7 Text Editor Terbaik untuk Pemrograman

7 Text Editor Terbaik untuk Pemrograman

Text editor adalah aplikasi yang digunakan oleh programmer dalam membuat, mengubah atau mengedit kode-kode bahasa pemrograman dalam membuat sebuah aplikasi baru atau yang biasa disebut dengan coding yang merupakan bagian yang tidak pernah lepas dari pekerjaan seorang programmer. Pembuatan sebuah aplikasi akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat dengan bantuan dari berbagai macam fitur dan tools yang sudah disediakan.

Terdapat beberapa pilihan, baik itu yang sederhana sampai dengan text editor dengan fitur lengkap dan kompleks.

Di dalam sebuah text editor biasanya terdapat beberapa fitur umum seperti syntax highlightingsearch atau pencarian dan replace sintaks, memberikan komentar pada sebuah blok kode program, code foldingline numberline markingsnippet, dan yang lainnya. Namun, untuk menentukan pilihan tergantung kenyamanan masing-masing pengguna.

Di bawah ini 7 text editor terbaik untuk pemrograman yang bisa Anda gunakan.

Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan salah satu text editor yang gratis dan populer. Visual Code mempunyai banyak fitur yang bisa membantu Anda coding secara otomatis. Selanjutnya ada cukup banyak fitur lainnya yang dapat membuat user terbiasa untuk menggunakan aplikasi ini.

Visual Studio Code ini bersifat open source sehingga kita dapat menggunakannya secara gratis baik itu Windows, MacOS, ataupun Linux. Bagi sebagian orang berpendapat bahwa Visual Studio Code memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan yang lain.

Kemudian untuk pengguna yang baru belajar tentang penggunaan Visual Studio bisa belajar melalui situs resminya. Dokumentasi, informasi API, update, dan lainnya sudah disediakan oleh Visual Studio.

Sublime Text

Sublime Text merupakan salah satu dari sekian banyaknya teks editor dengan reputasi baik untuk programmer, apalagi dalam bidang Web Developer untuk coding, markup dan lain-lain. Sublime Text ini dapat dikatakan sebagai tools andalan kebanyakan web developer. Anda akann lebih mudah dalam menggunakan aplikasi ini dengan tampilan yang sederhana disertai dengan beragam fitur dan kinerja yang luar biasa.

Sublime Text bisa digunakan secara gratis dengan batasan waktu. Sublime Text juga menyediakan fitur premium yang bisa Anda gunakan jika melakukan pembayaran. Cek website resmi mereka untuk detail harganya.

Notepad ++

Notepad++  adalah pilihan selanjutnya dari kami untuk salah satu yang terbaik.  Aplikasi ini bisa kita gunakan secara gratis, namun hanya bisa berjalan di Microsoft Windows. Notepad++ adalah salah satu text editor yang menggunakan komputasi lebih sedikit dibandingkan aplikasi lainnya.

Penulisan kode dengan menggunakan Notepad++ lebih mudah karena adanya highlight syntax. Kemudian juga alat pencarian dan penggantian yang bagus. Tampilannya sangat sederhana sehingga sangat cocok digunakan untuk pemula.

Anda dapat menggunakan Notepad++ untuk membaca berbagai macam bahasa pemrograman. Tersedia juga menu plugin tambahan untuk menambah fitur.

Bagi Anda yang membutuhkan software yang ringan dengan kebutuhan yang terbatas, Notepad++ bisa jadi pilihan tepat untuk Anda. Notepad++ dapat Anda gunakan dengan gratis.

Komodo Edit

Selain 3 aplikasi yang sudah kami sebutkan diatas, Komodo Edit merupakan salah satu yang sederhana dan sangat bisa digunakan oleh pemula. Anda dapat menggunakan text editor ini secara gratis untuk sistem operasi Windows dan Mac.

Komodo Edit juga bersifat open source, memiliki fitur canggih dan mendukung hampir semua bahasa pemrograman dan framework untuk coding website. Selain gratis, text editor ini terbilang ringan dan sederhana.

Atom

Atom adalah text editor dengan lisensi open source yang tersedia untuk platform OS X, Linux, dan Windows. Atom juga dibuat oleh GitHub yang diklaim sebagai text editor yang bisa mengubah file konfigurasinya.

Banyak yang bilang bahwa Atom hampir mirip dengan Sublime Text, karena rekomendasinya langsung ke Sublime. Atom bersifat modular, artinya Anda bisa menginstal plugins tambahan.

Selain tampilannya menarik, Atom juga mendukung banyak bahasa. Jika menginginkan fitur tambahan, Anda dapat dengan mudah menambahkan plugin yang tersedia.

Bluefish

Bluefish merupakan salah satu text editor terbaik lainnya untuk Anda yang memiliki beberapa keunggulan, seperti fitur pencarian yang cukup canggih, fungsi undo/redo yang cukup membantu, dapat membuka banyak file sekaligus, dan masih banyak fitur lainnya.

Bluefish bisa jadi salah satu pilihan karena ditujukan untuk pemakai yang fokus dalam pemrograman web. Bluefish juga tersedia di Windows, Linux, dan Mac OS.

Brackets

Yang terakhir adalah Bracket yang merupakan text editor yang khusus dibuat untuk tujuan web design dan front-end development. Brackets besutan perusahaan Adobe yang menawarkan bisa digunakan secara open source dan dikembangkan oleh komunitas web developer.

Dengan text editor ini kita dapat mengambil potongan file mockup dari Photoshop dan mengubahnya menjadi kode sesuai yang kita butuhkan. Sangat memudahkan bukan? Silahkan dicoba ya!

Penutup

Itulah 7 text editor yang dapat Anda gunakan secara gratis dan masih ada beberapa lagi text editor lainnya yang bisa Anda pilih, tergantung kebutuhan dan kenyamanan Anda sebagai user. Text editor yang dapat mencukupi kebutuhan tentu sama bisa menghasilkan aplikasi secara efisien dan efektif. Anda mempunyai rekomendasi text editor lainnya? Tulis di kolom komentar ya!

Related Posts