fbpx

Pilihan Opsi Cara Membuat Beberapa Situs di 1 Server

Seiring waktu, sebagian pengelola akan mulai mencari cara untuk menambahkan situs lainnya tanpa berlangganan baru. Ya, seringkali atas nama efisiensi pemilik situs mencari cara membuat beberapa situs di 1 server. Dan dengan layanan yang kini semakin kompetitif, hal ini memang bisa saja dilakukan.

Berikut Opsi Cara Membuat Beberapa Situs di 1 Server

Sebelum membahas apa saja opsi yang bisa dipertimbangkan dalam cara membuat beberapa situs di 1 server, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Ya, Anda harus memahami bahwa cara ini setidaknya dipengaruhi oleh paket hosting yang Anda gunakan, jenis situs yang ingin dibuat beserta sumber dayanya. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengelola banyak situs.

Sebagian besar penyedia menawarkan beberapa paket yang mungkin bisa Anda pertimbangkan untuk membuat situs kedua, ketiga dan seterusnya.

Pilihan Paket Hosting untuk Membuat Situs

Pilihan paket hosting ini di antaranya adalah paket shared hosting, paket hosting , paket reseller hingga hosting. Berikut penjelasannya:

1. Menggunakan Shared Hosting

Bisa dikatakan ini menjadi pilihan ideal bagi Anda yang memiliki situs yang berkembang dan berencana untuk mengelolanya secara serius. Opsi ini bisa jadi pilihan ideal bila Anda siap mengelola sejumlah situs dari 1 . Situs yang bisa dibuat dari paket ini biasanya adalah situs tidak terlalu banyak menampung .   

Jenis hosting semacam ini biasanya ditawarkan dalam pilihan paket yang disesuaikan dengan kebutuhan. Secara garis besar, Anda hanya perlu mendaftarkan baru lalu menghubungkannya dengan nama server di akun Anda.

Baca Juga :  Cara Menyembunyikan Judul Postingan Blog WordPress

2. Menggunakan Paket hosting WordPress  

Ada pula beberapa penyedia layanan hosting yang menawarkan paket khusus untuk hosting WordPress. Meskipun jumlah situs yang bisa ditambahkan cukup terbatas, opsi ini bisa jadi pilihan terbaik bagi sebagian orang. Situs dengan jumlah kunjungan kurang dari 100 ribu per bulan, opsi ini menawarkan kemudahan instal a la WordPress dan pilihan template yang begitu banyak.

Menggunakan paket ini, Anda cukup mengakses dashboard kemudian dari menu pengelolaan paket, silakan buat baru (Create a blog) lalu tambahkan nama domain Anda di kolom URL. Selanjutnya tambahkan nama situs di kolom Blog Title box lalu pilih Add Blog. Anda akan melihat pesan di dashboard bahwa pembuatan situs telah berhasil.  

3. Menggunakan Reseller Hosting

Opsi ini menawarkan keamanan yang bisa dikatakan lebih baik dibanding pilihan shared hosting yang berbagi cPanel. Ini karena Anda bisa membuatkan cPanel sendiri untuk masing-masing situs yang dihosting melalui akun Anda. Dan sebagai pengelola, Anda akan mengatur cPanel dari situs-situs tersebut melalui Host Manager.

Melalui paket ini, Anda juga bisa menentukan seberapa banyak penyimpanan yang bisa digunakan masing-masing situs dan seberapa besar bandwith untuk mereka.

Jadi, Anda bisa memastikan situs utama bisa mendapatkan lebih banyak sumberdaya dibanding situs pendukung, misalnya. Di lain sisi, setiap situs baru yang dibuat melalui paket reseller ini harus bisa mengoptimalkan sumberdaya dari cPanel mereka. 

4. Menggunakan Dedicated Hosting 

Opsi terbaik untuk mengelola banyak situs, tentu saja adalah dengan menggunakan paket langganan hosting khusus (dedicated). Artinya, Anda bisa menampung hingga ratusan situs dengan segala sumber dayanya di server Anda. Opsi ini bisa jadi pilihan ideal untuk situs seperti eCommerce yang memiliki banyak konten seperti katalog produk, data pesanan serta email di dalamnya.

Baca Juga :  7 Kriteria Website yang Baik Untuk Membangun Brand

Baca Juga : Dedicated Server Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Anda bisa membuatkan cPanel sendiri untuk setiap situs yang ada di server dedicated Anda. Untuk pengelolaannya, Anda bisa melakukan pekerjaan tersebut melalui Web Host Manager dan mengatur alokasi sumber daya untuk situs-situs tersebut sesuai prioritas.

Akhir Kata

Demikianlah pilihan cara membuat beberapa situs di 1 server berdasarkan jenis paket hosting yang bisa dipilih saat ini. Baik paket shared hosting maupun dedicated hosting memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda pun bisa memilih diantara paket tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran.