Mengenal Laravel Framework – Ulasan dan Keunggulannya!

Mengenal Laravel Framework – Ulasan dan Keunggulannya!

Setiap framework PHP tentunya memiliki fitur, kemampuan, dan implementasi yang berbeda-beda. Nah kali ini DewaBiz akan mengulas Laravel framework yang disebut-sebut sebagai framework PHP terbaik di dunia!

Tak dapat dipungkiri bahwa penggunaan PHP merupakan bagian paling penting dalam pembuatan website. Setiap programmer menggunakan framework agar proses coding website jadi lebih cepat dan mudah. Namun tak semua framework sesuai dengan kebutuhan programmer.

Nah salah satu framework PHP yang mampu menjawab berbagai kebutuhan para programmer yaitu Laravel. Laravel framework ini menyediakan berbagai fitur unik yang dapat memudahkan programmer dalam membuat website. Sebut saja seperti RESTful routing, Composer Powered, Test Driven Development, Elegant Code, dan masih banyak fitur keren lainnya.

 

Apa Itu Laravel Framework?

Anda programmer atau developer? Pasti sudah familiar dengan Laravel framework! Tak dapat dipungkiri bahwa Laravel merupakan framework paling trending belakangan ini. Jika Anda masuk ke Github, maka Anda akan menyadari betapa terkenalnya Laravel. Lebih dari 60 ribu developer di seluruh dunia sudah menggunakan platform satu ini.

Mengapa Laravel bisa begitu populer? Di situs resminya, Laravel mengklaim sebagai framework dengan syntax yang elegan dan ekspresif. Selain itu, Laravel juga menjamin bahwa berbagai hal kecil (terkait coding) bisa dibuat dengan mudah.

Baca juga: 7 Text Editor Terbaik untuk Pemrograman

Bagi Bizzie yang belum tahu, Laravel dikembangkan dan dibuat oleh Sir Taylor Otwell. Otwell membuat Laravel dengan tujuan mulia yaitu agar programmer lebih mudah dalam melakukan strukturisasi coding pembuatan website. Lebih detailnya, pembuatan Laravel ini merupakan usaha Otwell untuk membuat framework yang dapat menggantikan framework bernama CodeIgniter.

Setiap programmer pasti tahu bahwa CodeIgniter memiliki beberapa kekurangan, misalnya seperti lemahnya autorisasi pengguna, dukungan built-in, dan lainnya.

Laravel sendiri lahir pada 9 Juli tahun 2011 yang lalu. Ya betul sekali, Sir Taylor Otwell merilis Laravel dalam versi beta dan versi full-version pada tahun 2011 yang lalu. Sejak kemunculannya, Laravel sudah ‘menggegerkan’ industri programming dunia. Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Laravel.

Selain autentikasi, Laravel framework juga menyediakan routing controller berdasarkan pesanan, built-in support untuk kontrol visual, lokalisasi, dan sesi, dan berbagai fitur keren lainnya. Meskipun masih dibilang pendatang baru, namun hari ini, Laravel bisa disebut sebagai framework PHP terbaik di dunia.

 

Inilah Beberapa Fitur Laravel Framework

Setiap programmer pasti paham bahwa Laravel mengadopsi aturan-aturan bahasa pemrograman yang akurat dan ekspresif. Ya betul sekali, Laravel framework memiliki kemampuan untuk menyederhanakan berbagai bahasa PHP seperti session, routing, autentikasi, dan lainnya.

Selain itu juga dapat meningkatkan keamanan dan kecepatan website. Nah kira-kira apa saja sih fitur Laravel yang membuat banyak programmer jadi dimudahkan pekerjaannya? Temukan jawabannya di bawah ini!

  • Template Engine

Salah satu fitur terbaik Laravel yaitu Blade yang merupakan template engine yang sangat powerful. Berbeda dengan template engine PHP lainnya, Anda bisa memasukan kode PHP biasa di antarmuka coding. Kerennya, template engine Blade ini mampu memodifikasi kode PHP biasa menjadi kode PHP modern dan elegan. Itu artinya, Anda bahkan bisa create template website dari nol.

Nah ekstensi Blade ini tersimpan di direktori resource. Template engine satu ini menyediakan berbagai widget yang terbuat dari kombinasi struktur kode CSS dan Java Script. Dua manfaat penggunaan Blade yaitu section dan inheritance. Section merupakan istilah dalam dunia pemrograman yang mengacu pada markup bagian halaman-halaman. Sedangkan inheritance mengacu pada OOP(Object Oriented Programming).

  • Eloquent ORM (object-relational mapping)

Fitur luar biasa Laravel lainnya yaitu Eloquent ORM. Fitur ini pada dasarnya merupakan implementasi dari PHP Active Record. Apa itu PHP Active Record? Jadi dengan fitur ini, Anda bisa memanipulasi berbagai database query. Berbagai tugas manipulasi bisa dilakukan dengan perintah singkat. Anda ‘pun bisa menjalankan berbagai query database seperti read data, insert, update, delete, dan lainnya, dengan mudah.

Baca juga: Cara Aktivasi ionCube Loader di cPanel

Ya betul sekali, pengaplikasian Eloquent ORM ini kebanyakan menyasar sistem CRUD (Cut, Read, Uninstall, Delete). Perlu Bizzie ketahui, Eloquent ORM ini jauh lebih cepat fungsinya dibanding fitur CRUD lain yang ada di PHP Framework lain.

  • Mendukung MVC

Fitur lain yang membuat Laravel framework begitu disegani yaitu MVC support. Ya betul sekali, Laravel ini mendukung berbagai pola arsitektur MVC. MVC sendiri merupakan akronim dari Model, View, dan Controller. Jadi tugasnya yaitu membuat pembagian layer model, tampilan, dan pemrosesan.

Dengan adanya MVC ini, programmer dapat dimudahkan dalam mendokumentasikan berbagai elemen bahasa pemrograman dalam pembuatan website.

  • Sistem Keamanan

Jika Anda ingin membuat website dengan security system tingkat tinggi, maka gunakanlah Laravel framework. Laravel menggunakan mekanisme password tingkat tinggi atau disebut juga dengan ‘hashed and salted password’. Jadi didalam database, password yang tersimpan bukanlah password standar lagi.

Selain itu perlu Bizzie ketahui, Laravel juga menggunakan algoritma Bcrypt Hashing untuk menciptakan password yang terenkripsi. Nah Laravel juga mengadopsi SQL statement yang digunakan untuk mencegah terjadinya serangan injeksi SQL.

  • Artisan

Bagi programmer yang terbiasa menjalankan fungsi lewat CMD (command prompt), maka Laravel framework ini punya fitur menarik yaitu Artisan. Nah Artisan ini merupakan tool berbasis command-line yang bersifat built-in. Jadi Anda bisa menjalankan berbagai baris perintah lewat CMD. Keren bukan? Hal ini tentunya dapat memudahkan Anda dalam mengerjakan berbagai tugas pemrograman yang berulang-ulang.

Selain itu, fitur Artisan ini juga dapat digunakan untuk membuat struktur database. Ada banyak manfaat lain dari Artisan ini seperti mengatur migrasi sistem database, membuat kode skeleton (bahasa pemrograman tingkat tinggi).

  • Libraries & Modular

Fitur keren lain dari Laravel framework yaitu library dan module. Berbeda dengan framework lain, Laravel ini menyediakan pre-installed library. Anda tidak akan menemukan fitur semacam ini di framework lain. Nah salah satu pre-installed library yang dimiliki Laravel yaitu Authentication library. Fitur Authentication library ini sangat mudah diimplementasikan.

Anda bisa mengerjakan berbagai tugas seperti reset password, Bcrypt hashing, mengecek pengguna yang aktif, enkripsi, dan lainnya. Selain itu, Laravel framework juga menyediakan modul-modul yang mengadopsi prinsip-prinsip PHP kekinian. Alhasil, Anda bisa menciptakan website yang responsif, elegan, dan available di semua perangkat.

  • Migration

Laravel juga mendukung terciptanya kolaborasi antar programmer lewat fitur bernama Migration. Lewat fitur ini, beberapa programmer bisa bekerjasama dalam mengerjakan beberapa task berbeda. Selain itu, fitur ini juga memungkinkan untuk peluasan struktur database website.

Alhasil, Anda tak perlu lagi membuat atau menyalin template yang sudah jadi. Jadi kemungkinan hilangnya data sangatlah kecil.

  • Unit-Testing

Laravel framework juga menyediakan unit testing. Anda bisa menjalankan berbagai tes untuk meyakinkan bahwa tidak ada error yang terjadi.

 

Kesimpulan

Nah itulah ulasan Laravel framework, semoga Anda semakin mengenal framework satu ini ya. Nah banyak situs yang memproklamirkan Laravel sebagai framework PHP terbaik di dunia hingga saat ini. Hal tersebut berkat banyaknya fitur canggih dan tool pengembangan yang disediakan oleh Laravel.

Selain itu Laravel juga dapat membantu programmer atau developer untuk menyederhanakan berbagai task yang kompleks. Alhasil, membuat website profesional jadi lebih mudah dan cepat.

 

 

 

 

Related Posts