Gratis untuk Website

Memulai karir di dunia tentunya tidak mudah. Mengelola website tidak memberikan jaminan kesuksesan kepada pemiliknya. Meski demikian, ini bukan alasan untuk berhenti dan mencoba untuk merintisnya agar bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Ada banyak sekali yang harus dipersiapkan dalam mengelola website agar bisa menghasilkan profit, salah satunya pemilihan yang sesuai. Istilah hosting tentu sudah tidak asing lagi bukan? Sebab ini menjadi komponen penting dari wesbite itu sendiri. Sebagai pemula, gratis tentu menjadi pilihan utama.

Hampir semua pemilik website menginginkan layanan hosting gratis, terlebih untuk mereka yang belum yakin apakah website yang dikelolanya ini bisa menguntungkan. Memang tidak ada salahnya menggunakan secara gratis layanan ini, tapi perlu diingat bahwa fiturnya juga memiliki keterbatasan.

Bagaimana Cara Kerja Web Hosting dalam Perusahaan?

Sebelum membahas lebih jauh beberapa layanan hosting gratis yang bisa Bizzie coba, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana sebenarnya hosting ini bekerja. Saat seseorang mengetikkan sesuatu di , maka informasi tersebut akan terkirim ke fisik lalu ditukar dengan sejumlah informasi yang diinginkan tadi.

Membeli server tidak murah. Biaya penanganan, perawatan, dan pengguna juga harus membeli lokasi fisik yang digunakan untuk menyimpan server tersebut. Belum lagi biaya tagihan lainnya seperti listrik, layanan internet, dan lain sebagainya. Itulah yang menjadi alasan mengapa perusahaan hosting dengan fitur premium lebih mahal.

Pertanyaan yang muncul pasti adalah bagaimana cara perusahaan melunasi tagihan yang tidak murah tersebut sedangkan layanan yang ditawarkan tersebut gratis? Maka jawabannya hadir dalam beberapa poin penting:

  • Hadirnya Iklan di website pengguna.

Mungkin ada beberapa orang yang tidak menyadari ini. Namun, kehadiran dan munculnya beberapa iklan di website menjadi keuntungan bagi perusahaan hosting yang Anda gunakan. Iklan yang perusahaan ini pasang bisa jadi milik mereka ataupun pihak ketiga. Pengguna yang menggunakan layanan hosting gratis biasanya tidak memiliki kendali penuh terhadap websitenya sehingga penyedia hosting bisa bebas memasang iklan.

  • Fitur yang Didapatkan Terbatas
Baca Juga :  5 Cara Mengganti Password Wifi Dengan Mudah

Cara lain yang dilakukan pihak perusahaan agar mendapatkan hasil adalah membatasi fiturnya pada website Anda. Meskipun fitur yang diberikan cukup untuk membuat website Anda berjalan, namun hal tersebut tidak bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

  • Kecepatan Rendah

Karena gratis, website Anda bisa sangat lambat karena kenyedia layanan hosting gratis kurang memaksimalkan alolasi sumber dayanya kepada website yang menggunakan jasanya.

Dengan layanan gratis, Anda tidak bisa menggunakan domain khusus dan hanya mengandalkan domain yang disediakan pihak penyedia. Hal ini tentu bukan salah ciri dari profesionalisme sebuah website.

Meskipun memiliki banyak kelemahan, namun layanan hosting gratis ino sangat cocok digunakan untuk Anda yaNg baru memulai blog dan membantu agar website bisa berjalan lancar walau dalam waktu yang singkat.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membeli Hosting di Dewabiz?

Web Hosting Gratis

Setelah membaca beberapa cara serta kelemahan dan keuntungan menggunakan layanan hosting gratis, berikut ini daftar web hosting gratis yabg bisa Anda coba:

1. Hostinger

Untuk web hosting pertama yang bisa Bizzie coba adalah Hostinger. Web satu ini banyak difavoritkan karena harganya yang sangat terjangkau oleh-alih bisa digunakan secara gratis. Biaya per bulannya sekitar Rp8.000 per bulan (bisa saja tanpa biaya apapun). Layanan pun bisa diandalkan dan terbaik dikelasnya. 

Hostinger bahkan bisa menyaingi beberapa website hosting raksasa dalam dunia perindustrian Indonesia bahkan dunia. Layanan ini telah membangun sekitar 6 pusat data yang tersebar di seluruh dunia guna memastikan kecepatan server meraka tetap stabil dan bisa diandalkan. 

2. Zyro

Berikutnya ada layanan hosting gratis dari Zyro. Sebenarnya, Zyro ini merupakan karya dari Hostinger yang dikembangkan untuk pengembangan situs kilat dengan pengkodean. Memiliki antarmuka yang mudah sehingga gampang untuk dioperasikan, bahkan oleh pemula sekalipun. Fitur yang dimilikinya pun terbilang memuaskan dengan penyimpanan dan bandwidth sebesar 500 mb.

Baca Juga :  Tips Memilih SSL Untuk Pemula

Bukan hanya itu tersedia pula gratis, alat , dan beberapa yang bisa membuat tampilan website Anda menjadi lebih menarik. Fitur unggulan seperti al writer (membuat konten dalam waktu sekejap), galeri yang sangat besar, dan juga tersedia fitur pembuat logo dan slogan.

3. 000Webhost

Berikutnya ada 000Webhost merupakan persembahan dari hostinger dengan banyak kelebihan yang dimilikinya. Layanan ini sudah ada sejak 1 dekade lalu dan tetap memberikan pelayanan hingga hari ini. 000webhost telah banyak memberikan pelayanan kepada mereka yang baru saja memulai karir dalam dunia blog.

Layanan hosting gratis satu ini berlaku selamanya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika website tiba-tiba tutup setelah beberapa waktu. Fitur penyimpanan sebesar 1 GB dengan bandwidth 10 Gb, juga website builder gratis, dan menginstall WordPress otomatis yang bisa membantu Anda memulai dalam hitungan menit. 

4. Wix

Terakhir ada Wix yang merupakan perusahaan hosting yang namanya sangat populer. Layanan hosting gratis ini sangat cocok untuk Anda yang baru memulai. Bahkan, tampilan website menggunakan Wix bisa sangat epik dan terlihat profesional. Pengguna hanya perlu memilih basis dari template yang telah disediakan lalu menyesuaikannya dengan ide konten yang akan dibuat.

Jika Bizzi ingin mencari web hosting gratis yang bisa menghandle website kecil maka Wix ini bisa menjadi pilihan tepat. Meskipun ada beberapa kekurangan yang mungkin ditemui pengguna, layanan ini cocok untuk meng host website yang masih baru.

Pada dasarnya, baik gratis maupun berbayar memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Penggunaan keduanya tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai pemilik website.

Baca Juga : Apa yang dilakukan Dengan Hosting? Ini Pengertiannya