fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Digital Marketing

8 Strategi Pemasaran Produk Makanan Paling Efektif

Wiliam

Berbicara tentang bisnis kuliner memang tidak ada habisnya. Pasalnya makanan merupakan kebutuhan pokok setiap orang yang pasti selalu dicari dan dibutuhkan. Namun, bagaimana caranya agar bisnis kuliner yang bizzie jalani mempunyai nilai plus dimata konsumen dan berkesempatan meraih omset lebih tinggi?

Selain mengetahui target pasar yang spesifik, ada beberapa strategi lain yang bisa bizzie jalankan guna melancarkan strategi pemasaran produk makanan bisnis bizzie. Simak ulasan lebih dan lengkapnya dibawah ini untuk membantu bizzie meningkatkan strategi pemasaran produk makanan yang lebih baik lagi.

Strategi Pemasaran Produk Makanan

Ada banyak strategi pemasaran produk makanan yang bisa bizzie gunakan dan sebagai berikut daftarnya :

1. Menggunakan Kemasan Produk yang Eye-Catching

Visualisasi kemasan mempunyai andil yang cukup penting di dalam mengemas suatu produk makanan. Dengan menggunakan kemasan yang menarik mata, maka calon pembeli akan menjadi lebih tertarik untuk mencoba mencicipi produk makanan bizzie.

Saat ini ada banyak sekali generasi kemasan produk makanan yang bisa bizzie jadikan contoh disesuaikan dengan target konsumen. Sebagai contoh, apabila target konsumen bizzie adalah para generasi Z dan produk yang dijual berupa cookies dan makanan ringan. Bizzie bisa menggunakan kemasan dengan desain yang colorful, sehingga mempunyai kesan ceria.

2. Menampilkan Foto Produk yang Maksimal

Foto produk adalah salah satu strategi pemasaran produk  makanan yang paling penting di dalam memasarkan produk kuliner bizzie. Baik bizzie memasarkan produk kuliner secara offline atau online, menampilan peosuk yang ciamik akan sangat membantu di dalam meningkatkan penjualan dan memasarkan bisnis kuliner.

Untuk bisa mendapatkan hasil foto produk ciamik, bizzie biaya menggunakan jasa fotografer handal yang bisa menangkap gambar produk makanan dari angke terbaik. Tidak hanya itu, setelah produk difoto pastikan bizzie juga menggunakan tagline maupun copywriting yang persuasif disaat memasarkan produk kepada calon konsumen.

3. Membuat Website untuk Usaha Kuliner

Sekarang, mempunyai website adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis. Dengan mempunyai website, bizzie bisa menjangkau audiens lebih luas, meningkatkan brand awareness dan memanfaatkan pemasaran digital.

Pada saat bizzie membuat website, calon pelanggan akan lebih mudah menemukan bisnis kuliner dan melihat produk apa saja yang ditawarkan secara mudah. Sebagai berikut adalah beberapa website builder yang gratis untuk bizzie memulai jualan online :

●   Go Store.

●   Storelogy.

●   Shopify.

●   Wix.

●   Squarespace.

●   WordPress.

4. Memasarkan Bisnis Kuliner di Media Sosial

Selain website, bizzie juga harus memanfaatkan penggunaan media sosial sebagai tempat untuk memasarkan bisnis kuliner. Tidak hanya bisa membantu memangkas biaya seperti menyewa tempat, media sosial juga sudah terbukti bisa membantu strategi pemasaran produk makanan bizzie secara lebih efektif dan luas. Ada beberapa contoh media sosial yang bisa bizzie gunakan, seperti Instagram Shopping, Facebook Marketplace, Google for Retail dan lain-lain.

5. Menggunakan Layanan Pesan Antar

Salah satu kemudahan yang ada saat ini adalah tersedianya layanan pesan antar makanan. Seperti yang diketahui, bahwa strategi pemasaran produk makanan ini bisa membantu bizzie agar lebih dekat dengan pelanggan.

Dengan adanya layanan pesan antar atau delivery online, pelanggan bizzie bisa membeli produk makanan  dimana saja melalui genggaman HP saja. Selain itu, mendaftarkan bisnis kuliner bizzie ke GoFood, GrabFood san Shopee Food juga berpotensi untuk menaikkan penjualan usaha makanan bizzie.

6. Menggunakan Jasa Endorsement

Apabila bizzie aktif di dalam dunia media sosial, maka sudah tidak asing lagi dengan istilah endorsement. Endorsement merupakan salah satu strategi pemasaran produk makanan, dimana bizzie meminta bantuan para opinion leader di media sosial guna mempromosikan produk atau jasa yang dijual.

Biasanya, para opinion leader atau influencer mempunyai jumlah pengikut yang cukup banyak di media sosial. Bahkan beliau juga mempunyai impression yang cukup baik atas konten yang sudah pernah dihadirkan.

Untuk menggunakan strategi endorsement, bizzie harus bisa memilah-milah terlebih dahulu influencer yang tepat dan sesuai dengan bisnis. Setelahnya, bizzie harus menyesuaikan budget endorsement dengan rate card yang diberikan oleh influencer tersebut. Apabila bizzie tidak memilah-milah atau asal melakukan endorsement, alih-alih untuk akan berubah menjadi buntung.

7. Melakukan Promosi yang Unik dan Menarik

Menggunakan strategi pemasaran produk makanan yang unik dan anti mainstream bisa mendatangkan calon konsumen lebih banyak untuk bisnis bizzie. Pada bagian ini, bizzie akan dituntut untuk menjadi lebih kreatif lagi agar bisa menimbulkan rasa penasaran terhadap kalangan masyarakat.

8. Mengadakan Giveaway

Strategi pemasaran produk makanan terbilang cukup booming di belakang ini. Karena dengan mengadakan giveaway, bizzie diberikan potensi menjadi viral sangat besar. Karena siapa yang tidak suka dengan barang gratis, ya bukan?

Dengan mengadakan giveaway dan bekerja sama dengan influencer, bizzie bisa mempromosikan produk bisnis secara cepat dan juga meluas. Di dalam event giveaway yang diadakan pun juga biasanya membuat calon konsumen akan berlomba-lomba mengajak teman dekatnya untuk memenangkan giveaway yang diadakan. Menarik sekali untuk dicoba bukan?

Gunakan semua strategi pemasaran produk makanan diatas secara runtut agar bisnis bizzie bisa berjalan dengan lancar. Jangan sampai ada strategi yang kelewatan, supaya bisnis makanan atau kuliner tetap bisa dikenal oleh kalangan masyarakat.

Itulah dia 8 strategi pemasaran produk makanan yang bisa dicoba, ketika bizzie mulai berkecimpung pada dunia bisnis kuliner. Besar harapan bisa membantu bizzie dan selamat mencoba semoga berhasil, ya. 

Baca Juga