fbpx

Dedicated Server Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Saat ini pembuatan bagi adalah hal yang sangat direkomendasikan. Untuk pembuatan sebuah website, ada berbagai opsi untuk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan dana. adalah pilihan kerap kali jadi pertimbangan untuk pemilik .

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan dedicated server? Anda perlu tahu detailnya secara lebih lanjut, terutama jika hendak memiliki web. Untuk membantu Anda agar bisa memahaminya, simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Dedicated Server

dedicated server adalah

Anda Bisa memahami dedicated server sebagai sebuah server hosting yang Anda miliki secara khusus. Dengan kata lain, ini adalah layanan hosting yang benar-benar didedikasikan secara penuh atau eksklusif kepada pemilik web.

Dedicated server sendiri pastinya memiliki berbagai keunggulan, sebab harganya juga relatif lebih mahal. Salah satu contohnya adalah keamanan yang lebih baik. Masalah keamanan sendiri pastinya harus jadi pertimbangan pada saat lalu lintas pengunjung di web Anda semakin banyak. 

Pilihan layanan hosting ini tentunya perlu jadi pertimbangan jika web Anda sudah semakin berkembang. Tujuannya, agar pengunjung yang membuka situs tersebut bisa mendapatkan akses yang baik dan kemungkinan peretasan lebih minim.

Kelebihan Dedicated Server 

kelebihan dedicated server

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, harga yang lebih mahal tentunya bisa memberikan keuntungan yang lebih banyak. Fungsi dedicated server yang lebih banyak ini juga jadi kelebihannya.  Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga :  Cara Kerja Shared Hosting, Kelebihan & Kekurangannya

1. Kendali Penuh Terhadap Server 

Karena Anda menggunakan layanan hosting yang ekslusif, kendali yang Anda punya pastinya bisa lebih bebas. Pemilik web bisa mengatur dan menerapkan berbagai opsi untuk pengembangan serta pelayanan webnya. Fleksibilitas ini pastinya tidak dimiliki bila menggunakan hosting yang digunakan secara bersama-sama

2. Tingkat Keamanan yang Lebih Unggul

Keamanan adalah hal yang penting untuk sebuah web. Terlebih lagi bila traffic-nya sudah tergolong padat. -data penting yang ada juga harus mendapatkan perlindungan yang lebih. Sehingga bila keamanan adalah prioritas bagi Anda, maka menggunakan dedicated server adalah pilihan yang sangat tepat.

3. Alamat IP yang Unik

Alamat IP yang berbeda bisa jadi identitas tersendiri bagi web Anda. Selain itu, bila Anda menggunakan IP dengan layanan hosting bersama, maka akan agak sulit untuk menempatkan web di pencarian teratas.

4. Kecepatan untuk Memuat Laman yang Lebih Baik

Karena tidak berbagi dengan pemilik web lain, maka waktu yang digunakan untuk transfer data dari server ke pengguna lebih cepat. Hal ini pastinya lebih pengunjung sukai daripada membuka web yang cenderung lambat dalam memuat konten.

Kekurangan Dedicated Server 

kekurangan dedicated server

Di samping kelebihan, tentu ada pertimbangan yang harus Anda pikirkan ketika hendak menggunakan dedicated server.

1. Biaya Mahal

Pastikan Anda memiliki pertimbangan operasional untuk keberlangsungan web. Selain itu, pikirkan juga apakah manfaat yang Anda dapatkan nantinya dapat sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan.

2. Perlu Pengelolaan Teknis yang Lebih Baik

Anda harus memahami lebih lanjut mengenai bagaimana sistem dari server. Bila tidak, hal ini juga terkait dengan biaya. Sebab Anda tetap perlu menyewa operator untuk server juga.

Baca Juga :  8 Tradisi Unik HUT RI 17 Agustus di Beragam Daerah

Itu dia sedikit pembahasan mengenai dedicated server beserta kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakannya. Dedicated server adalah hal yang penting bila menginginkan web yang lebih baik. Namun tentunya juga harus menyiapkan budget lebih.

Membutuhkan bantuan untuk menentukan server? Anda bisa berkonsultasi dengan tim profesional dari DewaBiz, termasuk untuk layanan server terbaik bagi web bisnis Anda.