fbpx

Plugin Gallery WordPress Terbaik

Sekarang banyak gambar menarik yang ditemui di beberapa halaman . Penggunaan gambar yang beragam membuat pengunjung betah dan tidak bosan. Selain itu adanya gambar unik juga akan membuat tertarik untuk membaca wordpress Anda. 

Meskipun permasalahan gambar sering disepelekan, namun pada kenyataannya gambar yang bagus dan menarik mampu membuat para pembaca betah berlama-lama di website. Khususnya untuk website yang memuat fotografi.

gallery memang sangat bermanfaat untuk mendesain gambar. Tujuannya adalah supaya Anda bisa menampilkan gambar yang menarik di website. Coba bayangkan, jika Anda tidak memiliki gambar yang bagus di website, pastinya pengunjung akan tidak merasa terkesan dengan website tersebut. 

Terutama bagi beberapa website yang isinya memuat mengenai foto dan editing. Pastinya harus menampilkan banyak gambar yang menarik. Adanya plugin wordpress sangat membantu Anda untuk mendesain gambar dengan layout yang menarik. Selain itu ada juga thumbnail, slideshow photo, list album dan lainnya.  

Daftar Plugin Gallery WordPress Terbaik

1. NextGen Gallery

NextGen menjadi plugin yang dinobatkan sebagai plugin terbaik  sekarang. Para pengguna dunia banyak yang menggunakan NextGen Gallery untuk memiliki gambar yang kualitas tinggi. Dilansir dari qwords.com delapan ratus yang dibuat dengan rating 4,5.

Bagi Anda menyukai dunia fotografi, visual art, designer, dan profesi lain yang berhubungan dengan desain sangat cocok menggunakan plugin ini. Beberapa fitur manajemen yang dimiliki NextGen adalah upload, import, edit, thumbnail, dan lainnya.

Khusus tampilan depan atau wallpaper disediakan dalam bentuk image gallery slideshow, thumbnail photo, dan gallery. Beberapa keunggulan diatas dapat menjadikan NextGen Gallery sebagai salah satu plugin pilihan Anda.

Baca Juga :  Peran Penting Hosting Bagi Website dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

Dikarenakan plugin yang satu ini memiliki viewer terbaik. Fitur yang lebih lengkap bisa di versi NextGen Gallery Pro. Anda perlu mengeluarkan biaya mulai dua puluh satu dolar per tahun, harga yang murah sesuai kelebihan yang didapatkan.

2. Foo Gallery

Selanjutnya ada Foo Gallery yang menjadi pilihan kedua sebagai plugin rekomendasi penulis. Foo Gallery memiliki fitur yakni responsive image, image viewer, mansory gallery, simple poto, justified gallery dan single thumbnail gallery.

Bagi Anda yang menyukai editing picture, plugin Foto Gallery menyediakan customize dan Gutenberg ready. Tidak hanya itu tersedia juga fitur custom CSS, friendly dan dokumentasi yang lengkap.

3. Responsive Lightbox dan Gallery

Responsive Lightbox dan Gallery merupakan plugin yang memiliki total dua ratus instalasi aktif dengan rating lima. Jika Anda menggunakan plugin, tidak perlu menguasai . Dikarenakan cara menggunakan plugin Responsive Lightbox dan Gallery cukup dengan drag dan drug saja.

Kelebihan dari plugin ini adalah beragamnya kustomisasi yang disediakan. Sehingga melalui plugin ini Anda dapat mendesain galeri foto sesuai selera. Selain itu plugin  Responsive Lightbox dan Gallery juga menyediakan friendly untuk optimasi picture. 

4. Envira Gallery

Plugin selanjutnya yang direkomendasikan penulis adalah Envira Gallery. Saat ini plugin ini telah mempunyai instalasi aktif sebanyak seratus ribu yang kesemuanya diberi rating lima oleh pengguna. 

Kelebihan dari Envira Gallery adalah tampilannya yang menarik. Terlebih lagi adanya fitur drag dan drop yang mudah digunakan, juga kecepatannya yang sangat powerfull. Kelebihan lain yang dimiliki Envira Gallery adalah dapat mengoptimalisasi dengan cepat. 

Selain itu ada beberapa fitur menarik yang Anda temukan jika menggunakan Envira Gallery. Seperti support perangkat, share social media, slideshow gallery, tags gallery, pagination, videos, dan sebagainya. 

5. Module Image Gallery

Modula Image Gallery merupakan salah satu plugin yang patut Anda coba. Plugin ini menyediakan fitur slideshow, slide gambar, filter, album foto, image loading effect, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga :  Panduan Mudah Cara Membuat Focus Keyphrase WordPress

Jika dilihat dari beberapa fitur yang dimiliki, plugin satu ini memang sangat cocok bagi Anda yang hobi dengan editing gambar. Dengan keunggulannya dalam mendesain gambar patut menjadikan plugin ini sebagai solusi untuk mengelola website. 

Untuk yang penasaran bagaimana cara memasang plugin di atas, berikut penjelasannya:

1. NextGen Gallery

Anda dapat mendapatkan plugin NextGen Gallery dengan menginstal di bagian eksistensi tipe “NextGen Gallery”. Lalu aktifkan plugin dan tambahkan menu di sebelah kiri. Kemudian untuk menggunakan plugin NextGen Gallery dengan cara mengklik tautan.

Klik menambahkan galeri/gambar, kemudian pilih lokasi galeri lalu tambahkan gambar/galeri. Setelah Anda memasuki halaman baru klik “buat baru gallery” lalu klik “tambah file” setelah selesai klik “mulailah mengirim”.

2. FooGalery

Cara menggunakan FooGalery adalah login ke halaman wordpress, install dan aktifkan plugin foogalery. Kemudian klik foogalery lalu add galeri untuk menambahkan foto. Selanjutnya klik add from media library untuk menambahkan foto. 

Foo Gallery memiliki banyak pengaturan diantaranya adalah copy shortcode untuk menampilkan galeri. Kemudian ada general, appearance lightbox, hover effects, captions, paging dan advanced. 

3. Responsive Lightbox dan Gallery

Cara menggunakan plugin  Responsive Lightbox dan Gallery adalah pertama Anda harus menyertakan semua file yang diedit. Kemudian menambahkan file lightbox, caranya bisa dilakukan dengan membuka file function.php dan klik add script fancyBox minified. 

4. Envira Gallery

Cara menggunakan plugin Envira Gallery, pertama Anda perlu menambahkan gambar menggunakan envira gallery. Klik Envira Gallery> Add New, pilih foto yang Anda inginkan. Setelah selesai melihat thumbnail di website mu dan atur ulang. 

Setelah clear, Anda bisa mengklik config untuk melakukan konfigurasi gambar. Disini pengguna bisa memilih kolom, galeri tema, dan ukuran gambar yang disukai. Dalam fitur ini tersedia juga paket premium untuk menambahkan tema yang lengkap.