fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Pengertian dan Cara Upload Shell di WordPress

Wiliam

Keamanan merupakan salah satu hal yang sangat penting, ketika bizzie sedang mengelola sebuah sistem. Selain itu, keamanan menjadi satu hal yang mutlak dan harus dijadikan sebagai prioritas karena mempunyai hubungan dengan keselamatan data di dalam sebuah sistem.

Untuk salah satu cara mengatasi perihal buruk di dalam sebuah sistem, maka bizzie harus menggunakan shell. Supaya penjelasan lebih jelas, maka di kesempatan kali ini akan dibahas lengkap perihal pengertian dan cara upload shell di WordPress.

Apa Itu Shell ?

Shell merupakan salah satu software yang bisa digunakan untuk mengakses sebuah sistem tanpa harus lagi melakukan mekanisme umum seperti login. Dengan menggunakan shel, maka seseorang bisa mengakses ke dalam sistem aplikasi milik bizzie tanpa harus melakukan login terlebih dahulu.

Pada awalnya, untuk shell ini dibuat agar bisa mendapatkan akses khusus bagi pihak developer maupun programmer masuk di dalam sistem yang sudah dibuat. Di dalam hal ini mempunyai tujuan supaya bisa melakukan perbaikan, ketika ada masalah baru, seperti bug di dalam sistem tersebut.

Akan tetapi, seiring berkembanganya teknologi seperti sekarang untuk shell yang sebelumnya menjadi sebuah solusi kini dianggap sangat berbahaya. Shell bisa saja disisipkan di dalam sebuah baris kode pada sebuah sistem. Maka dari itu, untuk si pembuat shell ini bisa mengakses semua file di dalam sistem atau aplikasi tersebut.

Fungsi Shell Pada WordPress

Fungsi shell yang sampai dengan saat ini banyak digunakan, yaitu untuk masuk di dalam sebuah sistem tanpa harus lagi melewati mekanisme autentikasi. Fungsi kali ini banyak digunakan oleh seorang programmer guna bisa masuk di dalam sebuah sistem yang sedang dikembangkan.

Dikarenakan di dalam sistem yang sedang berada di dalam proses perkembangan, maka terkadang masih banyak sekali masalah. Misalnya, berhenti secara tiba-tiba dan bugs. Sebagai berikut fungsi lain dari melakukan upload Shell di Wordpres :

1. Mengambil Hak Akses Website

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa Shell saat ini banyak sekali tersebar di macam-macam aplikasi. Bahkan, untuk Shell ini menjadi salah satu fitur di dalam sebuah website.

Tujuannya dari melakukan upload Shell di dalam WordPress adalah supaya bisa mendapatkan akses di dalam website tersebut. Setelah masuk, maka tergantung pihak pembuat shell atau banyak disebut sebagai peretas.

Dikarenakan sudah bisa masuk di dalam website, maka peretas tersebut bisa melakukan apa saja. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memasukkan shell di dalam WordPress, yaitu plugin, folder, upload, wp-config dan masih banyak lainnya lagi.

2. Mengambil Hak Akses Server

Satu hal lain yang juga sangat berbahaya adalah di saat pihak peretas sudah berhasil memberikan Shell di dalam sebuah server tersebut. Pada saat Shell sudah masuk di dalam sistem korban, maka dari itu peretas juga bisa melakukan akses ke semua folder yang ada di perangkat tersebut. Tidak jarang juga pihak peretas melakukan pencurian data dengan menggunakan cara yang satu ini.

Macam-Macam Jenis Shell di WordPress’

Secara garis besar, untuk shell di WordPress ini dibagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Web Shell Backdoor

Web Shell Backdoor adalah salah satu cara yang digunakan untuk penanaman shell dengan menyisipkan sebuah script di dalam sebuah file website. Sehingga, bizzie bisa mengakses atau masuk di dalam file website tersebut dengan langsung mengeksekusi sebuah file tertentu.

2. Sistem Backdoor

Sistem backdoor merupakan cara yang digunakan untuk penanaman shell dan sampai dengan saat ini masih banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Biasanya, untuk jenis shell yang satu ini bisa digunakan di dalam penamaan sebuah file trojan di dalam sebuah sistem dan membutuhkan proses autentikasi.

Cara Upload Shell di WordPress

Setelah paham dengan pengertian dari Shell, maka dari itu akan dilanjutkan mengenai pembahasan cara upload shell di WordPress. Sedangkan, untuk bizzie yang ingin tahu dan belum banyak paham perihal cara upload shell di WordPress bisa simak lebih lengkapnya dibawah ini.

1. Menggunakan Plugin dan Tema Original

Apabila bizzie menggunakan CMS, seperti WordPress. Maka dari itu, harus dipastikan tema dan plugin yang akan digunakan ini original. Hindari juga menggunakan tema dan plugin bajakan, karena di dalam file tema dan plugins tersebut sudah disisipkan script malware.

Bagi website berbasis WordPress yang sudah terkena serangan malware, maka harus dilakukan perbaikan dengan cara melakukan fresh upgrade. Fresh upgrade adalah replacing file core WordPress dengan versi paling baru. Bahkan, bisa melakukan instalasi ulang plugin dengan tema yang akan digunakan.

2. Update Script atau CMS

Cara upload Shell di WordPress yang kedua adalah melakukan update script atau CMS version. Pastikan bizzie melakukan maintenance dan update di dalam script yang akan digunakan.

Hindari juga menggunakan script lama yang tidak pernah di update. Apabila bizzie menggunakan CMS, maka dipastikan langsung melakukan update ketika versi terbaru sudah dikeluarkan baik dari sisi CMS, tema maupun plugin.

3. Melakukan Scan Malware di Hosting

Bizzie bisa membuat jadwal untuk melakukan scan malware di dalam sisi hosting yang akan digunakan. Scan malware ini harus dilakukan secara rutin, karena memperkecil kemungkinan hosting bizzie terinfeksi oleh malware.

4. Selesai.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai pengertian, tujuan, jenis dan cara upload shell di WordPress yang harus dipahami oleh para pemilik website. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa memberikan tambahan informasi bagi pemilik website agar semua data penting yang dimiliki tetap aman.

Baca Juga