fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Mengenal WordPress Meetup, Kelebihan dan Cara Penggunaannya

Wiliam

WordPress merupakan Content Management System (CMS), yaitu tools populer untuk seseorang yang ingin membangun website atau blog, bahkan jika mereka tidak punya dasar untuk programming. Popularitas WordPress tak lepas dari teknologinya yang bersifat open source dan dukungan komunitasnya yang kuat. Popularitas ini terbukti dari terdapat kurang lebih 660 website WordPress yang dibuat setiap hari. Bahkan, 43% website di dunia menggunakan wordpress. 

WordPress adalah sistem manajemen konten yang digunakan oleh website skala kecil maupun besar. Apalagi terdapat banyak fitur baru dan performa yang optimal sehingga tak heran jika kebanyakan orang memilih CMS tersebut. 

Pada kesempatan ini, Anda akan diperkenalkan dengan komunitas wordpress yang juga berperan penting dalam tingginya popularitas wordpress ini sehingga banyak digunakan di seluruh dunia. Simak penjelasannya hingga akhir yah. 

Apa Itu WordPress Meetup? 

WordPress Meetup merupakan sebuah komunitas yang terdiri dari sekelompok orang  (dengan minimal anggota 2 individu) yang didalamnya dijadikan tempat untuk saling berbagi pengetahuan seputar wordpress. 

WordPress make up Ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2004 oleh Matt mullenweg yang dikenal sebagai pendiri wordpress. Semenjak itu, berbagai worksheet meetup diselenggarakan di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. 

Di Indonesia sendiri, Sudah beberapa event komunitas wordpress diselenggarakan di berbagai kota, seperti Tegal, Bali, Surabaya, dan lainnya. Pertemuan pengguna wordpres ini hampir diselenggarakan setiap bulan dengan jadwal yang berbeda-beda di setiap kota sesuai dengan kesepakatan para anggota. 

Agenda yang dilakukan ketika WordPress Meetup bervariasi. Ada yang mengelola pertemuan dengan mengundang seseorang untuk membahas topik tertentu, ada yang diisi dengan saling berbagi pengalaman ketika menggunakan fitur-fitur yang ada di wordpress, dan masih banyak lagi agenda pembahasan yang mereka lakukan. Hal ini membuat WordPress make up terus berkembang dan semakin besar dari waktu ke waktu. 

Setiap Kegiatan WordPress Meetup pun secara resmi terdaftar pada platform Meetup.com sehingga para anggota bisa lebih mudah mendapatkan informasi. Selain itu, Anda bisa langsung menghubungi organizer di kota Anda jika ingin bergabung dalam komunitas atau ingin mengadakan Meetup!

Kegiatan WordPress Meetup 

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa bisnis baru bisa diadakan secara lokal jika kegiatan tersebut minimal mempertemukan dua orang untuk berbagi pengalaman terkait wordpress. Mereka akan bertemu langsung atau bertatap muka biasanya sebulan sekali. 

Umumnya yang dibahas adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan wordpress. Adapun beberapa agenda yang biasa dilakukan ketika make up tersebut dibuat, yaitu dengan format:

  • Seminar
  • Hackathon
  • Lokakarya 
  • Pertemuan sosial,
  • Bekerja bersama dan bereksperimen menggunakan fitur bar wordpress 
  • Menyelesaikan help desk WordPress
  • Sesi kontribusi intensif
  • Dan lainnya.

Pedoman WordPress Meetup 

Dalam menjalankan WordPress Meetup pedoman tertentu yang perlu diikuti oleh setiap anggota di seluruh dunia yang disebut sebagai five good-faith rules. Adapun pedoman tersebut, yaitu:

  • WordPress Meetup pada dasarnya diselenggarakan untuk kebaikan seluruh komunitas WordPress, bukan dikhususkan untuk perusahaan maupun individu. Segala bentuk keputusan dan tindakan yang diambil oleh organizer dimaksudkan untuk kebaikan komunitas.
  • Keanggotaan meetup lokal terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung, dan tidak didasarkan pada kemampuan, keterampilan, finansial, atau hal lainnya.
  • Meetup ini dijalankan oleh para relawan dan diisi oleh relawan pembicara. Adapun jika semisal kehadiran peserta dikenakan biaya, maka biaya tersebut hanya digunakan untuk membiayai penyelenggaraan meetup, bukan untuk memberikan komisi kepada pembicara atau organizer.
  • WordPress Meetup ini diselenggarakan oleh anggota komunitas yang terpercaya dan mampu bertanggung jawab.
  • WordPress Meetup merupakan komunikasi yang terbuka bagi siapa pun. Yang mana, setiap orang yang menghadiri meetup tersebut harus berusaha untuk menciptakan sebuah kegiatan tanpa adanya diskriminasi, kekerasan, ujaran kebencian, dan tindakan lain yang bisa merusak tujuan diselenggarakannya meetup.

Manfaat Mengikuti WordPress Meetup

Tentu saja bagi setiap orang yang mengikuti WordPress meet up akan memperoleh banyak manfaat di dalamnya. Beberapa diantaranya, yaitu:

  • Mendapatkan ilmu dan pemaparan dari para ahli yang pengalaman di bidangnya masing-masing.
  • Bisa berkontribusi dalam pengembangan WordPress. 
  • Memiliki kesempatan untuk Berbincang dan saling berbagi ilmu dengan pengguna WordPress lain di kota masing-masing.
  • Menciptakan dan Memperluas koneksi.
  • Memiliki kesempatan untuk Bertemu dengan mentor potensial.
  • Mendapatkan kawan baru dengan  ketertarikan dan hobi yang sama.

Cara mengikuti WordPress Meet Up

Bagi anda pengguna wordpress yang belum bergabung dalam komunitas, mungkin anda penasaran bagaimana cara agar bisa menjadi anggota dan menghadiri meet up di kota Anda.

Untuk bergabung ke komunitas WordPress meet up di kota Anda, carilah informasi di laman wordpress.org kemudian pilih menu community lalu meetup. Nantinya anda akan menemukan komunitas WordPress di kota Anda dan bisa segera mendaftar.

Setelah anda masuk ke menu meet up tadi, anda akan diarahkan ke satu halaman titik masuklah ke menu pencarian dan ketik nama kota Anda di kolom tersebut untuk mencari event make up terdekat. 

Agar anda bisa menghadiri WordPress meet up, terlebih dahulu Anda perlu membuat akun di meetup.com kemudian pilih event yang diinginkan kemudian klik attend. 

Hingga saat ini sudah terdapat 15 komunitas WordPress yang aktif di Indonesia, yaitu: Bekasi, Bandung, Bali, Jakarta, Gresik, Semarang, Solo, Depok, Surabaya, Serang, Wonosobo, Kediri, Yogyakarta, dan Demak.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan wordpress meetup yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, apakah wordpress meetup sudah ada di kotamu?

Baca Juga